PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN BUMN INDUSTRI STRATEGIS (BUMNIS) SEBELUM DAN SESUDAH SINERGI NATIONAL DEFENCE AND HIGHTECH INDUSTRIES (NDHI) (Studi pada PT INTI (Persero) Periode Tahun 2007-2018)

Authors

  • Ikhsan Yoga Utama Universitas Pertahanan

Abstract

PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau disebut PT INTI (Persero) bergerak di bidang industri telekomunikasi di Indonesia. Seiring dengan berkembangnya dunia usaha, PT INTI (Persero) melaksanakan kegiatan usaha di bidang pertahanan dan keamanan dengan membuat Strategi Bisnis Unit (SBU) Defense and Digital Service (DDS). Pertahanan dan kemanan merupakan bidang usaha yang diamanatkan kepada PT INTI (Persero) sebagai salah satu perusahaan BUMN Industri Strategis (BUMNIS) yang tergabung dalam sinergi NDHI (National Defence and Hightech Industries). Sepanjang 2017, SBU DDS menopang penjualan perusahaan dengan kontribusi pendapatan mencapai sekitar 35% dari target penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Perbedaan Kinerja Keuangan BUMNIS sebelum dan sesudah sinergi NDHI pada PT INTI (Persero). Laporan keuangan diperoleh secara langsung dari website PT INTI (Persero). Metode yang digunakan adalah kuantitatif komparatif. Pengujian hipotesis menggunakan One Sample Kolmogrov-Smirnov (KS) Test, Paired Sample T-Test dan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian tidak terdapat perbedaan signifikan Pertumbuhan Penjualan sebelum dan sesudah sinergi NDHI pada PT INTI (Persero). Terdapat perbedaan signifikan Net Profit Margin dan Return on Investment sebelum dan sesudah sinergi NDHI pada PT INTI (Persero). Hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan pedoman, baik oleh manajemen PT INTI (Persero), Kementerian BUMN maupun instansi pertahanan dalam menentukan strategi kebijakannya.

References

Buku

Fahmi, Irham. (2011). Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfa Beta.

Harahap, Sofyan Syafri. (2013). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hery. (2015). Analisis Kinerja Manajemen. Jakarta: PT Grasindo.

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. (2014). Buku Putih Pertahanan Indonesia. Jakarta: Kemhan RI.

Laporan Tahunan PT INTI. (2013). Strive For The Best. Bandung: PT INTI.

Laporan Tahunan PT INTI. (2016). Keberlanjutan Melalui Peningkatan Kinerja Usaha. Bandung: PT INTI.

Laporan Tahunan PT INTI. (2017). Strategi Titik Balik: Bertahan Melalui Produktivitas. Bandung: PT INTI.

Priyatno, Duwi. (2012). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset.

Sartono, Agus. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Silitonga, Tatar Bonar. (2018) Metode Pengujian Tugas Akhir Mahasiswa. Bogor: Unhan Press

Solihin, Ismail. (2012). Manajemen Strategik. Bandung: Erlangga.

Supandi. (2019). Ekonomi Pertahanan. Jakarta: Makmur Cahaya Ilmu.

Supriatna, Agus. (2017). Pertahanan Nasional dalam Perspektif Ekonomi. Bandung: Unpad Press.

Sutrisno. (2008). Manajemen Keuangan: Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Utari, Dewi. (2014). Manajemen Keuangan: Kajian Praktik dan Teori Dalam Mengelola Keuangan Organisasi Perusahaan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Yusgiantoro, Purnomo. (2014). Ekonomi Pertahanan, Teori dan Praktek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Jurnal

Cavorina, Sella. (2018). “Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva, Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Subsektor Farmasi di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang.

Dirwan, Achmad. (2011). “Pengembangan dan Pemanfaatan Industri Strategis untuk Pertahanan”. Laporan Akhir Tim Pengkajian Hukum Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkumham RI.

Erica, Denny. (2018). “Analisa Rasio Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Perusahaan PT Kino Indonesia Tbk”. Jurnal Ecodemica AMIK BSI Jakarta, Vol.2(1).

M.-Y. Chuang, C.-J. Chen and M.-J. J. Lin. (2016). “The impact of social capital on competitive advantage: The mediating effects of collective learning and absorptive capacity”. Management Decision, Vol. 54.

Rachman, Noerlia Agustina. (2016). Perbedaan Profitabilitas dan Pertumbuhan Penjualan Sebelum dan Sesudah Bersertifikasi ISO 9001:2008 Pada PT LEN Industri (Persero) Periode Tahun 2005-2014. Program Studi Ekonomi Pertahanan, Fakultas Manajemen Pertahanan, Universitas Pertahanan.

Internet/ Website

Admin NDHI. (2017). “Sejarah NDHI”, dalam https://www.ndhi-bumn.id/profile/history, diakses pada 29 September 2018.

Yuliawati, Endang. 2018. “Segmen Broadband dan Pertaanan dan Keamanan Digital andalan PT INTI”, dalam https://industri.kontan.co.id/news/segmen-andalan-pt-inti, diakses pada 26 Desember 2018.

Downloads

Published

2020-08-31