PENGARUH KEDATANGAN WARGA NEGARA ASING KE INDONESIA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI PERTAHANAN

Authors

  • Tika Maidasari
  • Suwito Suwito
  • Sri Murtiana
  • Josua Hutagalung
  • Inez Koerniawati

Abstract

Indonesia merupakan negara yang sangat indah, strategis dan terbuka untuk kunjungan dari luar negeri. Saat ini melakukan perjalanan antar negara tidak sulit dilakukan karena akses yang begitu mudah serta teknologi yang begitu canggih. Kedatangan warga Negara Asing ke Indonesia tentu memiliki tujuan, baik untuk pendidikan maupun bekerja. Diharap dengan adanya kunjungan dari Warga Negara Asing dapat terjalinnya kerjasama diplomatik dengan negara lain yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak kedatangan warga negara asing ke Indonesia dalam perspektif ekonomi pertahanan baik dampak yang bersifat positif atau negatif.Artikel ini menggunakan Metode penelitian analisis deskriptif kualitatif yang didukung oleh beberapa teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak positif kedatangan WNA ke Indonesia adalah dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang menjadi salah satu aspek pertahanan negara. Dampak negatifnya adalah masuknya budaya luar dan berbagai ancaman yang ada nantinya disetiap tujuan kedatangan warga negara asing tersebut dan pemerintah harus mewaspadainya agar perekonomian Indonesia bisa tumbuh.

 

Kata Kunci:Ekonomi Pertahanan,  Warga Negara Asing,  Pendidikan, dan Bekerja 

References

Arifin, Ridwan dan Intan Nurkumalawati. (2019). The Theoretical Perspectives Of Immigration Controls : Immigration Clearance Process, Selective Policy And Security Approach At Airports In Indonesia. Asia Pasific Institute Of Advance Research. ISBN : 978-0-6482404-5-7.

Bachtiar, N., & Fahmi, R. (2011). Pengaruh Tenaga Kerja Asing Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kesempatan Kerja: Suatu Tinjauan Literatur. Jurnal Kependudukan Indonesia.

Bawulang, Metnico V. (2018). Perlindungan Hukum Bagi Warga Negara Asing Yang Tidak Memiliki Status Kewarganegaraan Di Indonesia. Lex Et Societatis Vol. VI/No. 2/April/2018.

BPS. (2021). Jumlah Kunjungan Wisman Ke Indonesia Agustus 2021 Mencapai 1,5 Juta Kunjungan.

Budiman, Diky dan Septa Diana Nabella. (2020). Masuknya Warga Negara Asing Dalam Perspektif Ekonomi Pertahanan. Jurnal Bening Prodi Manajemen Universitas Riau Kepulauan Batam. Volume 7 No. 1 Tahun 2020.

Detik Travel. (2020). Luas Wilayah Indonesia Lengkap Daratan dan Lautan. Retrieved from https://travel.detik.com/. Diakses pada 11 Oktober 2022, pukul 13.00 WIB.

Rajagukguk, Eko Yudis Parlin dan Suhaid. (2019). Peranan Petugas Imigrasi Terhadap Pengungsi Di Indonesia Terkait Dengan Berlakunya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011. Jurnal Ilmiah Magister Hukum, 1(1) 2019: 1-10.

Sudini, Luh Putu dan Desak Gde Dwi Arini. (2022). Visit Visa Abuse by Foreigners. Journal of Positive School Psychology 2022, Vol. 6, No. 10, Hal 583-59.

Supandi. (2019). Bahan Ajar Defense Economic. Jakarta : Pusat Studi Ekonomi Pertahanan FMP Unhan.

Supandi. (2020). Ilmu Ekonomi Pertahanan (Defense Economics Science Study) 13 Wawasan Strategis Memahami Bidang Studi Ekonomi Pertahanan. Jakarta : Pusat Studi Ekonomi Pertahanan FMP Unhan.

Suyitno, Imam. (2008). Aspek Budaya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia dalam konteks global.

Undang-Undang Ketenagakerjaan Pasal 1 Nomor 13.

Wahyuni, S. (2015). Qualitative Research Method: Theory and Practice 2nd Edition (2nd ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Published

2024-03-04