ANALISIS PEMANFAATAN SUMUR-SUMUR TUA SEBAGAI TEMPAT PENYIMPANAN CADANGAN PENYANGGA ENERGI DI INDONESIA

Authors

  • Kurnia Desita Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • Rudy Laksmono Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • Muhammad Sidik Boedoyo Universitas Pertahanan Republik Indonesia

Abstract

Indonesia merupakan Negara net importer, sehingga perlu adanya Cadangan Penyangga Energi (CPE) untuk mengantisipasi ketika terjadi gangguan pasokan minyak yang membuat Indonesia berada pada kondisi krisis energi. Namun, untuk menyediakan CPE tersebut Indonesia terkendala oleh tempat penyimpanan yang saat ini terbatas. Indonesia memiliki sumur-sumur tua yang keberadaannya tersebar di pulau-pulau Indonesia dan sebagian sudah tidak diproduksikan lagi. Sumur-sumur tua ini bisa menjadi salah satu alternatif tempat penyimpanan CPE. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif analisis, dimana peneliti melakukan wawancara bersama beberapa instansi dan studi literatur yang terkait penelitian. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah perlu studi lebih lanjut terkait teknologi, keekonomian, serta kemampuan sumur tua dalam menyimpan minyak mentah. Kemudian, untuk menjadikan sumur-sumur tua sebagai tempat penyimpanan harus memiliki data-data history terkait sumur tua, penyediaan sarana dan prasarana, kondisi sosial budaya sekitar sumur tua, dan struktur geologi dari sumur tua. Selain itu, sumur tua yang dapat dijadikan tempat penyimpanan harus memiliki karakteristik batuan reservoar yang berporositas dan permeabilitas besar, batuan pasir reservoar dangkal, batuan pada reservoar tidak memiliki sifat yang mengikat minyak, dan kapasitas batuan besar. Sebaiknya sumur tua yang akan dijadikan sebagai tempat penyimpanan berada dekat dengan kilang agar memudahkan pengelolaannya ketika dibutuhkan.

Kata Kunci: Cadangan Penyangga Energi (CPE), Minyak Mentah, Net Impor, Reservoar, Sumur Tua.

References

Lord, S. (2007). Geologic Technical Assessment of the Chacahoula Salt Dome, Louisiana, for Potential Expansion of the U.S. Strategic Petroleum Reserve. Sandia National Laboratories.

Antara. (2020). Kapasitas Tangki Minyak Indonesia Minim untuk Impor. https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/JKRGPl7N-kapasitas-tangki-minyak-indonesia-minim-untuk-impor#:~:text=Berdasarkan%20pemaparannya%20dalam%20diskusi%2C%20kapasitas,1%2C4%20juta%20tangki%20rusak. (Januari 2, 2020).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. (2008). 13 Ribu Sumur Minyak Bumi Tua Ditawarkan Kepada KUD dan BUMD. https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsip-berita/13-ribu-sumur-minyak-bumi-tua-ditawarkan-kepada-kud-dan-bumd (September 4, 2020)

Khofifatu R., & Fatiya R. (2018). Peran KUD dalam Pemberdayaan Ekonomi Penambang Minyak Tradisional di Desa. Jurnal Teori Praktis Pembelajaran IPS, 89.

Sovia H. (2017,). Kegiatan Usaha Minyak Bumi di Sumur Tua. https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt5860c0236d2cd/kegiatan-usaha-minyak-bumi-di-sumur-tua/#_ftn3 (September 4, 2020)

Hucka. V. (1984). Methane Gas From Underground Coal Mines: A Clean Source of Energy. Energy Development: New Forms, Renewables, Conservation, Pergamon, 31-37.

Downloads

Published

2021-06-16