EFEKTIVITAS PENDIDIKAN BELA NEGARA DALAM PENINGKATAN SIKAP NASIONALISME SISWA INDONESIA DI COMMUNITY LEARNING CENTER SARAWAK MALAYSIA

Authors

  • Ineu Rahmawati Unhan

Abstract

Abstrak – Kondisi siswa Community Learning Center (CLC) Sarawak Malaysia yang lahir dan tumbuh di Malaysia menyebabkan memudarnya sikap nasionalisme. Hal ini yang mendasari harus dilaksanakan pendidikan bela negara di sekolah mengingat ancaman non tradisional bisa terjadi seperti kejahatan antar negara, perdagangan manusia, pengedaran narkoba, dan pemindahan kewarganegaraan. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Quasi Eksperimen untuk mengukur perbedaan tingkat efektivitas pendidikan bela negara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.Tingkat efektivitas pendidikan bela negara diukur melalui berbagai aspek seperti peningkatan presentasi waktu belajar yang tinggi, peningkatan perilaku melaksanakan tugas yang tinggi pada siswa, hasil belajar yang efektif, peningkatan suasana belajar yang akrab dan positif di lingkungan sekolah, dan sarana yang menunjang. Dengan adanya pendidikan bela negara di sekolah diharapkan siswa bisa lebih memahami pentingnya membela negara dan memiliki sikap nasionalisme yang tinggi. 

Kata kunci: Community Learning Center, Efektivitas, Pendidikan bela negara, Nasionalisme.

Abstract – Condition of Indonesian students who had born and grown up in Malaysia caused decreasing the nationalism. This became fundamental issue to held state defense education in the school cause non tradition threats can happened such as transnational crime, human trafficking, drug trafficking, and changing citizenship. This research use quantitative method Quasi Experimental type to measure difference the level of effectivenees before and after treatment. The level of effectiveness measuring by some aspects such as increasing presentation time of study, increasing student do their homeworks, the effective of result study, increasing friendly and positive condition in school, and supporting the facilities. State defense education in school hopefully can increase understanding the importance of protect the country and having the high of nationalitm.  

Keywords: Community Learning Center, Effectiveness, State Defense Education, Nationalism.

References

Creswell, J. 2016. Research Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimas. 2016. Pengaruh Pendidikan Karakter Nasionalisme Anak pada Keluarga Buruh Migran Sektor Perkebunan Kelapa Sawit. Jakarta: UNJ

Pendidikan, T. P. 2009. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT IMTIMA.

Rangkuti, M.Si, D. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Membangun Kesadaran Bela Negara. Bogor: IPB Press.

Subagyo, A. 2015. Bela Negara Peluang dan Tantangan di Era Globalisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono, P. D. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran inovatif-Progresif: Konsep Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Umar. 2003. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Jurnal

Muthanna, K. 2011. “Military Diplomacy”. Journal of Defense Studies. Vol.5, No.2, Januari.

Widodo, S. 2011. “Implementasi Bela Negara untuk Mewujudkan Nasionalisme”. Jurnal Ilmiah CCIVIS, 18-31.

Tippe, S. 2013. “Implementasi Kebijakan Bela Negara di Perbatasan : Studi Kasus di Provinsi Papua”. Jurnal Sosioteknologi, 416-440.

Downloads

Additional Files

Published

2017-07-13