RISET DAN PENGEMBANGAN DAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM MEMBANGUN EKONOMI PERTAHANAN

Authors

  • Muhammad Hidayat Indonesia Defense University
  • Haetami Haetami Indonesia Defense University

Abstract

Ekonomi pertahanan sebagai sebuah ekonomi yang memiliki peran penting tentu dalam perjalanannya menghadapi tantangan terutama rendahnya anggaran Research and Development nasional <1 % dari GDP/Per Capita. Dirjen Riset dan Pengembangan (Litbang) Kemenristekdikti Muhammad Dimyati sebelumnya mengatakan pertumbuhan riset Indonesia dalam kurun waktu empat tahun terakhir berkembang pesat. Berdasarkan data Kemenristekdikti 2017, anggaran riset Indonesia baru 0,25 persen dari total PDB, jika dirupiahkan besarnya Rp 30,78 triliun. Tantangan kedua yaitu masuknya era digital yang harus direspon secara bijak dan diantisipasi sebagai revolusi industri 4.0 dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan lebih bagaimana riset & pengembangan dan revolusi industri 4.0 dalam membangun ekonomi pertahanan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis data dengan model strategi analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa hasil dana riset dan pengembangan digunakan untuk melakukan inovasi guna mendukung peningkatan produktivitas. Hasilnya, kinerja produksi di negara tersebut menjadi baik dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Revolusi Industri 4.0 mempermudah pekerjaan yang dilakukan oleh perseorangan atau perusahaan lebih efektif dan efisien. Dengan efisien dan efektifnya ini membuat ekonomi meningkat dan otomatis pertahanannya juga meningkat. Jadi riset & pengembangan dan revolusi industri 4.0 dalam praktiknya dapat membangun serta memperkuat ekonomi pertahanan yang ada di suatu negara.

References

Al-Fadhat, F., & Effendi, N. (2019). Kerjasama Pertahanan Indonesia-Korea Selatan: Kedaulatan Maritim dan Transfer Teknologi dalam Pengadaan Kapal Selam DSME 209/1400. Jurnal Ketahanan Nasional, 373-392.

Aryanto, R. (2020). Drone Pertanian Presisi LAPAN, Jawab Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. Buletin LAPAN, 4.

Bitzinger, R. (2009). The Modern Defense Industry: Political, Economic, and Technological issues. California: Praeger Security International.

Hamdan, H. (2018). Industri 4.0: Pengaruh revolusi industri pada kewirausahaan demi kemandirian ekonomi. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 1-8.

Haripin, M. (2011). Problematika Industri Pertahanan Indonesia. Retrieved from Website Pusat penelitian Politik LIPI: Retrieved from www.politik.lipi.go.id

Herman. (2015). Revolusi Industri 4.0 dan Pentingnya Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. Retrieved from Retrieved from https://www.kompasiana.com/revolusi-industri-4-0-danpentingnya-pengembangan-sumberdaya-manusia indonesia.

Huberman, M., & M. B., M. (2002). The qualitative researcher's companion. Sage.

Karim, S. (2014). Membangun Kemandirian Industri Pertahanan Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Merkel, A. (2014). Speech by Federal Chancellor Angela Markel to the OECD Conference. Retrieved from Retrieved from htpp://www.bundesreierung.de/Content/EN/Reden/2014-02-19-0ecd-merkel-paris-en. html.

Prasetyo, A. (2019). Kegiatan Riset Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi. Retrieved from Retrieved from https://mediaindonesia.com/ekonomi/250405/kegiatan-riset-pengaruhi-pertumbuhan-ekonomi

Purnomo, S., & Zulkieflimansyah. (2007). Manajemen Strategi. Jakarta: Lebaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Rikin, A. (2019). Dana Riset Masih Didominasi Pemerintah. Retrieved from https://www.beritasatu.com/nasional/538706/dana-riset-masih-didominasi-pemerintah

Rizal, A. (2021). Apa saja Manfaat dan Penggunaan Drone Populer pada Masa kini? Retrieved from Retrieved from https://infokomputer.grid.id/read/122770429/apa-saja-manfaat-dan-penggunaan-drone-populer-pada-masa-kini?page=all

Sarwono, J. (2006). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif.

Satya, V. (2018). Strategi Indonesia menghadapi industri 4.0. Info Singkat, 19-24.

Susdarwono, E. (2020). Kebijakan Sinergitas R & D Pemerintah, Komunitas Epistemik, dan Sektor Swasta dalam Percepatan Kemandirian Industri Pertahanan. Journal of Governance and Local Politics (JGLP), 106-130.

Tjandrawina, R. (2016). Industri 4.0: Revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan bioteknologi. Jurnal Medicinus, 1.

Widyastuti, A. (2019). Jokowi Ingatkan Revolusi Industri 4.0 pada Perwira Remaja. Retrieved from Retrieved from https://bisnis.tempo.co/read/1225086/jokowi-ingatkan-revolusi-industri-4-0-pada-perwira-remaja

Yusgiantoro, P. (2014). Ekonomi Pertahanan : Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2022-06-28