IMPLEMENTASI PEMBANGUNAN TOL LAUT UNTUK MEWUJUDKAN INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA
Abstract
Abstrak - Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Dengan posisi strategis ini, sudah sewajarnya apabila Indonesia memanfaatkannya untuk kemaslahatan bangsa dan menciptakan keamanan di kawasan sesuai dengan amanat konstitusi. Presiden Jokowi menegaskan konsep Indonesia sebagai poros maritim dunia yang salah satu fokusnya adalah tol laut dalam bentuk pembangunan infrastruktur dan konektivitas antarwilayah. Koordinator pelaksana program Tol Laut yaitu Kemenko Bidang Kemaritiman baru terbentuk pada tahun 2015, dan tindak lanjut Konsep Poros Maritim Dunia dan Program Tol Laut baru dikeluarkan pada tahun 2017 melalui Perpres 16 Tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pencapaian program tol laut oleh pemerintah selama 3 tahun pemerintahan dan untuk menganalisis faktor-faktor pembangunan tol laut untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Teori yang digunakan adalah Teori Implementasi Kebijakan, dan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama, implementasi pembangunan tol laut sudah menunjukkan kemajuan dengan berbagai kendala yang dihadapi; kedua, Faktor pendorong pembangunan tol laut untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia antara lain: 1) kondisi geografis Indonesia; 2) menurunkan disparitas harga antara barat dan timur Indonesia; 3) pemerataan distribusi kebutuhan pokok; 4) perencanaan pembangunan yang terkoordinasi; 5) pembangunan terpadu; dan 6) kerjasama pembiayaan pembangunan. Sedangkan faktor penghambat antara lain: 1) Cara pandang (mindset) terhadap laut; 2) ego sektoral; 3) pelayaran belum maksimal; 4) kondisi pelabuhan belum memadai; 5) industri perkapalan belum berkembang; 6) permasalahan operasional kapal tol laut; 7) proses penyediaan lahan lama; dan 8) akses dan sarana-prasarana daerah tertinggal dan kawasan perbatasan belum memadai.
Kata Kunci: Implementasi, Pembangunan, Tol Laut, Poros Maritim Dunia
Abstract - Indonesia is the largest archipelagic country in the world. With this strategic position, it is only natural that Indonesia use it for the benefit of the nation and create security in the region in accordance with the mandate of the constitution. President Jokowi affirmed the concept of Indonesia as the world maritime axis which one of the focus is Tol Laut in the form of infrastructure development and connectivity between regions. The coordinator of Tol Laut program is Ministry of Marine Affairs, which was formed in 2015, and the follow up of the World Maritime Axis Concept and Tol Laut Program issued in 2017 through Perpres 16 of 2017. This study aims to analyze the achievement of Tol Laut programs by the government during 3 years of government and to analyze the factors of Tol Laut development to realize Indonesia as the World Maritime Axis. The theory used is Policy Implementation Theory, and the method used is descriptive qualitative. The results showed that, firstly, the implementation of Tol Laut development has shown progress with various constraints faced; second, the factors driving the development of Tol Laut to realize Indonesia as the World Maritime Axis are: 1) the geographical condition of Indonesia; 2) reduce price disparity between west and east of Indonesia; 3) equity of distribution of basic needs; 4) coordinated development planning; 5) integrated development; and 6) development financing cooperation. While the obstacle factors include: 1) The perspective of the marine; 2) sectoral ego; 3) the cruise has not been maximized; 4) port conditions are inadequate; 5) the shipping industry has not developed yet; 6) sea ship operational issues; 7) the process of providing land takes a long time; and 8) access and infrastructure of underdeveloped regions and border areas is inadequate.
Keywords: Implementation, Development, Tol Laut, World Maritime Axis
References
Referensi
Buku
Abdul Wahab, Solichin. 2008. Analisis Kebijakan: Dari Formulasi ke Implementasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Brennan, Denise. 2005. Methodological Challenges in Research with Trafficked Persons: Tales from the Field
Creswell, J. W. 2007. Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed) Edisi ke-3, terj. Ahmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Bappenas. 2017. Laporan 3 Tahun Pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla #Kerja Bersama. Jakarta
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Bappenas. 2015. Tol Laut. Jakarta
Roe, Michael. 2013. Maritime Governance and Policy Making. London: Springer International Publishing Switzerland.
Roe, Michael. 2016. Maritime Governance: Speed, Flow, Form, Process. London: Springer International Publishing Switzerland.
Subarsono. 2011. Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Peraturan Perundang-undangan
Perpres No. 2 tahun 2015 tentang RPJMN 2015-2019
Perpres No. 106 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Kewajiban Publik Untuk Angkutan Barang di Laut
Perpres No. 71 tahun 2015 tentang Penetapan dan Penyimpanan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting
Perpres No. 16 tahun 2017 tentang Kebijakan Kelautan Indonesia
Perpres No. 70 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Publik Untuk Angkutan Barang dari dan ke Daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar dan Perbatasan
Website
Ali Hasan. 2017. Dari Tol Darat ke Tol Laut: Jokowi dan Visi Poros Maritim Dunia, dalam https://seword.com/ekonomi/dari-tol-darat-ke-tol-laut-jokowi-dan-visi-poros-maritim-dunia di akses tanggal 23 Februari 2018
Bakosurtanal. 2015. BIG Sediakan Data dan Informasi Geospasial untuk Mendukung Industri Bahari, dalam http://www.bakosurtanal.go.id/big-sediakan-data-dan-informasi-geospasial-untuk-mendukung-industri-bahari/ di akses tanggal 7 Agustus 2017
Bakosurtanal. 2015. Peran Informasi Geospasial dalam Pembangunan Indonesia sebagai Poros Maritim, dalam http://www.bakosurtanal.go.id/berita-surta/show/peran-informasi-geospasial-dalam-pembangunan-indonesia-sebagai-poros-maritim di akses tanggal 7 Agustus 2017
Biro Informasi dan Hukum. 2016. Manfaat Tol Laut sangat Besar, dalam https://maritim.go.id/manfaat-tol-laut-sangat-besar/ di akses tanggal 23 Februari 2018
Eddy Cahyono Sugiarto. 2016. Tol Laut dan Pembangunan Inklusif, dalam http://setkab.go.id/tol-laut-dan-pembangunan-inklusif/ di akses tanggal 23 Februari 2018
Tim VIVA. 2016. Ini Faktor Penghambat Program Tol Laut, dalam https://www.viva.co.id/berita/bisnis/850721-ini-faktor-penghambat-program-tol-laut-nbsp di akses tanggal 23 Februari 2018
Downloads
Published
Issue
Section
License
Proposed Policy for Journals That Offer Open Access. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Proposed Policy for Journals That Offer Delayed Open Access. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.