Strategi Komunikasi Pemberitaan Pada Penerangan KOSTRAD Dalam Mendukung Tugas Pokok KOSTRAD di Wilayah DKI Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.33172/skm.v4i2.269Abstract
Abstrak--Penerangan Kostrad (Penkostrad) dalam menjalankan tugas sebagai salah satu institusi di Kostrad adalah menyampaikan informasi secara benar dan profesional tentang hal ihwal Kostrad sebagai salah satu kekuatan pertahanan negara Matra Darat kepada masyarakat, serta memberikan tanggapan yang simpatik manakala ada suatu informasi yang dianggap dapat merugikan citra positif Kostrad. Selain itu sebagai institusi yang sekaligus "Agen Informasi", bertugas mengolah informasi, menyampaikan informasi, mengelola informasi, baik untuk pihak internal maupun eksternal dan semua itu ditujukan dalam rangka mendukung tugas pokok Kostrad. Namun, dibalik prestasi yang diraih oleh Kostrad, ternyata masih banyaknya informasi – informasi tentang Kostrad yang saat ini belum di ketahui secara mendalam oleh masyarakat Indonesia secara umum, tidak terkecuali Penerangan Kostrad yang dinaunginya. Tesis ini mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan strategi komunikasi pemberitaan yang di lakukan oleh Penerangan Kostrad, bagaimana strategi komunikasi pemberitaan pada Penerangan Kostrad di lihat dari aspek komunikator, pesan atau informasi dan pemanfaatan media yang digunakan dalam publikasi ?. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode Kualitatif melalui non participant observation dan participant observation secara terbatas. Pengolahan data kualitatif dilakukan dengan menggunakan cara analisis deskriptif. Lokasi penelitian di Kantor Penkostrad Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi komunikasi pemberitaan pada Penkostrad belum optimal yaitu di tinjau dari aspek Komunikator, pesan dan pemanfaatan media. Dalam rangka mencapai kondisi yang diharapkan tersebut, maka upaya-upaya yang perlu dilakukan yaitu melakukan peningkatan kemampuan dan keahlian personel Penkostrad, melalui pemberian bekal pengetahuan dan keterampilan jurnalistik terhadap personel, meningkatkan pemanfaatan media online dalam publisitas kegiatan Kostrad dan membuat aturan dan protap satuan dalam penggunaan media online atau media sosial.
Kata Kunci: Strategi, Pemberitaan, Komunikasi
Absract--The Information Department of Army Strategic Command (Penerangan Kostrad/Penkostrad) carry out their duties as one of the institutions in Army Strategic Command is to convey information correctly and professionally about the Army Strategic Command matters as one of the strengths of the Army to the community, as well as providing a sympathetic responsea when there are information that is considered detrimental to Army Strategic Command’s good image. Aside that, it also function as an institution that is at the same time an "Information Agent". It is in charge of processing information, conveying information, managing information, both for internal and external parties and all of that is aimed at supporting the main task of Army Strategic Command. However, behind the achievements achieved by Army Strategic Command, there is still a lot of information’s about Army Strategic Command which is currently not known in depth by the Indonesian people in general, including the Information of the Army Strategic Command which is supported. This thesis to describe and analyze the implementation of the news communication strategy carried out by Information Department of Army Strategic Command, how is the communication strategy reporting on Information Department of Army Strategic Command seen from the aspect of communicator, message or information and and the use of the media used in the publication?. The method used in this paper is a Qualitative method through limited non-participant observation and observation participants. Qualitative data processing is done using descriptive analysis. Research location at the Information Department of Army Strategic Command Office on Jakarta. The results of the study show that: The communication strategy of reporting on the Information Department of Army Strategic Command is not yet optimal, namely in terms of the communicator aspect, the message and the use of the media. In order to achieve the expected conditions, the efforts that need to be carried out are to increase the capabilities and expertise of the Information Department of Army Strategic Command personnel, through providing journalistic knowledge and skills to personnel, increasing the use of online media in the publicity of Army Strategic Command activities and making rules and procedures for use online media or social media.
Keywords: Strategy, News, Communication
References
Daftar Pustaka
Buku
Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers
Moleong.2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung Pt. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2010. Matode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Cv Alfabeta
Syarifudin Tippe. 2012. Human Capital Management, Jakarta: Pt. Elek Media Komputindo
Ropingi El Ishaq, 2017. Public Relations Teori dan Praktek.
Asti Musman dan Nadi Mulya, 2017. Jurnalisme Dasar.
S. Arifianto dan Christiany Juditha, 2017. Komunikasi di Era Teknologi Digital.
Jurnal
Rizka Maulida/132050042, Bandung, 2017. Skripsi “Strategi Pemberitaan Melalui Media Sosial Instagram Mengenai Citra Kepolisian”
Anisa Kurniasih/1371503010, Jakarta, 2017. Skripsi “Proses Gatekeeping Dalam Produksi Isi Website Kostrad.Mil.Id”.
Dokumen Resmi
Mabes TNI AD. 2007. Buku Petunjuk Induk Penerangan. Jakarta.
Mabes TNI AD. 2007. Buku Petunjuk Induk Penerangan. Perkasad Nomor Perkasad/20/Viii/2007, Tanggal 18 Agustus 2007.
Mabes TNI AD. 2007. Buku Petunjuk Pembinaan Tentang Penerangan. Perkasad Nomor Perkasad/20/Viii/2007, Tanggal 18 Agustus 2007.
Mabes TNI. Doktrin TNI Tri Darma Eka Karma Perpang TNI Nomor Perpang/45/VI2010 Tanggal 15 Juni 2010.
Mabes TNI AD. 2017. Buku Pedoman tentang publikasi TNI AD di media massa nomor keputusan : KEP/17/VII/2017 tanggal 11 Juli 2017.
Mabes TNI AD. 2012. Buku Pedoman tentang Organisasi dan Tugas Penerangan Kostrad Perkasad/38/X/2012 tanggal 12 Oktober 2012.
Mabes TNI AD. 2004. Buku Pedoman tentang Organisasi dan Tugas Komando Cadangan Strategis TNI AD (Orgas Kostrad) Surat Keputusan Kasad Nomor Kep/34/VI/2004 tanggal 11 Juni 2004
Website