RELASI INDONESIA-PALESTINA PADA MASA PEMERINTAHAN SUSILO BAMBANG YUDHOYONO

Authors

  • anek anriani UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA

DOI:

https://doi.org/10.33172/jdp.v9i2.10825

Abstract

Presiden Susilo Bambang Yudhoyon merupakan tokoh yang sangat penting dalam meningkatkan hubungan dipolmatik atara Indonesia dan Palestina. Di era presiden Susilo Bambang Yudhoyon hubungan Indonesi dan Palestina semakin harmonis dikarenkan menunjukkan bahwa Indonesia memainkan peran penting dalam mendukung Palestina mendapatkan pengakuan internasional untuk kemerdekaannya dan juga masyarakat Indonesia telah melakukan berbagai macam bantuan untuk Palestina. Penelitian ini menggunakan teori diplomasi yang berpusat pada Timur Tengah. Menurut Sumaryo Suryokusumo kegunan Teori  diplomasi  untuk memaparkan bagaimana keunggulan diplomasi Indonesia dalam meningkat hubungan dengan negara lain yang bertimbal balik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan Politik Luar Negeri Indonesia- Palestina pada era reformasi di bawah pemerintahan Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) 2004-2014. Penelitian kemudian menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif biasanya digunakan dalam penelitian literatur dengan mengumpulkan berbagai sumber ilmiah antara lain buku, jurnal, artikel, disertasi, tesis dan data dari Google Chrome, Google Scholar, Library Genesis (Libgin), e-book  dan data lainnya yang dianggap relevan dan di pertanggung jawabkan

References

Abidin, Yumetri. Pengantar Politik Luar Negeri Indonesia, Zikri Neni Iska (ed.). Jakarta: Unas Press, 2019.

Basuki, Ahmad Yani. Jalan Harus Terang: Sisi Religius SBY Dalam Gaduhnya Politik, Sahrudi (ed.). Jakarta: Gramedia, 2015.

Daman, Rozikin. Pancasila Dasar Falsafah Negara. Jakarta: Raja Grafindo, 1995.

Dipoyudo, Kirdi. Timur Tengah Dalam Pergolakan. Jakarta: CSIS, 1982.

Hasan, M. Zein. Diplomasi Revolusi Indonesia di Luar Negeri. Jakarta: Bulan Bintang, 1980.

Ismawati. Sejarah Timur Tengah Sejarah Asia Barat Dari revolusi

Libya Sampai Revolusi Melati. Yogyakarta: Ombak (Anggota IKAPI), 2018.

Sihbudi, Riza. Indoensia-Tiimur Tengah, Masalah Dan Prospek. Jakarta: Gema Insani, 1999.

Suryokusumo, Sumaryo. Praktik Diplomasi. Jakarta: Bp Iblam, 2004.

Aslamiah, Saibatul. ”Diplomasi Indonesia Dalam Mendukung Palestina Menjadi Negara Peninjau Di PBB Tahun 2012”. Jurnal Jom Fisip. Vol. 2, No. 2. (Oktober, 2015).

Committee, Medical Emergrncy Rescue. “MINA dan MER-C Hadirkan Relawan RS Indonesia Di Gaza Palestina Sampaikan Situasi Terkini”. Dalam https://mer-c.org/berita-media/mina-dan-mer-c-hadirkan-relawan-rs-indonesia-di-gaza-palestina-sampaikan-situasi-terkini. Diakses 19 Desember 2022.

_______ “MER-C, Wujudkan Peranan Masyarakat Indonesia Peduli Palestina”. Dalam https://mer-c.org/berita-media/mer-c-wujud-nyata-peranan-masyarakat-indonesia-peduli-palestina. Diakses 19 Desember 2022.

Connelly, Aaron L.“Indonesian Foreign Policy Under President Jokowi”, Lowy Institute for International Policy, (2014), Stable URL: http://www.jstor.com/stable/resrep10156.

Jeddah, KJRI. “Indonesia Galang Dukungan untuk Palestina Melalui Pertemuan Laur Biasa OKI”. Pemerintahan Luar Negeri Republik Indonesia. Dalam https://kemlu.go.id/portal/id/read/3556/berita/indonesia-galang-dukungan-untuk-palestina-melalui-pertemuan-luar-biasa-oki. Diakses 19 desember 2022.

Marpaung, Muhammad Akhyar Christine Sri Manarni, Mhd Halkis,2020, Indonesia's Defense Diplomacy through the United States: Case Study of Cooperation a Float Readiness and Training (CARAT) 2019 Joint Exercise, The International Journal of Humanities & Social Studies

Masyarofah. “Kebijakan Politik Luar Negeri Indonesia (Studi Dipolimasi Pemerintah Era Reformasi 1998-2018 Dalam Uapaya Penyelesaian Konflk Israel-Palestina)”. Disetasi Konsentrasi Politik Isalam Doktor Penkajian Islam Pascasarjana Uin Syarif Hidayatullah. Jakarta, 2019.

Noviar, Muhammad Imam. “Kebijakan Luar Negeri Terhadap Konflik Palestina Pasca Agresi Israel Di Jalur Gaza (2018)”. Skripsi Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta, 2015.

Ramadhan, Fardhal Virgiawan. “Kebijakan Politik Luar Negeri Pada Masa Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono Dalam Pertahanan Negara”. Dalam https://www.academia.edu/39539990/KEBIJAKAN_POLITIK_LUAR_NEGERI_PADA_MASA_PEMERINTAHAN_SUSILO_BAMBANG_YUDHOYONO_DALAM_PERTAHANAN_NEGARA. Diakses 19 Desember 2022.

Satris, Rezki Satris. “Perana Politk Luar Negeri Indonesia terhadpa Palestn Pasca Pengakuan Jerusalem Sebagai Ibu Kota Israel”. Jurnal Pemikiran Politik Isalam. Vol. 2, No. 2, (2019).

Downloads

Published

2023-06-28

Issue

Section

Jurnal Diplomasi Pertahanan