ANALISIS STUDI KOMPARATIF BANK UMUM KONVENSIONAL DAN BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2009 – 2017

Dian Tanziyl Fathilma, Yudi Sutrasna, Zainal Abidin Sehabudin

Abstract


Krisis keuangan dan krisis ekonomi skala nasional ataupun global merupakan merupakan ancaman nirmiliter bagi kedaulatan sebuah negara, seperti Indonesia yang terkena dampak dari krisis 2008. Indonesia merupakan negara yang menganut dual banking system bernama bank Umum Syariah dan Bank Umum Konvensional .Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan kinerja keuangan antara bank umum syariah dengan bank umum konvensional periode 2009 - 2017. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Likuiditas, Profitabilitas, dan Solvabilitas. Alat uji dalam penelitian ini adalah analisa 2 variabel independen Mann Whitneyy test menggunakan program analisis SPSS versi 23.0. Data berjumlah 90 laporan tahunan dengan sampel dari 10 perusahaan jasa keuangan sektor bank yang terdiri dari 5 bank umum konvensional (BUK), dan 5 bank umum syariah (BUS) periode 2009 – 2017, yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Syariah lebih likuid, Bank Konvensional dapat mengahasilkan laba lebih baik dari pengelolaan asset dan ekuitas, Bank Syariah lebih tinggi peroleh laba bersih manajemen dari hasil operasi, Bank Konvensional memiliki resiko gagal bayar yang tinggi, sedangkan BUS lebih mampu dalam kelola modal yang dimiliki untuk peroleh aktiva.

Kata Kunci: dual banking system, likuiditas, profitabilitas, solvabilitas, bank umum   konvensional, bank umum syariah 


Full Text:

PDF

References


Cresswell, John.W. 2016. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan campuran. 4thEdition. Jakarta : Pustaka Pelajar.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21,7th Edition, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasmir.2014. Manajemen Perbankan, Edisi Revisi, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta:BPFE.

Sutojo, Siswato. 1997. Manajemen Terapan Bank Seri Manajemen Bank No. 3. Jakarta : Pustaka Binaman Pressido.

Azzahroh,Mujahidah, Raden Rustam Hidayat & Sri Sulasmiyati. 2016. “Analisis Komparatif Kinerja Keuangan Bank Umum Di Indonesia dan Malaysia”.Jurnal Administrasi Bisnis.Vol. 35(2).

Youseff Latif, et al. 2016. “Study Of Performance Comparison Between Islamic And Conventional Banking In Pakistan”, European Journal of Educational and Development Psychology Vol.4.

Simorangkir,Iskandar.2018.”https://www.liputan6.com/bisnis/read/3581067/umkm-sumbang-60-persen-ke-pertumbuhan-ekonomi-nasional diakses pada 9 Februari 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My StatCounter