TATA KELOLA KAWASAN FOOD ESTATE KABUPATEN WONOSOBO UNTUK MENDUKUNG LOGISTIK WILAYAH DALAM RANGKA PENYIAPAN WILAYAH PERTAHANAN DARAT

Authors

  • Selfira Salsabilla UNIVERSITAS PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA
  • George Royke Deksino UNIVERSITAS PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA
  • Rizerius Eko Hadisancoko UNIVERSITAS PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penunjukan Kabupaten Wonosobo sebagai kawasan Food Estate berbasis hortikultura untuk empat komoditas utama yakni bawang putih, bawang merah, cabai dan kentang. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi terkini pengelolaan Food Estate berbasis hortikultura oleh Pemerintah Kabupaten Wonosobo, dan Kodim 0707/Wonosobo serta upaya untuk menyusun tata kelola yang baik dalam pengelolaan Food Estate berbasis hortikultura untuk mendukung cadangan logistik wilayah di Kabupaten Wonosobo dalam rangka penyiapan wilayah pertahanan darat. Guna mencapai tujuan, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tata kelola yang dilakukan saat ini terdiri dari tahap perencanaan, pengorganisasian, aktualisasi dan evaluasi. (2) Upaya mewujudkan tata kelola yang dilakukan saat ini terdiri dari tahap perencanaan, pengorganisasian, aktualisasi dan evaluasi yang diintegrasikan antara kepentingan dan peran pemerintah daerah dan Kodim 0707/Wonosobo sebagai entitas pertahanan dalam sebuah sistem integrasi penyiapan wilayah pertahanan darat yang menyandingkan potensi wilayah yang diarahkan oleh Pemerintah Daerah dengan Potensi pertahanan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dengan penerapan tata kelola yang saat ini pada kawasan Food Estate berbasis hortikultura belum mengakomodir kepentingan pertahanan Negara berupa perwujudan wilayah pertahanan sehingga disusunlah persesuaian dalam matriks isian rencana tata ruang wilayah pada aspek Ruang, Alat dan Kondisi Juang.

References

Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. (2015). Buku Putih Pertahanan Indonesia. Jakarta: Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. (2021). Dokumen Sishankamrata Abad 2021. Jakarta: Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia. (2011). Buku Pintar Food Estate. Jakarta: Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Markas Besar TNI. (2010). Doktrin Tentara Nasional Indonesia Tridarma Ekakarma (Tridek). Jakarta: Staf Umum TNI.

Markas Besar Angkatan Darat. (2015). Petunjuk Teknis tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat. Jakarta: Pusat Teritorial Angkatan Darat.

Neuman, W. L. (2015). Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Indeks.

Pemerintah Kabupaten Wonosobo. (2021). Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Wonosobo.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2014 Tentang Penataan Wilayah Pertahanan Negara.

Terry, G. R., & Rue, L. W. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Robbins, S. P. (2001). Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jilid 1, Edisi 8. Jakarta: Prenhallindo.

Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 Tentang Pertahanan Negara.

Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 Tentang Tentara Nasional Indonesia.

Yusup. (2014). Optimalisasi Pertahanan Negara Guna Mengantisipasi Dampak Konflik Laut Cina Selatan Dalam Rangka Keutuhan NKRI. Kertas Karya Perorangan (Taskap) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LI Lembaga Ketahanan Nasional RI.

Downloads

Published

2023-07-03