PENGARUH LINGKUNGAN, MOTIVASI, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PERSONEL DINAS PEMBINAAN POTENSI MARITIM MABES TNI AL

Authors

  • Rena Apriliana Widorekno Universitas Pertahanan RI
  • Aris Sarjito Universitas Pertahanan RI
  • Marsono Marsono Universitas Pertahanan RI

Abstract

Dinas Pembinaan Potensi Maritim Mabes TNI AL merupakan suatu kedinasan yang diharapkan memiliki kinerja yang optimal dalam menyelenggarakan pembinaan potensi maritim. Namun Dinas Pembinaan Potensi Maritim Mabes TNI AL kinerjanya masih belum optimal. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya lingkungan kerja, motivasi kerja dan disiplin kerja. Tujuan pada penelitian ini di antaranya: (1) menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja personel TNI di Dispotmar Mabesal, (2) menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja personel TNI di Dispotmar Mabesal, (3) menganalisis pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja personel TNI di Dispotmar Mabesal, (4) menganalisis pengaruh lingkungan, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja personel TNI di Dispotmar Mabesal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana dan berganda. Data dikumpulkan dari 52 orang personel sebagai sampel. Sampel dipilih dengan teknik acak sederhana dan dihitung dengan menggunakan rumus teknik slovin dari 60 orang personel sebagai populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan kerja bepengaruh langsung dan signifikan terhadap kinerja yakni sebesar 45.8%, (2) motivasi kerja bepengaruh langsung dan signifikan terhadap kinerja yakni sebesar 30.6%, (3) disiplin kerja bepengaruh langsung dan signifikan terhadap kinerja yakni sebesar 51.7%, (4) lingkungan, motivasi dan disiplin kerja secara bersama-sama bepengaruh langsung dan signifikan terhadap kinerja yakni sebesar 55.6%. Kesimpulan bahwa lingkungan, motivasi dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja personel TNI di Dispotmar Mabesal, secara parsial maupun simultan.

References

Andari, Y., dan Darsin. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Topografi Kodam IV/Diponegoro Semarang. Jurnal of Management Unpand. Volume 3, Nomor 3, h. 8.

Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Hutagalung, M., dan Yuli Triastuti. (2019). Pengaruh Lingkungan, Motivasi Dan Disiplin Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Anugerah Abadi Bersama. Jurnal Pengembangan Wiraswasta. Volume 21, Nomor 22, h.12.

Marwanto, T. B., & Riyadi Nugroho. (2014). Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Dan Disiplin Kerja Prajurit Di Satuan Kerja KRI X Armada RI Kawasan Timur. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen. Volume 1, Nomor 1, h. 75

Mulyani, Sri. (2015). Pengaruh Motivassi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Disiplin Kerja Sebagai

Variabel Intervening Pada PT. PLN (Persero) Area Mamuju. (Tesis). Program Studi Magister Manajemen, Universitas Terbuka.

Novyanti, J. S. (2015). “Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah”. Jurnal Katalogis Untad. Volume 3, Nomor 1, h. 111.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Syardiansah dan Melati Putri Utami. (2019). Pengaruh Lingkungan, Disiplin dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Pati Sari di Aceh Tamiang. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen (JKBM). Volume 5, Nomor 2, h. 204.

Tyas, R. D., dan Bambang Swasto Sunuharyo. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. Pertamina (Persero) Refinery Unit IV Cilacap). Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 62, Nomor 1, h. 174

Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 pasal 7 ayat (1) tentang Tentara Nasional Indonesia.

Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 pasal 9 tentang Tugas Angkatan Laut

Downloads

Published

2022-08-09