PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI DAN BUDAYA MASYARAKAT PESISIR LABUAN TERHADAP KEAMANAN MARITIM

Authors

  • Wiwin Djueriah Universitas Pertahanan RI

Abstract

Abstrak – Untuk menghadapi dan mengantisipasi situasi, diperlukan pengembangan teknologi informasi komunikasi guna menjaga keamanan maritim yang bebas dari segala ancaman, gangguan maupun hambatan. Penggunaan teknologi informasi komunikasi ini tak luput peranan dari masyarakat maupun aparat yang berperan aktif dalam menciptakan keamanan maritim guna menjaga kedaulatan NKRI. Wilayah Labuan merupakan wilayah yang sangat dekat dengan selat sunda dan merupakan wilayah yang sangat strategis karena merupakan jalur transportasi laut internasional. Sehingga wilayah ini rawan akan ancaman, gangguuan maupun hambatan yang datang dari dalam maupun luar negeri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Hasil kuisioner dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknologi informasi komunikasi dan budaya masyarakat Labuan terhadap keamanan maritim. Populasi penelitian ini adalah masyarakat di kecamatan Labuan yang terbagi di 3 desa yaitu desa Labuan, desa Caringin dan desa Teluk dengan jumlah sampel 120 orang. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh teknologi informasi komunikasi dan budaya keamanan maritim terhadap keamanan maritim. Dapat diketahui pada tabel nilai sig = 0.000 < 0.05, sehingga H0 ditolak, yang berarti variabel-variabel bebas X1 (Teknologi informasi komunikasi) dan X2 (Budaya masyarakat pesisir Labuan) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen.

References

Buku

Asmani, J.M., (2011) Teknologi Informasi dan Komunikasi. DIVA Press.

Creswell, J.W., (2011). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches . Sage.

Kementerian Koordinator Bidang Maritim. (2018). Laporan Pembaruan Data Kelautan Indonesia Tahun 2018. Kementerian Koordinator Bidang Maritim.

Octavian, A. & Bayu Yulianto. (2014) Budaya, Identitas & Masalah Keamanan Maritim. Universitas Pertahanan Indonesia.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta.

Susanto & Dicky Munaf. (2015). Komando dan Pengendalian Keamanan dan Keselamatan Laut: Berbasis Sistem Peringatan Dini. Gramedia Pustaka Utama.

Jurnal

Keliat, M., (2009). Keamanan Maritim dan Implikasi Kebijakannya Bagi Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM, 13(1).

Downloads

Published

2021-12-30