Analisis Kelayakan.Sarana Dan.Prasarana Pada.Bengkel Pendidikan.Teknik Mesin

Authors

  • Wilhelmus Woga Universitas Nusa Cendana
  • Priyono . Universitas Nusa Cendana
  • Wofrid E. Bianome Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.33172/pjp.v1i2.14591

Abstract

Ketersediaan sarana dan prasarana menjadi faktor penentu dalam menjamin mutu lembaga pendidikan. Penelitian ini mengkaji sarana dan prasarana bengkel praktik otomotif Program Studi Pendidikan Teknik Mesin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif, yaitu dengan menghitung persentase untuk menilai kelayakan sarana dan prasarana. Temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa bengkel perlu diperbaharui karena luas ruangan yang belum optimal serta ketersediaan peralatan praktik dan perlengkapan pendukung yang belum memadai. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan prasarana hanya mencapai 26%, dan kelayakan sarana perabot 16%, media pembelajaran 36%, peralatan tangan 6%, alatukur 0,54%, dan perlengkapan pendukung 27%. Penelitian ini mendeskripsikan bahwa kualitas sarana dan prasarana yang rendah dapat menghambat proses pembelajaran. Untuk penelitian lebih lanjut diharapakan menggunakan metode-metode penelitian yang lebih komprehensif untuk perbaikan yang lebih baik

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles