MANAJEMEN LOGISTIK PT PINDAD (PERSERO) DALAM RANGKA MEMENUHI KEBUTUHAN PERSENJATAAN SS2-V4 UNTUK TNI AD GUNA MENDUKUNG PERTAHANAN NEGARA

Authors

  • Ike Yessi Widowati UNIVERSITAS PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA
  • Aris Sarjito UNIVERSITAS PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA
  • George Royke Deksino UNIVERSITAS PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA

Abstract

Pertahanan Negara yang kuat didukung oleh Alutsista dan Postur Pertahanan yang kuat. PT Pindad (Persero) merupakan Industri Pertahanan yang memproduksi Alutsista terutama SS2-V4. Tujuan Penelitian untuk mengkaji Manajemen Logistik PT Pindad (Persero) dalam rangka memenuhi kebutuhan persenjataan SS2-V4 untuk TNI AD guna mendukung Pertahanan Negara. Metode Penelitian Kualitatif dan teori Manajemen Logistik. Hasil penelitian munujukan bahwa 1) Perencanaan logistik SS2-V4. Prestasi logistik tidak sesuai dengan Availability karena sistem perencanaan logistik SS2-V4 menggunakan By Order sehingga semua bergantung kontrak pemesanan. Capabilities dan Qualities SS2- V4 sudah sangat sesuai dan memuaskan User. Biaya Logistik SS2-V4 disesuaikan Renstra dan APBN dengan Skala Prioritas 2) Pengadaan Logistik SS2-V4 Make or Buy dengan melihat pertimbangan kapasitas produksinya dan kwalitas vendor. 3) Penyimpanan logistik SS2-V4, Fungsi penyimpanan sudah sesuai dengan menggunakan 8 kategori Gudang, Pengamanan berlapis dan teknologi yang mempuni. Kapasitas gudang yang harus di tingkatkan dengan strategi tata letak 4) Kendala Logistik SS2-V4 pada pengadaan “make” yaitu kapasitas produksi yang mengharuskan “buy” dengan kendala pemilihan vendor, kendala raw material tidak terdapat dalam negeri, dan ancaman embargo. 5) Strategi Logistik SS2-V4 sesuai dengan Ends, Means dan Ways. Starategi Penerapan sebagian “Logistics Strategy Triangle”.

References

Arwani, A. R. (2009). Warehouse Check Up 1st ed. Jakarta: Penerbit PPM.

Ballou, Ronald H. (1992). Business Logistics Management 4th ed. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Bennis, Warren, Victor purba, Burt Nanus, (1990). "Kepemimpinan: Strategi Dalam Mengemban Tanggung Jawab". Jakarta: Erlangga.

Bowersox, Donald J. (2017). Manajemen Logistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Creswell, John W. (2016). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2020). Konservasi Perairan Sebagai Upaya menjaga Potensi Kelautan dan Perikanan Indonesia Retrieved from https://kkp.go.id/djprl/artikel/21045- konservasi-perairan-sebagai-upaya- menjaga-potensi-kelautan-dan- perikanan-indonesia

Hakim, Maulana Arief Rachman. (2017). Strategi Manajemen Produksi senapan serbu SS2 PT Pindad dalam menanggapi permintaan yang fluktuatif. Jakarta: Universitas Pertahanan.

Heragu, S. S. (2008). Facilities Design 3 ed.

New York: CRC Press.

Kementerian Pertahanan RI. (2015). Buku Putih Pertahanan Indonesia.Jakarta.

Kemendikbud (2016). KBBI Daring. Retrieved from

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/k endala

Lykke, Arthur F. Jr., “Defining Military Strategy,” Military Review 69, no. 5,

(May 1989): 2-8.

Miles, Matthew B., Huberman, A. Michael, dan Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook Edition 3. United States of America: SAGE Publications Inc.

PT Pindad (persero). (2022). Profil Perusahaan. Retrieved from https://pindad.com/profil- perusahaan

Supriyatno, Makmur. (2018). Pengantar Manajemen Pertahanan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Wicaksono, I. A. (2014). Optimalisasi Peran Pembekalan untuk Menunjang Kesiapan Satuan TNI dalam Rangka Pelaksanaan Pertahanan Negara RI. Minor Thesis Universitas Gajah mada Retrieved from http://etd.respository.ugm.ac.id.

Published

2023-01-05