PERAN INSTANSI KEMARITIMAN DALAM PENCEGAHAN PENYELUNDUPAN NARKOBA DI ALKI II (STUDI KASUS DI SELAT MAKASAR PERIODE 2015-2019)

Authors

  • Supartono Supartono Universitas Pertahanan
  • Sigit Sugiharto Universitas Pertahanan

Abstract

Abstrak-Penggunaan narkoba dimasa sekarang telah mencapai pada titik yang mengkawatirkan dikarenakan pengguna narkoba telah menyasar pada usia remaja dan anak-anak. Tugas dan tanggung jawab untuk memerangi tidak saja berada dipundak aparat akan tetapi berada dipundak segenap masyarakat. Berbagai upaya telah di lakukan untuk meminimalisir penyelundupan narkoba akan tetapi hasil yang dicapai masih belum memenuhi harapan. Kerjasama menjadi kunci keberhasilan operasi akan tetapi intelijen sebagai pemegang data dan informasi yang menjadi kunci. Keberhasilan operasi sangat bergantung dengan keakuratan informasi. Di dalam penelitian ini , peneliti mencoba untuk menganalisa tentang pelaksanaan pola kerjasama yang didukung dengan kerjasama informasi intelijen antar instansi yang berada di perairan selat Makassar di dalam upayanya untuk mencegah penyelundupan narkoba. Peneliti ingin mengetahui dan membahas tentang penerapan kerjasama di antara instansi dihadapkan dengan regulasi yang ada pada masing-masing instansi dalam mencegah penyelundupan di selat Makassar. Dalam pembahasan peneliti mencoba menggunakan pendekatan dengan metode kualiatif explanatory dengan melaksanakan wawancara dan studi literatur guna mengambil suatu kesimpulan. Di dalam pembahasan peneliti mencoba dengan menggunakan teori-teori yang sesuai dengan judul tesis yakni teori tentang kerjasama, efektivitas, dan menggunakan matriks C. Buerger sebagai bahan kendali di dalam mencapai suatu kondisi kemaritiman yang ideal. Sasaran yang ingin dicapai peneliti adalah terwujudnya perairan selat Makassar yang terbebas dari penyelundupan narkoba dengan memajukan sistem kerjasama antar instansi yang didukung oleh informasi yang aktual sehingga tercapai keamanan maritim yang ideal di selat Makassar.

Kata Kunci: Informasi Intelijen, Kerjasama Instansi, Maritim, Penyelundupan Narkoba, Selat Makassar .

References

Buku

Bandur. (2016). Penelitian Kualitatif Metodologi, Desain, dan Teknik Analisis Data dengan Nvivo 11 Plus, (Jakarta: Mitra Wacana Media)

Creswell, John W. (2008). Educational Research, Planing, Conducting, and Evaluating, Qualitative and Quantittaive Approach”. Sage Publications. London.

Dunn, N. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik Edisi Kedua, (Yogyakarta: Gajah Mada University Press).

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik-Kulitatif. (Bandung, Tarsito).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods), (Bandung: Alfabeta).

Jurnal

Alam, A. Samsu. (2012). Analisis Kebijakan Publik Kebijakan Sosial di Perkotaan sebagai Sebuah Kajian Implementatif. Jurnal lmiah lmu Pemerintahan. Vol.i1, No. 3.

Hutagalung, S. M. (2017). Penetapan Alur Laut Kepulauan Indonesia (Alki): Manfaatnya Dan Ancaman Bagi Keamanan Pelayaran Di Wilayah Perairan Indonesia. Jurnal Asia Pacific Studies, 1(1).

Octavian. A, Marsetio, Yulianto, B.A., Rahman, R. (2018). Strategi Maritim Pencegahan Penyelundupan Narkoba Via Jalur Laut di Sulawesi Selatan. Laporan Hasil Penelitian LP2M Universitas Pertahanan.

Rahmadani, S. (2019). Strategi Cina Menghadapi" Malacca Dilemma" dalam Rangka Pengamanan Jalur Energi Cina di Selat Malaka. Jurnal WacanaiPolitik, Volume 1(2).

Web dan lain-lain

Kompas. (2019) Buwas: Pengguna Narkoba di Indonesia Meningkat hingga 5,9 Juta Orang dalam https://regional.kompas.com/read/2016/01/11/14313191/Buwas.Pengguna.Narkoba.di.Indonesia.Meningkat.hingga.5.9.Juta.Orang 11Januari 2016. diakses pada 30 Agustus 2019

Downloads

Published

2020-12-30