PELAYANAN JASA MESS DAN DAPUR LAPANGAN DALAM PENANGGULANGAN BENCANA ERUPSI GUNUNG KELUD DI KEDIRI PADA TAHUN 2014

Authors

  • Win Indarto Alumni Manajemen Bencana, Universitas Pertahanan

DOI:

https://doi.org/10.33172/jmb.v3i3.314

Abstract

Abstrak - Gunung Kelud merupakan gunung berapi di wilayah Kabupaten Kediri yang mengalami erupsi terakhir pada tahun 2014. Upaya penanggulangan bencana erupsi Gunung Kelud pada tahap tanggap darurat melibatkan satuan-satuan jajaran TNI AD yang berlokasi di Kediri, salah satunya yaitu Tepbek V-44-02.A sebagai perpanjangan tangan dari Bekangdam V/Brawijaya. Berdasarkan fenomena tersebut penelitian ini berupaya untuk menggambarkan pelayanan jasa mess dan dapur lapangan yang dilakukan Tepbek V-44-02.A, koordinasi yang dilakukan dengan instansi terkait, dan faktor penentu keberhasilan pelayanan Tepbek V-44-02.A selama penanggulangan erupsi Gunung Kelud. Melalui metode kualitatif berdasarkan wawancara mendalam terhadap sejumlah personel Tepbek V-44-02.A dan berlandaskan kepada elaborasi teoritis dari pelayanan, kualitas, motivasi kerja dan koordinasi dalam manajemen bencana.  Penelitian ini menemukan bahwa peran Tepbek V-44-02.A melalui pelayanan jasa mess dan dapur lapangan sudah berjalan baik. Kendatipun, masih terdapat kesulitan koordinasi dengan instansi terkait sedangkan koordinasi dengan Bekangdam V/Brawijaya sudah berjalan dengan baik. Faktor penentu keberhasilan pelayanan mess dan dapur lapangan dari Tepbek V-44-02.A dapat dilihat dari ukuran berorientasi pada proses yaitu responsivitas, responsibilitas, akuntabilitas, keadaptasian dan empati, kemudian ukuran berorientasi pada hasil dapat dilihat dari aspek efektifitas, produktivitas, kepuasan, dan keadilan. Mencermati hal tersebut kedepannya perlu adanya peningkatan peran Tepbek V-44-02.A melalui peningkatan alat, peningkatan kualitas dan kuantitas personel, serta penguatan koordinasi.

Kata Kunci: Erupsi, Kelud, Penanggulangan, Pelayanan, Tepbek

 

Abstract - Gunung Kelud is located at district of Kediri, which experienced the last eruption in 2014. The efforts to response this eruption required all stakeholders involvement in disaster risk management, including several units of the army located in Kediri, which is Tepbek V-44-02.A as an extension of Bekangdam V/Brawijaya. Based on this phenomenon, the study sought to describe the mess services and field kitchens provided by Tepbek V-44-02.A, coordination with others stakeholders in disaster risk management, and critical success factors of Tepbek V-44-02.A dealing with the eruption of Gunung Kelud. Through qualitative methods based on primary data collected by in-depth interviews with a several personnel’s of Tepbek V-44-02.A and based on the theoretical elaboration of service and quality of service, the study found that the role Tepbek V-44-02.A in providing the mess and field kitchens services has been running well. Nevertheless, there are still difficulties in coordination with relevant stakeholders, while the coordination with Bekangdam V/Brawijaya work smoothly. Critical success factors from the mess and field kitchens services of Tepbek V-44-02.A can be seen from the measures of a process-oriented, which is responsiveness, responsibility, accountability, adaptability and empathy, then the measure of a results-oriented can be seen from the aspect of the effectiveness, productivity, satisfaction, and justice. Observing from these results, Tepbek V-44-02.A need to improve their tools, the quality and quantity of personnel, and strengthening coordination with related agencies.

Keywords: Eruption, Kelud, Disaster relief, Service, Tepbek

Author Biography

Win Indarto, Alumni Manajemen Bencana, Universitas Pertahanan

Alumni Manajemen Bencana, Universitas Pertahanan

References

Buku

Agustino, Leo. 2006. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Edwards III, George C. 1984. Implementing Public Policy. Washington: Congressional Quarterly Press.

Handoko, T. Hani. 2003. Manajemen Edisi Kedua. Yogyakarta: Bpfe.

Hasibuan, M.S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kusumasari. 2014. Manajemen Bencana dan Kapabilitas Pemerintah Lokal. Yogyakarta: Gava Media.

Maarif, Syamsul. 2012. Pikiran Dan Gagasan Penanggulangan Bencana di Indonesia. Jakarta:Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Purnomo, Hadi. 2010. Manajemen Bencana: Respon dan Tindakan terhadap Bencana. Yogyakarta: Med Press.

Ratminto. 2015. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Surjadi. H. 2012. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung : PT. Refika Aditama.

Tjetjep, Wimpy S. 2002. Dari Gunung Api Hingga Otonomi Daerah. Jakarta : Yayasan Media Bhakti Tambang.

Triutomo, Sugeng.Dkk. 2011. Panduan Perencanaan Kontinjensi Menghadapi Bencana. Jakarta : Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Jurnal

Agustiawan, Yosi. 2016. Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Mendukung Upaya Peningkatan Kapasitas Konsultan Lokal Dalam Menangani Proyek Pasca Bencana Alam. Teknologi. Volume 6, Nomor 1.

Ariyanti, Indyah Hayu. 2015. Implementasi Kebijakan Penanggulangan Bencana. Kebijakan Dan Manajemen Publik. Volume 3, Nomor 2.

Bismawati. 2016. Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Katalogis. Volume 4, Nomor 3, (Maret).

Bnpb. 2014. Kemanusiaan Adalah Kehidupan: Ngaseri Camat Ngancar. Jakarta: Majalah Gema Bnpb. Volume 5 Nomor 3, (Desember).

Ryan, B., dkk. 2013. Capacity Building for Environmental Health Disaster Management. The 4th International Seminar on Environmental Engineering (ISEE). Denpasar.

Berita dan Sumber on-line

Ilmie, M. Irfan. 2014. Gaya Mengungsi Anggota Dprd Saat Kelud Meletus. Www.Antarajatim.Com. 14 Februari.

Kedirikab.go.id. 2015. arsitek penanggulangan bancana erupsi gunung kelud. Www.kedirikab.go.id. 13 Februari

kominfo.jatimprov.go.id. 2014. Jumlah Pengungsi Erupsi Kelud Capai 87.629 Jiwa. Kominfo.Jatimprov.gov. 14 Februari.

Masyhari, Nanang. 2014. Duh! Kelud Waspada, Bpbd Kediri Belum Terbentuk. Http://Beritajatim.Com. 06 Februari.

Priatmojo, Dedy & Darmawan, Zahrul. 2014. Pasukan Brimob Kelapa Dua Dikerahkan Ke Gunung Kelud. Http://Nasional.News.Viva.Co.Id. 15 Februari.

Putra, Arsana. 2013. Peran Bekang Dalam Penanggulangan Bencana Alam. Http://Www.Bekangdam-Mulawarman.Mil.Id. 20 Maret.

Sadewo., Joko. 2014. Data Korban Tewas dan Pengungsi Erupsi Gunung Kelud. Www.Republika.co.id. 14 Februari.

Sulistyawati, Laeny. 2014. Korban Erupsi Gunung Kelud Kesulitan Air Bersih. Www.republika.co.id. 8 maret.

Suryono. 2014. Ironi, Pemkab Kediri Tak Punya Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Http://Www.Lensaindonesia.Com. 15 Februari

Downloads

Published

2017-12-10

How to Cite

Indarto, W. (2017). PELAYANAN JASA MESS DAN DAPUR LAPANGAN DALAM PENANGGULANGAN BENCANA ERUPSI GUNUNG KELUD DI KEDIRI PADA TAHUN 2014. Jurnal Manajemen Bencana (JMB), 3(3). https://doi.org/10.33172/jmb.v3i3.314