IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOTIKA DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI SUMATERA UTARA UNTUK MENDUKUNG PERTAHANAN NEGARA (STUDI PADA BIDANG REHABILITASI)

Authors

  • Hamidah Azzahra S Lubis Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • Tatar Bonar Silitonga Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • Yusuf Ali Universitas Pertahanan Republik Indonesia

Abstract

Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika merupakan salah satu ancaman nonmiliter yang berbahaya bagi generasi bangsa dan negara Indonesia. Dikarenakan kejahatan ini bisa menyebabkan kerugian yang sangat besar, baik kesehatan, sosial ekonomi, dan keamanan yang mengakibatkan hilangnya suatu generasi bangsa (lost generation). Provinsi Sumatera Utara menempati posisi pertama dengan kasus dan tersangka narkoba terbanyak di tingkat nasional. Atas dasar tersebut Badan Narkotika Nasional membuat program P4GN sebagai upaya pencegahan kejahatan narkotika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program P4GN BNN Provinsi Sumatera Utara dengan menggunakan desain penelitian quasi kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan tahapan analisis meliputi pengumpulan, kondensasi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan implementasi program P4GN BNN Provinsi Sumatera Utara telah berjalan namun kurang efektif, hal itu dikarenakan sumber daya manusia yang ada di Bidang Rehabilitasi masih jauh dari kata ideal dari segi kuantitas. Kemudian dari aspek anggaran masih sangat minim. Selanjutnya dari aspek sarana dan prasarana masih belum memadai.

Kata Kunci: Ancaman Nonmiliter, Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara, Implementasi, Kebijakan, Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN)

References

Bahar, S. (2008). Peran krusial rakyat dan penduduk sipil lainnya dalam perang non konvensional masa kini dan implikasinya pada sistem pertahanan rakyat semesta. Jurnal Ketahanan Nasional, XIII (2).

Bungin, B. (2020). Post-Qualitative Social Research Methods. Jakarta: Prenada Media Group.

Febrinastri, F. (2020). suara.com. Retrieved from arkadia digital media: https://www.suara.com/news/2020/0 6/26/154741/hari-anti-narkotika-

internasional-bnn-hidup-new-normal- tanpa-narkoba?page=all

Indiahono, D. (2009). Kebijakan publik berbasis dynamic policy analisys. Yogyakarta: Gava Media.

Kementerian PPN/Bappenas. (2017). Siaran Pers. Retrieved from Bonus Demografi 2030-2040: Strategi Indonesia Terkait Ketenagakerjaan Dan Pendidikan:

https://www.bappenas.go.id/files/921 5/0397/6050/Siaran_Pers_-

_Peer_Learning_and_Knowledge_Sh aring_Workshop.pdf

Kemhan. (2014). Buku Putih Pertahanan Indonesia. Jakarta: Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Kemhan. (2014). Doktrin pertahanan negara. Jakarta: Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Kemhan. (2020). ppid.kemhan.go.id. Retrieved from ppid.kemhan.go.id: https://ppid.kemhan.go.id/assets/atta chments/20200721_36jakhanneg- 2020.pdf

Supriyatno, M., & Ali, d. Y. (2019). Pengantar manajemen pertahanan. Jakarta: Universitas Pertahanan.

Downloads

Published

2022-08-09