INTEGRATED AIR DEFENSE SYSTEM (IADS) PENGAMANAN WILAYAH UDARA IBUKOTA NUSANTARA

Authors

  • Karli Wiyono Republik Indonesia Differens University
  • Mhd Halkis Republik Indonesia Differens University
  • Andi Arman Republik Indonesia Differens University

DOI:

https://doi.org/10.33172/jdp.v10i1.14796

Keywords:

Sistem Pertahanan Udara Terpadu, Hanud Titik, keamanan wilayah udara, ibu kota nusantara

Abstract

Artikel ini mengupas strategi pertahanan udara Denhanud 472 sebagai bagian dari Integrated Air Defense System (IADS) untuk mengamankan wilayah udara Ibu Kota Nusantara. Latar belakang penelitian ini adalah kompleksitas ancaman udara modern yang memerlukan pendekatan terpadu untuk mengatasi tantangan keamanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Denhanud 472 dalam konteks IADS khususnya dalam melindungi wilayah udara ibu kota Indonesia. Metode penelitiannya meliputi pengumpulan data melalui studi literatur, analisis kebijakan, dan wawancara dengan pakar pertahanan udara. Teori yang digunakan meliputi pertahanan udara terpadu, strategi pertahanan negara, dan peran Denhanud 472 dalam IADS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Denhanud 472 pada IADS dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap efektivitas pertahanan udara wilayah udara ibu kota Indonesia. Melalui koordinasi yang erat dengan elemen IADS lainnya, Denhanud 472 dapat merespons berbagai ancaman udara dengan cepat dan efisien. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Denhanud 472 mempunyai peran krusial dalam IADS, memperkuat pertahanan udara wilayah udara ibu kota Indonesia. Implikasi dari temuan ini menyoroti perlunya pengembangan berkelanjutan kemampuan Denhanud 472, mengoptimalkan koordinasi dengan elemen IADS lainnya, dan berinvestasi pada teknologi pertahanan udara terkini. Selain itu, artikel ini memberikan implikasi terhadap kebijakan pertahanan negara dengan menekankan pentingnya mengintegrasikan strategi Denhanud 472 ke dalam rencana pertahanan negara yang lebih luas. Dengan demikian, pasal ini dapat menjadi landasan pengambilan keputusan kebijakan untuk memperkuat pertahanan udara Indonesia, khususnya dalam melindungi wilayah udara ibu kota Indonesia.

References

Alwi. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Abidin, Yunus. (2018). Pembelajaran Literas: Strategi Meningkatkan Kemampuan iterasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Cooper Tom, et al.. (2023). War in Ukraine. Volume 2: Russian Invasion, February 2022. Helion and Company.

Creswell, J. W. (2010). Reseach design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed (3rd Ed) (Tranlated). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Helaluddin. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik. Jakarta.

Salim, Yeni. (1991) Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta.

Sangaji, Etta Mamamng. (2021). Manajemen Stategis. Yogyakarta: Andi Offset.

Wresniwiro. (2003) Kohanudnas Siaga Senantiasa. Yogyakarta: AK Group.

Undang-Undang/Peraturan :

Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.

Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Keputusan Pangkohanudnas Nomor Kep/79/XII/2017 Tanggal 14 Desember 2017 Prosedur Tetap Operasi Pertahanan Udara.

Journal :

Joint Chiefs Of Staff. (2016). Guidance for Developing and Implementating Joint Concepts. Journal Chairman of The Joint Chiefs of Staff Instruction. Volume J-7 pp. A3-A4.

Ruwiyanto, Wahyunii et al. (2021). Penerapan Metode Center of Gravity Dalam Penentuan Pusat Distribusi Alternatif di Pulau Jawa. Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri. Volume 1 pp. 54-55.

Wahyono. (2016). Membangun Kekuatan Pertahanan . Jurnal Ketahanan Nasional. Volume 13 No.2 pp. 19-23.

Widodo, Sri. (2019). Implementasi Kebijakan Pembangunan Kekuatan Pertahanan Udara. Jurnal Ilmiah M-Progress . Volume 9 No.2 pp. 165-166.

Zalia, Hadaina et al. (2018). Air Defence Operation Defence in Depth Strategy to Protect The Aerospace Sovereignity Of Crossright Violations By Foreign Military Aircraft in 2012-2017. Jurnal Online Mahasiswa Fakutas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik . Volume 5 pp. 3-4.

Internet/Website :

U.S. Army Site. (2023). “The US Army Combined Arms Center develops full Doctrine, Organizations, Training, Materiel, Leader Development and Education, Personnel, Facilities, and Policy (DOTMLPF-P).” Retrieved from https://usacac.army.mil/node/1328

Downloads

Published

2024-02-29