SEMANGAT BELA NEGARA DALAM MEWUJUDKAN PRESTASI SEPAKBOLA INDONESIA UNTUK MENGHARUMKAN NAMA BANGSA DI KANCAH INTERNASIONAL

Authors

  • I Gede Learstone Wartamana Universitas Pertahanan RI
  • Siswo Hadi Sumantri Universitas Pertahanan RI
  • Puguh Santoso Universitas Pertahanan RI

Abstract

Bela Negara adalah sikap dan perilaku yang mengedepankan aspek kebangsaan dibandingkan dengan kepentingan pribadi ataupun golongan. Salah satu aspek yang dapat menjadi tumpuan dalam mewujudkan prestasi olah raga sepakbola Indonesia di mata dunia. Meskipun demikian, adanya berbagai skandal dan permasalahan pada dekade terakhir dalam persepakbolaan Indonesia telah mengakibatkan prestasi sepak bola Indonesia menjadi sulit berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek Bela Negara dalam konteks persepakbolaan Indonesia di ranah International. Sepak bola merupakan olahraga yang paling digemari di Indonesia, namun kewibawaan Indonesia seringkali tercoreng dengan begitu buruknya prestasi sepak bola nasional. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Data dikumpulkan dengan wawancara dan studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian terhadap subyek dan obyek penelitian dari kalangan pengurus PSSI, para atlit, pelatih, serta beberapa pengamat persepakbolaan di tanah air, ditemukan bahwa semangat Bela Negara belum menjadi prioritas dalam pelaksanaan pembinaan atlit dan pelatihan sepak bola Indonesia. Hasil analisis menunjukkan bahwa semangat bela negara dalam mewujudkan prestasi sepakbola untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional pada saat ini terkendala dengan adanya permasalahan mengenai kesejahteraan para atlet. Kesejahteraan atlit ini memunculkan permasalahan mengenai rasa nasionalisme para atlet.

References

Aji, B. (2013). Nasionalisme dalam Sepak Bola Indonesia Tahun 1950-1965, Lembaran Sejarah. Lembaran Sejarah, 10(2).

Cresswell, J. W. (2016). Research Design. Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Edisi keempat (4th ed.). Pustaka Pelajar.

Freek, C. (2015). . Kota Lama Kota Baru : Sejarah Kota - Kota di Indonesia. Ombak.

Gunarsa, S. (1989). Psikologi Olah Raga. BPK Gunung Mulia.

Jazuli, A. (2016). Pembangunan Pertahanan Dan Keamanan Demi Penegakan Hukum Di Indonesia: Kewibawaan Suatu Negara . Jurnal Peneltiian Hukum De Jure.

Mulyana, D. (2008). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wira. (2016). Bela Negara Dalam Membentuk Identitas Bangsa. Media Informasi Kementerian Pertahanan, 60(44).

Yusgiantoro, P. (2010). Pencapaian Pembangunan Pertahanan Keamanan Setelah 65 Tahun Indonesia Merdeka. Jurnal Sekretariat Negara RI Negarawan , 28–53.

Downloads

Published

2021-12-30