Maintenance dan Pemasangan Zinc Anode pada KMP Bontang Express II
DOI:
https://doi.org/10.33172/pjp.v2i1.14940Abstract
Perkembangan perkapalan dalam dunia kelautan harus diikuti dengan peningkatan alat transportasi laut. Kapal merupakan alat transportasi laut yang dipergunakan dalam menghubungkan antara daratan, kapal yang sering beroperasi haruslah dilakukan perawatan dan pemeliharaan setiap satu tahun beroperasi untuk mengetahui kerusakan-kerusakan yang terdapat pada kapal dikarena dalam pengoperasian kapal memerlukan kondisi yang baik dan layak saat berlayar, salah satunya adalah dengan cara pemasangan Zinc Anode Protection (ZAP) sebagai perlindungan aktif korosi pada kapal. Penelitian ini menjelaskan bahwa dalam sistem maintenance (Pemeliharaan) saja untuk standar internasional, perawatan di Indonesia masih kurang. Di antara salah satu penyebabnya adalah kerusakan kapal dengan faktor pengaratan paling mendominasi. Zinc Anode adalah jenis komponen seng digunakan untuk membantu baja galvanis dan benda-benda lainnya. Hal ini sering digunakan untuk mencegah korosi dan membantu bahan lainnya menimbulkan korosi lebih lambat dan lebih lama. Dari segi biaya dan kekuatan, penggunaan besi dan baja untuk bangunan kapal memang cukup memadai. Tetapi besi dan baja sangat reaktif dan mempunyai kecenderungan yang besar untuk terserang korosi air laut. Baja untuk konstruksi kapal mempunyai sifat mekanis sehingga membutuhkan perawatan secara berkala