Pengaruh Peningkatan Perbandingan Kompresi Terhadap Emisi Gas Buang Kendaraan Sepeda Motor

Authors

  • Elihakim Yotam Dau Universitas Nusa Cendana
  • Basri K Universitas Nusa Cendana
  • Edy Suprapto
  • Wofrid E. Bianome Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.33172/pjp.v1i2.14588

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar dari perbandingan kompresi standar dan kompresi yang telah ditingkatkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang mengacu pada standar percobaan tentang perbandingan kompresi standar dan kompresi yang telah ditingkatkan. Hasil penelitian yang diperoleh pada kompresi standar dengan putaran 2000 RPM, yaitu CO 3,04% Vol dan nilai HC 667 bpj, dan pada putaran 3000 RPM memperoleh kadar emisi  CO 4,26% Vol dan nilai HC 755 bpj. Sedangkan  pada putaran 5000 RPM mendapatkan hasil kadar emisi CO 4,99% Vol dan nilai HC 977 bpj. Hasil yang diperoleh dari Kompresi yang telah ditingkatkan pada putaran 2000 RPM, yaitu  nilai kadar emisi CO 3,28% Vol dan nilai HC 638 bpj. Untuk putaran 3000 RPM menghasilkan kadar emisi CO 3,11% Vol dan nilai HC 429 bpj, sedangkan pada putaran 5000 RPM memperoleh  hasil kadar emisi CO 3,5% Vol dan nilai HC 327 bpj. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil kadar emisi CO dan HC dari  kompresi yang telah ditingkatkan masih dibawah nilai ambang batas yang ditentukan jika dibandingkan dengan kompresi standar yang sudah melebihi nilai ambang batas.

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles