WAY FORWARD FOR STRENGTHENING ASEAN'S CAPACITY AND RESILIENCE IN THE ADMM-PLUS

Authors

  • Rudy Sutanto Universitas Pertahanan RI
  • Priyanto Priyanto Universitas Pertahanan RI

DOI:

https://doi.org/10.33172/skm.v9i2.14561

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi perjalanan ASEAN dalam kerangka ASEAN Defense Ministers' Meeting-Plus (ADMM-Plus), dengan fokus pada penguatan kapasitas dan ketahanannya di tengah tantangan lanskap geopolitik yang terus berubah. Kerangka kerja ADMM-Plus, yang dimulai pada tahun 2010, memfasilitasi kerja sama pertahanan dan keamanan yang melibatkan mitra dialog eksternal, yang bertujuan untuk memastikan perdamaian di seluruh Asia-Pasifik. Meskipun ASEAN menghadapi kompleksitas seperti meningkatnya persaingan militer, ketegangan perbatasan, dan sengketa Laut Cina Selatan, secara internal, negara-negara anggota bergulat dengan permasalahan dalam negeri, konsekuensi perubahan iklim, keamanan energi, ancaman maritim, dan risiko dunia maya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami kapasitas historis dan terkini ASEAN dalam konteks ADMM-Plus. Untuk menilai tantangan dan ancaman yang berdampak pada ketahanan ASEAN dalam domain keamanan regional. Metodologi penelitian kualitatif mengadopsi gabungan data primer dari wawancara dan dokumen resmi ASEAN, dengan data sekunder dari sumber akademis, yang menyajikan pandangan holistik tentang keterlibatan ASEAN dalam ADMM-Plus. Analisis ini menggarisbawahi kapasitas ASEAN yang beragam, mulai dari interoperabilitas militer dan negosiasi diplomatik hingga kemajuan digital dan tanggap bencana. Selain itu, ketahanan ASEAN, yang tercermin dalam stabilitas politik, vitalitas ekonomi, strategi keamanan, dan kohesi sosial budaya, juga ditekankan. Untuk meningkatkan perannya dalam ADMM-Plus di tengah berkembangnya skenario keamanan Indo-Pasifik, rekomendasinya mencakup pembentukan Pusat Penggabungan Informasi ADMM-Plus, meningkatkan Kesadaran Domain Maritim, memprioritaskan keamanan siber, dan membentuk Satuan Tugas Khusus untuk Keamanan Hayati. Secara meyakinkan, ADMM-Plus tetap penting dalam menumbuhkan kepercayaan dan tindakan kolektif, menekankan perlunya langkah-langkah keamanan yang proaktif dan komprehensif untuk memastikan Asia Tenggara yang harmonis

References

Acharya, A. (2012). The Making of Southeast Asia: International Relations of a Region. ISEAS – Yusof Ishak Institute.

Acharya, A. (2013). The Making of Southeast Asia: ASEAN’s Role in Regional Integration. Cornell University Press.

Caballero-Anthony, M. (2014). Understanding ASEAN's Centrality: Bases and Prospects in an Evolving Regional Architecture. The Pacific Review

Caballero-Anthony, M. (2016). Non-Traditional Security in Asia: Issues, Challenges, and Framework for Action. ISEAS-Yusof Ishak Institute.

Chaturvedi, S., & Sakhuja, V. (2017). Climate Change and Challenges to Security in Southeast Asia. Springer.

Chong, C.Y. (2017). Biosecurity in Southeast Asia: Challenges and Implications. Journal of Asian Defense Studies, 42(2).

Chong, A., & Vadaketh, S. (2016). Computer Networks and the Proliferation of Cyber Threats: An Analysis of Southeast Asia. Asian Security Review, 24(2).

Goh, E. (2013). The ASEAN Defence Ministers' Meeting: The Institutionalization of Security Cooperation. Contemporary Southeast Asia.

Hew, D. (2005). Roadmap to an ASEAN Economic Community. Institute of Southeast Asian Studies.

Jones, L. (2012). ASEAN, Sovereignty, and Intervention in Southeast Asia. Palgrave Macmillan.

Jonni Mahroza, Priyanto Priyanto, Mhd Halkis, (2022) Asymmetric Diplomacy And Securitization In The South China Sea Vol 11,No,.1,

Koh, S. L. (2018). Energy Security in ASEAN: The Dilemma of Dependency. Energy Policy.

Laksmana, E. A. (2019). ASEAN’s Strategic Autonomy, Or: How Not to Choose Sides. International Relations of the Asia-Pacific.

Narine, S. (1997). ASEAN and the ARF: The Limits of the ‘ASEAN Way’. Asian Survey.

Narine, S. (2008). ASEAN in the Twenty-First Century: A Sceptical Review. Cambridge Review of International Affairs.

Nguyen, H. (2020). From Vision to Action: A Paradigm Shift in ASEAN's Security Framework. Journal of Southeast Asian Affairs.

Sukma, R. (2015). ASEAN Beyond 2015: The Imperatives for Further Institutional Changes. ASEAN Economic Bulletin.

Sutanto, R., Priyanto., & Adriyanto, A. (2022). Naval and Maritime Strategy. Jakarta; Unhan Press.

Tan, A. (2018). Innovation and Defence R&D in Southeast Asia. Journal of Southeast Asian Technologies, 35(1).

Thayer, C. A. (2013). ASEAN, China, and the Code of Conduct in the South China Sea. SAIS Review of International Affairs.

Thayer, C. A. (2016). ASEAN and the South China Sea: Movement, yet Stasis. The Pacific Review.

Tow, W. T., & Chin, K. W. (2016). ASEAN and the Security of South-East Asia. Routledge

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Sutanto, R., & Priyanto, P. (2023). WAY FORWARD FOR STRENGTHENING ASEAN’S CAPACITY AND RESILIENCE IN THE ADMM-PLUS. Strategi Dan Kampanye Militer (SKM), 9(2), 40–58. https://doi.org/10.33172/skm.v9i2.14561