IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KOTA SURABAYA UNTUK MENGATASI KETIMPANGAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DALAM MEWUJUDKAN STABILITAS KEAMANAN DAERAH (Studi pada Program Peningkatan Keberdayaan Masyarakat)

Edwin Aulia Rahman, Supandi Halim, Haetami Haetami

Abstract


Ketimpangan ekonomi menjadi permasalahan hampir di seluruh negara berkembang, tidak terkecuali Indonesia dan Surabaya pada Khususnya. Ketimpangan ekonomi menunjukkan sebaran kesejahteraan yang tidak merata sebagai hasil pembangunan yang dilakukan. Jika dibiarkan ketimpangan ekonomi dapat menyebabkan berbagai permasalahan seperti terganggunya stabilitas keamanan. Pemerintah melalui kebijakan-kebijakannya mempunyai peran penting dalam mewujudkan pemerataan kesejahteraan. Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya dengan program Peningkatan Keberdayaan Masyarakat. Program ini bertujuan memfasilitasi penduduk miskin untuk mendapatkan kesejahteraan ekonomi melalui pengembangan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program Peningkatan Keberdayaan Masyarakat dan dampaknya terhadap stabilitas keamanan daerah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.  Data yang digunakan berupa data primer dari para informan yang dipilih dan data sekunder dari instansi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Peningkatan Keberdayaan Masyarakat belum dilakukan dengan baik berdasarkan empat kriteria yang dikemukakan oleh Edward III. Pelaksanaannya program ini tidak didukung dengan data yang memadai dan kurang mendapatkan apresiasi dan kerja sama yang baik dari kelompok sasaran. Program ini tidak mempunyai dampak kepada stabilitas keamanan daerah.

Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Ketimpangan Sosial Ekonomi, Keamanan Daerah.


Full Text:

PDF

References


Buku

Agustino, Leo. 2014. Dasar - Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta

Anggara, Sahya. 2014. Kebijakan Publik. Bandung: Pustaka Setia.

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. 2015. Buku Putih Pertahanan Indonesia. Jakarta.

Pemerintah Kota Surabaya. 2017. Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Akhir Tahun Anggaran 2016. Surabaya.

Pemerintah Kota Surabaya. 2018. Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Akhir Tahun Anggaran 2017. Surabaya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Supriatna, Agus. 2017. Pertahanan Nasional dalam Perspektif Ekonomi. Bandung: Unpad Press.

Winarno, Budi. 2014. Kebijakan Publik: Teori, Proses dan Studi Kasus. Yogyakarta: PT Buku Seru.

Jurnal

Al A’raf, 2015. “Dinamika Keamanan Nasional”, Jurnal Keamanan Nasional. Volume I, Nomor 1.

Budi, Dimas Alif, Saleh Soeaidy, dan Minto Hadi. 2013. “Implementasi Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Keterampilan Dasar yang dilakukan di Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya”, Jurnal Administrasi Publik (JAP), Volume 1, Nomor 5.

Dona, Fitri Maria dan Setiawan. 2015. “Permodelan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kriminalitas di Jawa Timur dengan Analisis Regresi Spasial”. Jurnal Sains dan Seni ITS. Volume 4, Nomor 1.

Putra, Harvyan Bintang dan Nugroho Hari Purnomo. 2017. “Persepsi Penduduk Terhadap Potensi Kriminal di Permukiman Baru MERR (Middle East Ring Road) Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya”, Swara Bhumi, Volume 5, Nomor 1.

Rohmatin, Siti Alvi. 2016. “Studi Eksploratif Tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Program Pemberdayaan Ekonomi Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di Kelurahan Sidotopo Kecamatan Semampir Kota Surabaya”, Kebijakan dan Manajemen Publik. Volume 4, Nomor 3.

Undang-Undang

Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945.

Undang-Undang RI Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 10 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Surabaya Tahun 2016 – 2021

Sumber Internet

Gini Rasio Jawa Timur 2008 – 2017 tersedia di Sumber: https://jatim.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/10# diakses pada 1 Oktober 2018.

Ketimpangan Ekonomi Indonesia Peringkat 4 tersedia di https://katadata.co.id/infografik/2017/01/15/ketimpangan-ekonomi-indonesia-peringkat-4 diakses pada 25 Maret 2018.

TNP2K. “Sebaran”. dalam http://bdt.tnp2k.go.id/sebaran/ diakses pada 23 Oktober 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My StatCounter