PERTUKARAN INFORMASI BERBASIS EARLY WARNING SYSTEM DALAM PENANGANAN ILLEGAL FISHING

Authors

  • Dony Nova Rusfandi Universitas Pertahanan

Abstract

Abstrak-Tesis ini menganalisis tentang pemanfaatan Sistem Peringatan Dini tiga lembaga terkait pengamanan laut Indonesia, yaitu TNI AL, KKP dan Bakamla, dalam menghasilkan data deteksi dini kapal-kapal yang berpotensi melakukan kegiatan penangkapan ikan secara illegal sehingga dapat menghasilkan informasi peringatan dini untuk mendukung operasi patroli penanganan ilegal fishing di perairan Indonesia. Proses menghasilkan informasi diidentifikasi melalui pola pertukaran informasi yang terjalin antarlembaga serta pertukaran informasi ketiga lembaga melalui studi kasus di Satgas 115. Penelitian ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa pada dasarnya masing-masing lembaga terkait telah memiliki sarana deteksi dini kapal-kapal di perairan Indonesia sehingga dapat melaksanakan fungsi monitoring, kontrol, dan surveillance. Perlu adanya pemanfaatan bersama terhadap sarana-sarana tersebut agar dihasilkan informasi yang handal melalui jalinan kerja sama dan sinergi antarlembaga. Teori Inter Agency Working digunakan untuk menganalisis interaksi antarlembaga sedangkan teori sinergi untuk menganalisis manfaat atas data dan informasi yang bekerja dalam satu sistem yang terpadu. Selanjutnya untuk menjembatani perbedaan sistem ketiga lembaga dianalisis menggunakan konsep interoperabilitas. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dimana data primer diperoleh melalui pengamatan dan wawancara, sedangkan data sekunder melalui telaah dokumen dan pustaka lainnya. Data illegal fishing dan perangkat deteksi dini yang dianalisis dalam penelitian ini terbatas pada yang dihasilkan/digunakan lembaga hingga tahun 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dibutuhkan penyatuan sarana deteksi dini antarlembaga dan interaksi secara formal melalui pengaturan kelembagaan dan prosedur kerjasama yang efektif agar pola pertukaran informasi berbasis sistem peringatan dini dapat berjalan lebih optimal. Untuk itu diperlukan satu dewan sebagai pengelola sistem manajemen data dan informasi yang terpusat dan terintegrasi secara nasional, tidak hanya untuk penanganan ilegal fishing namun sebagai pusat data dan informasi maritim yang terintegrasi.

Keywords: Pertukaran lnformasi, Early Warning System, deteksi dini, data, informasi

References

Adinugroho, F, "Sejarah Perkembangan Automatic Identification System", Chief of Emergency Response and Information Center, P & I Club Indonesia PROMINDO.

Affandi, A, "Lalu Lintas narkoba lnternasional melalui laut di Indonesia; Pola dan lmplementasi 'Information Sharing' dalam Pemberantasan Narkoba",Tesis, Universitas Pertahanan, 2015.

Casanova, A, "Kemitraan TNI-AL dan KKP Mengurangi IUU Fishing Dalam ZEEI Laut Tiongkok Selatan (Study Pada Pelaksanaan Perjanjian Kerjasama Mengenai Berbagi Data Dan lnformasi)", Tesis, Universitas Pertahanan, 2016.

Covey, S.R, "The 7 Habits of Highly Effective People", 1989:133-146.

Creswell, J, 'Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed', Edisi Ketiga, 2014.

David, A. Hafidz "Makalah Pengertian Interoperabilitas".

Duggan, C, "A Literature Review of Inter Agency Working with a particular focus on Children Services", CAAB Research:Report No. 4, December 2009.

Halida, T. Ida, Roles of Early Warning in Sea and Coast Guard Activity in Indonesia: Bakorkamla Integrated Information

The system, World Academy of Science,

Engineering and Technology International Journal of Computer, Electrical, Automation, Control and Information Engineering vol.z, No:9,2013.

Hank, B., USCG, 'Maritime Domain Awareness', disampaikan dalam presentasi Center for Civil Military Relation (CCMR) di Universitas Pertahanan, Sentul, 5-9 September 2016.

Himmelman, A., "Collaboration For A Change", Revised Januari 2002, Minneapolis, MN 55403-2245.

Marie, C., "Arctic Region Policy: Information Sharing Model Option", Thesis, Naval Postgraduate School, September 2010.

Marsetio, Sea Power Indonesia. Jakarta: Universitas Pertahanan, 2014.

Meidyanto, A.,"lmplementasi Early Warning System", Buletin Kamla edisi.Oktober 2014.

Miller,P.,"Interoperability: What Is It and Why Should I Want It?", Web Magazine for Information Professionals.

Munaf dan Susanto, "Komando dan Pengendalian Keamanan dan Keselamatan Laut berbasis Sistem Peringatan Dini".

Rahmawati, dkk., "Sinergitas Stakeholders Dalam lnovasi Daerah: Studi pada Program Seminggu di Kota Probolinggo (Semipro)", Jurnal Administrasi Publik (JAP), vol.z, No.4.

Renhoran, M., "Strategi Penanganan illegal, Unreported And Unregulated (IUU) Fishing di Laut Arafuru", Universitas Indonesia, 2012.

Sutanta, E., "Kebijakan Standarisasi Data dan Problem interoperabilitas Pada Aplikasi E-Government", Jurnal CCIT 1978-8282,2012.

Downloads

Published

2017-12-30