PENGELOLAAN MATERIEL DEPO PUSAT PEMBEKALAN WILAYAH BARAT TNI AL GUNA MENDUKUNG KESIAPAN OPERASIONAL KOMANDO ARMADA I

Authors

  • Reni Apriliani Widorekno Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • Kasih Prihantoro Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • Lukman Yudho Prakoso Universitas Pertahanan Republik Indonesia

Abstract

Manajemen logistik dalam TNI AL adalah hal yang penting dalam mendukung satuan pemakai atau KRI beroperasi menjaga wilayah laut Indonesia. Namun pemenuhan kebutuhan suku cadang yang diperlukan oleh KRI masih mengalami kendala ketidakcocokan antara permintaan dan lamanya pengiriman bekal tersebut. Sebagai gudang penyaluran bekal, Dopusbekbar melakukan dukungan pembekalan bagi satuan pemakai dengan menjalankan penerimaan, penyimpanan dan pendistribusian. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bagaimana pengelolaan materiel di Dopusbekbar, bagaimana kendala pengelolaan materiel di Dopusbekbar dan bagaimana solusi terbaik dalam pengelolaan materiel di Dopusbekbar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil dari data yang telah dikumpulkan peneliti menemukan bahwa dari segi penerimaan dan penyimpanan di Dopusbekbar hampir semua kegiatan administrasi masih semi komputerisasi belum menggunakan sistem aplikasi yang otomatis. Manajemen persediaan juga belum optimal karena penyimpanan di gudang juga masih mengalami penumpukan karena banyak suku cadang yang disimpan terlalu lama. Pendistribusian juga masih mengandalkan KRI sehingga tidak bisa tepat waktu dalam pengiriman. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlu ada pembaharuan dari aturan yang berlaku karena saat ini masih mengikuti pedoman aturan yang lama. Mulai menggunakan sistem aplikasi guna memudahkan pengelolaan mulai dari penerimaan dan penyimpanan, serta melakukan kerja sama dengan ekspedisi umum sebagai pihak ketiga guna memudahkan proses distribusi suku cadang.

Kata Kunci: Bekal Suku Cadang, Dopusbekbar, KRI, Manajemen Logistik, Manajemen Persediaan.

References

Andinantha, H., Suharto, S., & Feriyantini, N. (2021). Strategi Satuan Kapal Patroli Pangkalan Utama TNI AL IV Tanjung Pinang Dalam Menghadapi Pelanggaran Hukum Di Perbatasan Laut Singapura. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2).

Arman. (2020). Satrol Lantamal III Jakarta Adakan Uji Terampil L-1 Di KAL Sanca Dan KAL Kobra. Retrieved from https://www.liputanindonesianews.com/detail/36494/satrol lantamal-iii-jakarta-adakan-uji-terampil-l1-di-kal-sanca-dan-kal-kobra.html, diakses pada 28 Agustus 2021Hadi, O. N., & Suryani, E. (2012). Penerapan Sistem Dinamik pada Logistik Militer untuk Meningkatkan Efisiensi Tenaga Kerja, Waktu, dan Biaya Perawatan sehingga dapat Menjaga Ketersediaan Senjata Perang. Jurnal Teknik Pomits, 1(1), 1-6.

Hendri, N. S., & Subagyo, H. (2021). Analisis Perencanaan Suku Cadang dengan metode Supply Chain Management (SCM) Guna Mendukung Kesiapan Kapal Selam. Jurnal STTAL Hidros, 7(1).

ISL, R. (2018). Karine Marine Parts, Terdepan Penyedia Suku Cadang Kapal Nasional. Retrieved from https://indonesiashippingline.com/shipping/3298-kiran-marine-parts,-terdepan-penyedia-suku-cadang-kapal-nasional.html, diakses pada 26 Agustuss 2021.

Mariyana, R. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Marsetio. (2016). Aktualisasi Peran Pengawasan Wilayah Laut Dalam Mendukung Pembangunan Indonesia Sebagai Negara Maritim Yang Tangguh. Retrieved from http://fri2016.uny.ac.id/sites/fri2016.uny.ac.id/files/5A2.%20MAKALAH%20%20DR.%20MARSETIO.pdf, diakses pada 26 Agustus 2021.

Moleong, L. (2010). Metodologi Penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.

Prakoso, L. Y., Suhirwan, & Prihantoro, K. (2021). Metode SWOT AHP dalam Merencanakan Strategi Pertahanan. Garut: CV Aksara Global Akademika

Ramadhan, S., Kuncoro, A. D., & Soemantri, A. I. (2021). The Effect of Supply Chain Management (SCM) and Decision Support System (DSS) Warship Spare Parts On Operation Readiness Naval Fleet Command II. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 5 (1), 51-58.

Sudaryono. (2018). Metolologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Supriyatno, M. (2014). Tentang Ilmu Pertahanan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Surat Keputusan Nomor: Skep/999/IV/1998 Tentang Cara Administrasi Pergudangan di Lingkungan TNI Angkatan Laut

Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.

Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Warka, I. W., Faisal, M., & Damayanti, R. (2018). Implementasi Pembinaan Mental Fungsi Komando Sumber Daya Manusia Di Lantamal III Jakarta. Jurnal Strategi Pertahanan Laut, 4 (3).

Downloads

Published

2022-06-30