PENENTUAN HIERARKI PENGAMBILAN KEBIJAKAN DALAM UPAYA PENANGGULANGAN DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP PENINGKATAN NASIONALISASI PELAJAR SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT ATAS DENGAN MENGGUNAKAN MULTI CRITERIA DECISION ANALYSIS (STUDI PELAJAR SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT AT
Abstract
Di era globalisasi saat ini, permasalahan yang timbul bagi negara kita adalah memudarnya semangat nasionalisme. Pemerintah sudah seharusnya menyikapi permasalahan ini sebagai ancaman yang serius bagi ketahanan bangsa dan segera menentukan kebijakan agar tidak terlambat. Untuk mengatasi masalah nasionalisme akibat globalisasi, perlu mengambil kebijakan yang terstruktur dengan melihat kepada prioritas penentuan kebijakan melalui penelitian menggunakan MCDA. Penelitian MCDA digunakan untuk memberikan pengamatan secara komprehensif dari suatu permasalahan mulai dari aspek yang paling terdampak globalisasi sampai prioritas upaya penanggulangan. Tujuan dari penelitian adalah menentukan bobot dari aspek sikap perilaku sebagai dampak globalisasi, bobot perbuatan negatif akibat perubahan sikap perilaku pelajar dan upaya penanggulangan dampak globalisasi tersebut. Dari perbedaan bobot akan disusun suatu hierarki untuk setiap level. Disain penelitian yang digunakan adalah Kuasi Kuantitatif yang mengacu kepada metode kuntitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan terhadap pelajar di SMA dan SMK wilayah kota Cimahi dengan responden adalah tenaga pendidik dan pelajar. Hasil penelitian menunjukan prioritas pertama dari hierarki kebijakan adalah peningkatan nilai agama menurut pelajar secara umum, tenaga pendidik, pelajar SMA dan pelajar perempuan. Sedangkan pelajar SMK dan pelajar laki-laki memilih sistem pendidikan yang berwawasan nasional sebagai prioritas pertama. Diharapkan dengan mengetahui prioritas kebijakan maka tindakan yang diambil pembuat kebijakan lebih efektif dan efisien dalam mengatasi dampak penurunan nasionalisme dikalangan pelajar khususnya dan pemuda umumnya.