Analisis Strategi Peningkatan Semangat Bela Negara Anggota Gerakan Pramuka Melalui Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Authors

  • Andi Kurniawan Universitas Pertahanan RI

Abstract

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGS) sebagai agenda global tentu saja menjadi tanggungjawab setiap negara. Pelaksanaan pembangunan berkelanjutan penting untuk dilaksanakan karena kondisi ketidaksinambungan pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup terjadi. Pelaksanaan SDGs di Indonesia dapat dilakukan melalui instansi pemerintahan dan organisasi. Salah satu organisasi yang dapat melaksanakan program-program global adalah Gerakan Pramuka. Sebagai wujud tanggungjawab kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai dengan janji pramuka, maka dalam proses peningkatan semangat bela negara anggota pramuka dapat dilakukan dengan pendidikan kepramukaan yang berlandaskan pada program global seperti SDGs. Artikel ini ditulis berdasarkan hasil penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SDGs sebagai strategi dalam meningkatkan semangat bela negara dengan indikator ends, ways, dan means merupakan hal penting yang dapat digunakan dalam meningkatkan semangat bela negara anggota pramuka. Ends atau tujuan dari Gerakan Pramuka yaitu membantu pemerintah dalam pembentukan dan pembinaan watak/karakter anggota pramuka dalam menjalankan kehidupan di bumi dan memiliki keterampilan dan ketahanan diri untuk dapat menjaga alam semesta dari kerusakan dan ancaman lainnya sebagai bentuk pengamalan nilai-nilai bela negara. Ways yang digunakan yaitu menyelaraskan kurikulum pendidikan kepramukaan dengan program-program SDGs. Means yang digunakan yaitu meningkatkan kapasitas SDM anggota dewasa dan anggota muda Gerakan Pramuka serta melaksanakan kegiatan-kegiatan kepramukaan yang mengarah kepada program-program SDGs. Proses peningkatkan semangat bela negara anggota pramuka memiliki faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan strategi SDGs diantaranya yaitu budaya organisai, struktur organisasi, dan sumber daya organisasi.

References

Alisjahbana, Armida Salsiah dan Murniningtyas, Endah. (2018). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia : Konsep Target dan Strategi Implementasi. Bandung; Unpad Press Grha Kandaga.

Undang-Undang Dasar 1945

Undang-undang No. 3 Tahun 2002 Tentang Pertahanan Negara

Undang-undang No. 12 Tahun 2012 Tentang Gerakan Pramuka

Undang-undang No. 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional

Petunjuk Penyelenggaraan Nomor 176 Tahun 2013 tentang Pola Mekanisme dan Pembinaan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega

Delima, Prisca. (2017). Bela Negara dan Ketahanan Lingkungan. Dalam Media Informasi WIRA Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Edisi Khusus.

Hidayat, Muhammad. (2018). Faktor- faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Implementasi Strategi (Studi Kasus pada PT Bosowa Propertindo). Dalam Jurnal The Influence of Developing Human Capital Management.

Liddel-Hart, B. H. (1967). Strategy London. Faber (2nd rev Ed).

Praditya, Yosua. (2015). Manajemen Pertahanan. Dalam Jurnal Pertahanan.

Rahyasih, Yayah.(n.d). Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Pendidikan Indonesia. Dalam Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, ISSN 1412-565X.

Septy, Adzanil Prima. (2020). Strategi Pengembangan Pendidikan Bela Negara dalam Konteks Persaingan Global dan Revolusi Industri 4.0. Dalam Jurnal APS-TOT DIK BN GP 19.

Sihite, Mislan. (2018). Peran Kompetensi dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Berdaya Saing Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0: Suatu Tujuan Konseptual. Dalam Jurnla Ilmiah Methonomi, Vol.4, No. 2.

Website

Scout.org. (2020). Sout for SDGs. Dalam Artikel

https://sdgs.scout.org/about-sdgs Diakses pada Sabtu, 4 Juli 2020, Pukul 20.48 Wib.

Sugiarto, Eddy Cahyono. (2019). Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Menuju Indonesia Unggul Dalam Artikel Kementerian Sekretariat Negara RI https://www.setneg.go.id/baca/in dex/pembangunan_sumber_daya

_manusia_sdm_menuju_indonesi a_unggul diakses pada Selasa, 22 Juli 2020, Pukul 19.42 Wib.

Yolanda, Friska. (2019). Usai Dilantik, Jokowi Priorotaskan Pembangunan SDM. Dalam Artikel REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA

https://nasional.republika.co.id/be rita/pzp3io370/usai-dilantik- jokowi-prioritaskan- pembangunan-sdm diakses pada Kamis, 23 Juli 2020 Pukul 08.30 Wib.

Downloads

Published

2022-01-20