ANALISIS SMART CLASSROOM PADA PENERAPAN SMART CAMPUS UNIVERSITAS PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA

Authors

  • Lathifatuddini Lathifatuddini Universitas Pertahanan RI
  • Suyono Thamrin Universitas Pertahanan RI
  • Susanto Susanto Universitas Pertahanan RI

Abstract

Smart Campus merupakan pengembangan dari Smart City yang lebih dulu dikenal pada tahun 1994. Kampus dianggap sebagai suatu tatanan masyarakat yang menyerupai suatu daerah maupun kota. Smart Campus merupakan kemampuan kampus dalam mengendalikan segala sumber daya yang dimilikinya secara efektif dan efisien, pemberian pemecahan masalah yang inovatif, adanya pengelolaan yang baik dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup seluruh warga kampus. Tesis ini ditulis menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Smart Campus di Universitas Pertahanan (Unhan) menunjukkan adanya upaya untuk meningkatkan kualitas sistem pembelajaran. Hal ini dapat dilihat melalui penyediaan Smart Classroom yang dilengkapi alat digital seperti Smart Screen dan Smart Podium. Setiap ruang kelas juga diterapkan Energy Management System (EMS) yang dapat meminimalisir terbuangnya energi secara sia-sia. Disamping itu, sistem informasi yang terintegrasi juga disediakan melalui aplikasi Smart Campus. Tambahan pula, dukungan pembelajaran Smart Campus Unhan juga ditunjukkan melalui pengadaan Mini Studio dan lab Teknologi Pertahanan. Agar Smart Campus di Unhan bisa berjalan lebih baik lagi. Beberapa poin ini sebaiknya segera ditindak lanjuti, seperti jaringan WiFi, pembuatan absen digital, pemerataan penyediaan Smart Screen dan Smart Podium pada setiap kelas, dll serta adanya kepedulian terhadap perawatan alat digital Smart Classroom.

References

Annisah. (2017). Usulan Perencanaan Smart City: Smart Governance Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko. Masyarakat Telematika Dan Informasi, 8(1), 59–80.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Atif, Y., Mathew, S. S., & Lakas, A. (2015). Building a Smart Campus to Support Ubiquitous Learning. Journal of Ambient Intelligence and Humanized Computing, 6(2), 223–238. https://doi.org/10.1007/s12652-014-0226-y

Chen, X., Jin, R., Suh, K., Wang, B., & Wei, W. (2012). Network Performance of Smart Mobile Handhelds in a University Campus WiFi Network. Proceedings of the 2012 Internet Measurement Conference, 315–328. https://doi.org/10.1145/2398776.2398809

Cordiaz, M. (2017). Penerapan Smart Campus sebagai Pendukung Kegiatan Pendidikan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(2), 77–80. https://doi.org/10.32493/informatika.v2i2.1508

Dameri, R. P., & Cocchia, A. (2011). Smart City and Digital City: Twenty Years of Terminology Evolution.

Hirsch, B., & Ng, J. W. P. (2011). Education Beyond the Cloud: Anytime-Anywhere Learning in a Smart Campus Environment. 2011 International Conference for Internet Technology and Secured Transactions, ICITST 2011, 718–723.

Komariah, A., & Djam’an, S. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Kwok, L. (2015). A Vision for the Development of i-campus. Smart Learning Environments, 2. https://doi.org/10.1186/s40561-015-0009-8

Miles, M. B., Hubberman, M. A., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. (3rd ed.). California: SAGE Publications Inc.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Putra, I. K. G. D. (2017). Smart Campus. https://konsultasi.unud.ac.id/articles/smart-campus

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-01-20