DETEKSI SHADOW ZONE DENGAN METODE PARABOLIC EQUATION DALAM MENDUKUNG PATROLI TNI ANGKATAN LAUT DI SELAT MAKASSAR

Authors

  • Hilda Nela Bada Unhan
  • Fahmi Amhar Unhan
  • Amarulla Octavian

Abstract

Abstrak - Perairan Selat Makassar dikenal sebagai salah satu perairan di Indonesia yang memiliki karakteristik laut dalam yang masih rawan dengan penyusupan kapal asing. Saat ini TNI AL masih berfokus pada pengamanan di permukaan laut,  sementara dengan kemajuan teknologi saat ini banyak kapal selam asing yang memanfaatkan daerah bawah air untuk melakukan kejahatan transnasional. Salah satu daerah bawah laut yang dimanfaatkan adalah shadow zone. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian tentang shadow zone yang berpotensi sebagai tempat bersembunyi kapal selam. Penelitian ini menggunakan mixed methods,  untuk mengolah data kuantitatif (pendeteksian shadow zone). Peneliti melakukan simulasi/pemodelan propagasi suara dengan metode parabolic equation yang diolah dengan menggunakan Matlab dan toolbox AcTup v 2.2L, dan pengolahan data kualitatif yang didapat dari hasil wawancara dianalisa untuk melengkapi data kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa shadow zone terbanyak terdeteksi dengan menggunakan frekuensi 500 Hz. Simulasi dengan metode parabolic equation juga dapat mengetahui adanya shadow zone dari frekuensi yang dicoba dan kedalaman sumber suaranya. Sehingga dengan hasil deteksi ini, TNI AL dapat meminimalisir adanya shadow zone saat berpatroli dengan menggunakan frekuensi Sonar dan kedalaman sumber suara yang tepat. Metode tersebut juga dapat digunakan sebagai informasi navigasi yang nantinya bisa melengkapi metode yang sudah ada di TNI AL. 

Kata kunci: shadow zone, parabolic equation, Selat Makassar, Patroli TNI AL

Abstract - Makassar strait waters are known as one of waters in Indonesia which has deep sea characteristics and still vulnerable with foreign ships infiltration. Nowadays, Indonesian Navy is still focusing with security on sea surface, while with this technology advancement, there are lot of foreign submarines exploit the underwater areas for doing some transnational crime. One of underwater areas exploited is shadow zone. Therefore, it is important to do research on the shadow zone that has potential as a place to hide submarines.This research is using mixed methods. For processing quantitative data (shadow zone detection) research did some simulation/sound propagation modeling with Parabolic Equation method processed using Matlab and AcTup v 2.2L toolbox. While processing qualitative data took from analyzing interview’s result to complete the quantitative ones. Result of research is the most shadow zone was detected by 500 Hz frequency. From parabolic equation methods simulation result we can know the shadow zone  from tried frequency and its source of sound, so that by this cognition Indonesian Navy can minimilize the shadow zone when patrol by using sonar frequency and right source of sound. The method can also be used as a navigation information that later can complement existing methods in the Navy.

Keywords : shadow zone, parabolic equation, Makassar Strait, Indonesian Navy Patrol

References

Buntoro, K. 2012. Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) Prospek dan Kendala. Jakarta : SESKOAL.

Creswell, J. W. 2016. Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan campuran. Edisi Keempat. Diterjemahkan oleh A. Fawaid dan R.K. Pancasari. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Illahude A. G. 1970. On The Occurance of Upwelling in Southern Makassar Strait. Marine Research in Indonesia. 10 : 81-107.

Marsetio. 2014. Sea Power Indonesia. Jakarta : Universitas Pertahanan.

Wyrtki, K. 1961. Physical Oseanography of The Southeast Asian Waters. Naga Report. Vol 2. Scripps Institution of Oceanography. The University of California. La Jolla. California.

Downloads

Additional Files

Published

2017-07-18