ANALSIS DAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA PELAKU USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA BOGOR

Authors

  • Aini Zahra Amini Universitas Pertahanan RI
  • Djoko Andreas Navalino Universitas Pertahanan RI

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menimbulkan dampak pada berbagai sektor di tiap negara. Sejak diumumkan kasus positif pertama, Indonesia terus mengalami peningkatan jumlah kasus positif Covid-19. Sejak awal kemunculan virus Covid-19 di Indonesia, pemerintah Indonesia menerapkan berbagai kebijakan seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini menimbulkan dampak terutama pada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan pedagang yang ada di pasar tradisional yang sudah terbiasa bertemu langsung dengan pembeli. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis dampak pandemi Covid-19 pada pelaku sektor UMKM di Kota Bogor; 2) Menganalisis implementasi kebijakan pemerintah pada pelaku UMKM Kota Bogor yang terdampak pandemi Covid-19; 3) Menganalisis strategi adaptasi yang dilakukan pelaku UMKM Kota Bogor pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif, menggunakan data primer dan data sekunder, yang dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen serta melaksanakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini: 1) Pelaku UMKM di Kota Bogor sangat terdampak dengan adanya pandemi Covid-19, terlebih pelaku usaha sektor kebutuhan sekunder yang mengalami penurunan omset, namun di sisi lain jumlah UMKM di Kota Bogor meningkat pada masa pandemi Covid-19; 2) Kebijakan pemerintah dalam penurunan angka penyebaran virus Covid-19 yaitu menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kemudian dilanjutkan setelah PSBB, Kota Bogor menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro dan Komunitas (PSBMK), selain itu Pemerintah pusat juga memberikan bantuan berupa Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) kepada pelaku usaha mikro; 3) Strategi adaptasi yang dilakukan pemerintah bagi pelaku UMKM dengan memberikan sosialisasi cara-cara dalam peningkatan omset pelaku usaha.

References

Alifa, Syadza. (2020). Menganalisa Masalah Sosial Ekonomi Masyarakat Terdampak Covid-19. Retrieved from https://puspensos.kemsos.go.id/menganalisa-masalah-sosial-ekonomi-masyarakat-terdampak-covid-19

Amri, Andi. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand. Vol.2(1), pp. 123-130.

Badan Pusat Statistik. (2020). Berita Resmi Statistik. Jakarta: Badan Pusat Statistik Indonesia.

Sugiri, Dani. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi. Vol.19(1), pp. 76-86.

Supandi. (2018). Text Book Ekonomi Pertahanan (Defense Economics) 13 Wawasan Studi Ilmu Ekonomi Pertahanan. Jakarta: CV. Makmur Cahaya Ilmu.

Supriatna, Encup. (2020). Socio-Economic Impacts of The Covid-19 Pandemic: The Case of Bandung City. Journal of Governance. Vol.5(1), pp.61-70.

Yusgiantoro, Purnomo. (2014). Ekonomi Pertahanan Teori & Praktik. Jakarta: PT Gramedia.

Downloads

Published

2021-08-28