ANALISIS STRATEGI PEMINDAHAN IBU KOTA NEGARA INDONESIA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI PERTAHANAN (STUDI KASUS UPAYA PEMINDAHAN IBU KOTA NEGARA DARI DKI JAKARTA KE KUTAI KARTANEGARA DAN PENAJAM PASER UTARA)

Surya Dwi Saputra, Thomas Gabriel J, Mhd Halkis

Abstract


Upaya Pemindahan ibu kota negara (IKN) merupakan major project dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 yang telah diwacanakan pemerintah sejak lama melalui Kementerian PPN/Bappenas selaku leading sector. Maka dari itu diperlukan studi mengenai transisi pemindahan IKN terutama dari sisi ekonomi dan pertahanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi ends (tujuan), means (sarana) dan ways (cara/langkah) dalam upaya pemindahan IKN dari DKI Jakarta ke Kutai Kartenegara dan PPU dari perspektif ekonomi pertahanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus melalui proses reduksi data dan kodifikasi perangkat lunak Nvivo 12. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, FGD dan library researh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlu dipertimbangkan kembali urgensi pemindahan IKN terutama dari analisis strategi bahwa (1) Tujuan dasar pemindahan IKN adalah pengembangan ekonomi, pemerataan pembangunan dan peningkatan pertahanan negara, (2) Sarana yang dimiliki dalam upaya pemindahan IKN, selain didukung dengan SDM dan instansi terkait, juga dengan potensi unggulan yang dimiliki Kalimantan Timur. Dukungan kebijakan serta alternatif skema pembiayaan juga diperlukan untuk mendukung tercapainya pemindahan IKN, (3) Cara/langkah yang diterapkan oleh kementerian atau lembaga terkait, yakni membuat kerangka kerja khusus dan paket strategi, mengoptimalkan peluang dan kekuatan serta antisipasi terhadap hambatan dan ancaman. Kesimpulannya bahwa strategi yang diterapkan dalam upaya pemindahan IKN diharapkan dapat mendukung perwujudan ekonomi pertahanan dengan terbentuknya sistem IKN baru yang memiliki instrumen pertahanan nirmiliter (bargaining power) serta kontribusinya terhadap peningkatan kesejahteraan umum.


Keywords


Tujuan, Sarana, cara/langkah, Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), Ekonomi Pertahanan

Full Text:

PDF

References


Alika, rizky. Proyek Pemindahan Ibu Kota Negara Tetap Jalan di Tengah Pandemi Corona, dikutip dari https://katadata.co.id/yuliawati/berita/5f368ded45bfa/proyek-pemindahan-ibu-kota-negara-tetap-jalan-di-tengah-pandemi-corona, pada 19-11-2020.

Balitbang Pontianak. (2018). Pemindahan Ibu Kota Negara Dalam Perspektif Kajian Kebijakan Pemerintah Daerah dan Kajian Aspek Sosial Budaya (Wacana Palangka Raya Sebagai ibu kota Republik Indonesia).

Creswell, J. W. (2003). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mix Methods Approaches (2nd ed). California: Sage Publishing.

Creswell, John W. (2008). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Bandung; Edisi Ketiga Pustaka Pelajar

Hutasoit, W. L. (2018). Analisa Pemindahan ibu kota Negara. Dedikasi, 19(2), 108–128.

Kementerian Pertahanan Indonesia. (2016). Kebijakan Pertahanan Negara Tahun 2017. Jakarta: Kementerian Pertahanan Indonesia.

Hartley, keith & Sandler, Todd (1995). The Hand Book of Defense Economics. California: Elsevier Science.

Mintzberg, H., & Quinn, J. (1991). The Strategy Process: Concept, Context, and Cases. New Jersey: Englewood Cliffs.

Setiadji, A. (2020). Ekonomi Pertahanan Menghadapi Perang Keenam. Jakarta: Universitas Pertahanan Indonesia

Supandi. 2019. Text Book Ekonomi Pertahanan (Defense Economy) 13 Wawasan Studi Ilmu Ekonomi Pertahanan. Jakarta: CV. Makmur Cahaya Ilmu

Shalih, O., Toun, N. R., Kebencanaan, B. T., Aprinae, O., Ito, Y., Faculty, I. S., Komiya, K., Kotani, Y., Supriyatno, M., & Yahya, M. (2018). Jurnal Academia Praja Volume 1 Nomor 1 - Februari 2018. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 14(1), 21.

Supriyatno, M. (2018). Pertimbangan Pemindahan ibu kota Negara Ditinjau Dari Perspektif Geografi Pertahanan. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 3(1), 1–24. https://doi.org/10.33172/jpbh.v3i1.373

Taufik, M. (2017). Pemindahan Ibu Kota Dan Potensi Konektivitas Pemerataan Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional Pemindahan ibu kota Negara 2017, November, 99–115.

Thomas, Vincent Vabian. Untung Rugi Menunda Proyek Ibu Kota Baru di Tengah Pandemi COVID-19, dikutip dari https://tirto.id/f4gz, pada 19-11-2020.

Yusgiantoro, P. (2014). Ekonomi Pertahanan: Teori dan Praktik. Jakarta: Gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ekonomi Pertahanan

Jurnal Ekonomi Pertahanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My StatCounter