PERAN PT KIDECO JAYA AGUNG DALAM MENDUKUNG KESEJAHTERAAN MASYARAKAT LOKAL DI KECAMATAN BATU SOPANG KABUPATEN PASER PROPINSI KALIMANTAN TIMUR

Tatas Werdiningtyas, Bambang Wahyudi, Surryanto Surryanto

Abstract


Perusahaan Kideco yang termasuk dalam salah satu Objek Vital Nasional memiliki peranan penting dalam mendukung pertahanan negara dari sisi ekonomi. Sebagai penyumbang 90% PDRB sektor pertambangan di Kabupaten Paser tidak menjamin bahwa daerah tersebut telah dapat mencapai tingkat kesejahteraan masyarakat yang tinggi. Permasalahan penelitian yaitu sumber daya alam yang berfungsi untuk mensejahterakan masyarakat belum menjadikan masyarakat lokal sejahtera serta perusahaan berperan untuk menciptakan mata pencaharian namun minat masyarakat rendah dalam mengembangkan kapasitas diri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh dari para informan yang ditetapkan yang selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori peran, teori kesejahteraan, teori pemberdayaan, teori manajemen, teori masyarakat, dan konsep Ekonomi Pertahanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi kesejahteraan masyarakat sebelum dan setelah adanya PT Kideco Jaya Agung mengalami peningkatan, serta peran perusahaan sudah baik dalam mengelola kegiatan tanggungjawab sosial perusahaan namun diperlukan peran yang lebih optimal dari perusahaan untuk menciptakan peluang mata pencaharian baru melalui kegiatan tanggungjawab sosial perusahaan. Upaya-upaya yang dapat dilakukan adalah strategi komunikasi yang efektif dalam mempromosikan kegiatan tanggungjawab sosial perusahaan, pengembangan kapasitas masyarakat melalui pendekatan top-down dan bottom-up serta memberikan sosialisasi dan pelatihan secara berkala dan berkelanjutan. Kesimpulan bahwa PT Kideco Jaya Agung telah melaksanakan peranan melalui kegiatan tanggungjawab sosial perusahaan dalam mendukung kesejahteraan masyarakat lokal.

Kata kunci : peran perusahaan, tanggungjawab sosial perusahaan, kesejahteraan, pengembangan  kapasitas, mata pencaharian


Full Text:

PDF

References


Buku

Arikunto. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Badrudin, Rudy. 2017. Ekonomika Otonomi Daerah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Buku Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi Universitas Pertahanan. 2017. Bogor: Penerbit Universitas Pertahanan Press.

Creswell, John W. 2016. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Hendropriyono, A.M. 2013. Filsafat Intelijen Negara Republik Indonesia. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukarna. 2011. Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju.

Umar, Husein. 2005. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wrihatnolo, Randy R. dan Riant Nugroho Dwidjowijoto. 2007. Manajemen Pemberdayaan Sebuah Pengantar dan Panduan untuk Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: PT Gramedia.

Artikel

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. “Analisis Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Nasional”. Jakarta: BAPPENAS. 2007.

Badan Pusat Statistik. 2017. Kabupaten Paser dalam Angka Tahun 2017. Kabupaten Paser: BPS.

Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara. “Laporan Kinerja (LAKIN)”. Jakarta: KESDM. 2015.

Laporan Tahunan PPM Kideco Pengembangan Ekonomi dan Pendidikan Berkelanjutan. 2016.

Website

Kim Sung-kook, “Tentang Kideco: Sambutan dari CEO Kideco”, dalam http://www.kideco.com/id/about/kideco_2.asp, diakses 19 April 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ekonomi Pertahanan

Jurnal Ekonomi Pertahanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My StatCounter