PENGELOLAAN NIKEL INDONESIA TERHADAP PERTAHANAN NEGARA DAN KETAHANAN ENERGI

Authors

  • Nurbaiti Nurbaiti UNIVERSITAS PERTAHANAN RI
  • M. Sidik Boedoyo UNIVERSITAS PERTAHANAN RI
  • Purnomo Yusgiantoro UNIVERSITAS PERTAHANAN RI

Abstract

Nikel merupakan komponen penting dari material baterai untuk mendukung transisi penggunaan kendaraan Internal Combustion Engine ke kendaraan listrik. Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia khususnya di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan. Permasalahan penelitian yaitu pengelolaan sumber daya nikel belum maksimal dan belum dikuasai Indonesia serta mengkaji perannya terhadap pertahanan negara dan ketahanan energi. Terdapat tiga perusahaan pengelolaan nikel terbesar yang didominasi oleh Tiongkok yaitu PT. Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI), PT.Obsidian Stainless Steel (OSS) dan PT.Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP). Tujuan penelitian yaitu menganalisis pengelolaan nikel terhadap pertahanan negara, ancamannya dan peran nikel untuk memperkuat ketahanan energi dan pertahanan negara. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh dari para informan dianalisis dengan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan nikel belum dapat mencapai kepentingan nasional dan bertentangan dengan pasal 33 UUD 1945. Tiongkok melakukan monopsoni dan extended quasi territory terhadap pengelolaan nikel dengan sharp power serta pengelolaannya memberikan eksternalitas negatif terhadap lingkungan yang membahayakan rakyat sehingga dapat mengancam pertahanan negara. Ancamannya termasuk ancaman nasional berbentuk potensial berasal dari One Belt One Road (OBOR) dan state actor. Nikel dapat digunakan sebagai alutsista, baterai kendaraan listrik untuk operasi militer tertentu serta cat anti radar dan nikel dapat mendukung aspek availability dan acceptability untuk mendukung ketahanan energi Indonesia. Kesimpulan pengelolaan nikel diantaranya berkaitan dengan tindakan Tiongkok dalam menguasai nikel Indonesia yang berdampak kepada pertahanan negara dan ketahanan energi Indonesia.

References

Ahmad, Deddy. (2021). Nilai Ekonomi Nikel Indonesia Akibat Penerapan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009. El-Ildaarah, 1-12.

Arduino, A. (2018). China's Private Army. Singapore : Palgrave Pivot.

Azim, F. (2021). Upaya Peningkatan Nilai Kompetitif Produk Nikel Indonesia Melalui Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No.11 Tahun 2019 . Skripsi. Palembang, Indonesia: Universitas Sriwijaya.

DEN. (2019). Ketahanan Energi Indonesia. Jakarta: DEN.

DEN. (2019). Outlook Energy. Jakarta: Sekretaris Jenderal DEN.

ESDM. (2017). Rencana Umum Energi Nasional. Jakarta: ESDM.

Kementerian Pertahanan. (2015). Buku Putih. Jakarta: Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Ichsan. (2019). Analisis Indeks Pencemaran (IP) Sungai Konaweha Akibat Pengaruh Aktifitas Tambang Nikel di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM, (hh. 315-319).

Iksan, Rizky. (2021). Dampak Percepatan Larangan Ekspor Nikel Terhadap Penerimaan PNBP dan Perekonomian Nasional. Jurnal Anggaran dan Keuangan Negara Indonesia, 91-115.

Nickel Institute. (2010). A guide to understand battery specifications. Online : nickelinsociety@nickelinstitute.org.

Mangindaan, R. (2018). Kajian Strategis Konflik China – AS dan Dampaknya Terhadap Indonesia. PPAD.

Mekarisce. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, hh. 145-151.

Saimu. (2015). Kajian Pencemaran Lingkungan Perairan Pantai Akibat Penambangan Bijih Nikel, Kasus Kec.Bungku Pesisir, Kab.Morowali, Sulawesi Tengah. Yogyakarta, Indonesia: Universitas Gajah Mada.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tippe, S. (2015). Ilmu Pertahanan : Sejarah, Konsep, Teori dan Implementasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Ulfa, R. (2020). Analisa Daur Hidup Baterai Untuk Pengembangan Kendaraan Listrik di Indonesia Dalam Mendukung Ketahanan Energi . Bogor, Indonesia: Universitas Pertahanan Republik Indonesia.

Widjajanto, A. R. (2010). Reformasi Militer dan Transformasi Komponen Pertahanan Indonesia. Depok: Pacivis.

Wulan, H. (2021). Model Manajemen Pertahanan Negara Yang Mampu Menghadapi Ancaman dan Tantangan Abad 21 Dengan Keterpaduan Pertahanan Militer dan Nirmiliter. Jakarta: Unhan.

Yusgiantoro, P. (2014). Ekonomi Pertahanan : Teori dan Praktik. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2022-12-29