Scenario Planning Integrasi Koridor Ekonomi Nasional dalam Mencapai Pertumbuhan dan Ketahanan Ekonomi

Authors

  • prayogi aprilianto Universitas Pertahanan
  • Lukman Yudho Prakoso Universitas Pertahanan
  • Haetami Haetami Universitas Pertahanan

Abstract

Pembangunan adalah serangkaian usaha untuk mencapai tingkat pertumbuhan pendapatan perkapita (income per capita) yang berkelanjutan. Pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 48 Tahun 2014 tentang Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025 menetapkan arah pembangunan nasional dengan menekankan pada 6 koridor ekonomi yang menjadi poros-poros ekonomi. Dengan adanya MP3EI diharapkan mampu mengurangi kesenjangan pendapatan dan membawa pertumbuhan ekonomi. Perencanaan memiliki peranan sangat vital dalam merealisasikan agenda besar pemerintahan. Perencanaan diharuskan dapat meneropong jauh kedepanbisa di jadikan acuan dalam menentukan kemungkinan-kemungkinan. Scenario planning dapat menjadi solusi untuk dapat melihat dan mengukur kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi dalam masa yang akan datang. Scenario planning mencoba memberi gambaran secara rasional yang berasal dari kekuatan pendorong yang akan mempengarui perkembangan dan gejolak di masa depan. Penggambaran tersebut dapat memproyeksikan kekuatan tak terduga dan dapat mengeplorasi peluang yang bisa di optimalkan oleh Pemerintah sebagai policy maker. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian model deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode literatur study sebagai sumber data utama adaah data sekunder yang diperoleh dari literatur Pustaka. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Terdapat empat jenis skenario yang dapat dibentuk untuk mencapai optimalisasi jaringan transportasi nasional yaitu Bright Future Scenario, Wave of Hope Scenario, Illusion Scenario, dan Thorn Road Scenario. Berdasarkan keempat skenario yang dipaparkan kecenderungan situasi sosial politik dan ekonomi yang dialami Negara Indonesia adalah illusion scenario. Skenario ini mengambarkan bahwa driving force yang akan terjadi adalah swasembada kedelai pada tahun mendatang, indikator pebentuk driving force sosial dan politik memiliki kecenderungan yang pesimis, namun driving force dari sudut pandang ekonomi menunjukkan kecenderungan yang optimis. Sehingga dalam hal ini penulis memberikan solusi terkait skenario kebijakan yang dibuat, yaitu perbaikan kerjasama dengan Badan Usaha, meningkatkan integrasi kelembagaan, transportasi, dan pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) serta penguatan potensi ekonomi berbasis local wisdom.

References

Badan Pusat Statistik [BPS]. 2021. Jumlah Pulau Menurut Provinsi Tahun 202 : Badan Pusat Statistik Indonesia.

Badan Pusat Statistik [BPS]. 2022.Gini Ratio per September 2021: Badan Pusat Statistik Indonesia.

Indonesia. 2014. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2014 Tentang Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 48. Jakarta.

Indonesia. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Negara (RPJPN) Indonesia. Lembaran Negara RI Tahun 2007 Nomor 17, Tambahan Lembaran RI. Sekretariat Negara. Jakarta.

Rahayu, I. T., & Pasaribu, E. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempegaruhi Foerign Direct Investment (FDI) di Enam Koridor Ekonomi Indonesia: Market Seking Atau Resource Seeking. Jurnal of Statistical Application and Computational Statistics, 9(1).

Biro Analisa Anggran dan Pelaksanaan APBN-SETJEN DPR RI. 2014. Anggaran Pembangunan Kebutuhan Infrastruktur dan Tantangan Tahun 2015 [Online]. http://www.dpr.go.id/doksetjen/dokumen/apbn_Anggaran_Infrastruktur20150129103211.pdf diakses pada 5 Mei 2016.

Chermack, Thomas J. 2011. Scenario Planning in Organizations. San Fransisco: Berret-Koehler Publisher.

Churchill, S. A., & Smyth, R. 2017. Ethnic Diversity and Poverty. World Development, 95, 285-302.

Star, J., Rowland, E. L., Black, M. E., Enquist, C. A., Garfin, G., Hoffman, C. H., … Waple, A. M. (2016) Supporting adaptation decisions through scenario planning: Enabling the effective use of multiple methods. Clim Risk Manag 13: 88-94

Garfin G, Black M, Rowland R (2015) Advancing Scenario Planning for Climate Decision Making. EOS, October 27, 2015. At https://eos.org/meeting-reports/advancing-scenario-planning-for-climate-decisionmaking.

Silalahi, Ulber. 2006. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Unpar Press

Published

2022-12-31