Kontribusi Persepsi Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Militer di Pusdik Armed

Edi Yulian Budiargo, Herlina Juni Risma Saragih, Ahmad G. Dohamid

Abstract


Abstrak -- Kepemimpinan tranformasional merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhdap keberhasilan suatu lembaga. Seorang pemimpin diharapkan dapat memiliki kepemimpinan tranformasional yang akan berdampak pada kinerja bawahannya. Selain itu, budaya organisasi juga berpengaruh terhadap kinerja seseorang dalam suatu organisasi. Berdasarkan pra penelitian pendahuluan bahwa guru dalam menyusun silabus dan rencana persiapan mengajarnya belum sesuai standar, dan belum menggunakan pendekatan pembelajaran berdasarkan standar proses. Tujuan penelitian ini untukmenganalisis persepsi kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap kinerja guru militer di Pusdik Batalion Armed Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variable dalam penelitian ini terdiri dari variable bebas yaitu Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, dan Variabel terikat yaitu Kinerja Guru. Metode penelitian menggunakan analisi regresi berganda. Hasil penelitian ini yaitu Kepemimpinan transformasional diperoleh nilai t=12,331 dengan nilai signifikasi 0,000<0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh signifikan antara persepsi kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru. Budaya Organisasi diperoleh nilai t=27,697 dengan nilai signifikasi 0,000<0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh signifikan antara budaya organisasi terhadap kinerja guru. Kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi diproleh nilai F=380,031 dengan nilai signifikan 0,000<0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh secara simultan antara persepsi kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap kinerja guru militer di Pusdik Batalion Armed Cimahi.

Kata Kunci: kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, kinerja guru

Abstract – Transformational leadership is one factor that is very influential on the success of an institution. A leader is expected to have transformational leadership that will have an impact on the performance of his subordinates. In addition, organizational culture also affects the performance of a person in an organization. Based on preliminary research that teachers in preparing the syllabus and teaching preparation plans are not in accordance with standards, and have not used a learning approach based on process standards. The purpose of this study was to analyze the perception of transformational leadership and organizational culture on the performance of military teachers at the Pusdik Battalion Armed Cimahi. This study uses quantitative methods. Variables in this study consisted of independent variables namely Transformational Leadership, Organizational Culture, and the dependent variable namely Teacher Performance. The research method uses multiple regression analysis. The results of this study are transformational leadership obtained t value = 12.333 with a significance value of 0.000 <0.05, then H1 is accepted and H0 is rejected, meaning that there is a significant influence between the perception of transformational leadership on teacher performance. Organizational Culture obtained t value = 27.697 with a significance value of 0.000 <0.05, then H1 was accepted and H0 was rejected, meaning that there was a significant influence between organizational culture on teacher performance. Transformational leadership and organizational culture are obtained with a value of F = 380.031 with a significant value of 0.000 <0.05, then H1 is accepted and H0 is rejected, meaning that there is a simultaneous influence between perceptions of transformational leadership and organizational culture on the performance of military teachers at the Pusdik Battalion Armed Cimahi.

Keywords: transformational leadership, organizational culture, teacher performance


References


Daftar Pustaka

Abdul Majid. 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosdakarya.

Anwar Prabu Mangkunegara. 2005. Sumber Daya Manusia perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ara Hidayat dan Imam Machali, 2012. Pengelolaan Pendidikan (Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah), Yogyakarta: Kaukaba.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktek. Bandung: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baharuddin dan Umiarso, 2012. Kepemimpinan Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Balansa., Victor & Arrazi. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja Pada PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Karombasan. Jurnal EMBA.Vol.5 No.3 September 2017.

Barnawi&M.Arifin.2014. Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Cahyono., Mohamad Syamsul & Suharjono. 2014. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Karyawan Di Perusahaan Daerah Perkebunan Jember. Jurnal Manajemen & Agribisnis. Vol. 11 No. 2, Juli 2014.

Daryanto. 2013. Strategi dan tahapan mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Depdiknas.2003. Undang-undang RINo. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Dessler, Gary. 1997. Manajemen Sumber daya Manusia. Jakarta: Prenhallindo.

Ernie, Tisnawati, Sule dan Kurniawan, Saefullah. 2006. Pengantar. Manajemen. Jakarta: Kencana.

Gitosudarmo,Indriyo&Sudita,INyoman.1997. PerilakuKeorganisasian. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Guilford, J., P. & F. Benjamin. 1956. Fundamental Statistic in Psychology and Education. Tokyo.

Griffin, 2002. Manajemen. Jakarta: PT. Erlangga,

HadariNawawi & Martini Hadari. 2004. KepemimpinanyangEfektif.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu. 2005.Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hayward brett A, 2014. Relationship Between Employee performance leadership and emotional intelligence in south African parastatal Organisation. Jounal emerlinsight juni

Henry, Simamora. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Houldsworth, E., & Jirasinghe, D. 2006. Managing and Measuring Employee Performance. London: Kogan Page Limited.

JamesP.Chaplin, 2009. Kamus LengkapPsikologi,Jakarta: Rajawali Pers

Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan (Komponen- Komponen Elementer Kemajuan Sekola h). Jakarta: Ar-Ruzz Media

Kotter, John P. & James L. Heskett, 1998. Corporate Culture and Performance. (terj Benyamin Molan). Jakarta: PT Prehalindo

Koswara Deni. 2008. Seluk Belok Profesi Guru. Bandung: Pt Pribumi Mekar

Lawler & Poter. 2001. Succesfull Role Achievement. New York University: West Publishing Company.

Luthans,Fred. 1995. Organizational Behavior.Sixth edition.McGraw-Hill International Edition.Management series.New york.

Luthans, Fred. 2006. Perilaku organisasi. Edisi 10. Yogyakarta : Andi

Maabuat, Edward. 2016. Pengaruh Kepemimpinan, Orientasi Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Dispenda Sulut Uptd Tondano). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol.16 No. 01 Tahun 2016.

Mahendra & Wayan Mujiati. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Disiplin Kerja, dan Burnout Pada Kinerja Karyawan Arma Museum and Resort. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 4, No. 10, 2015.

Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, A. 2004. Psikologi Perusahaan. Bandung: Trigenda Karya.

Mangkunegara. Anwar Prabu. 2005. Sumber Daya Manusia perusahaan. Bandung.RemajaRosdakarya.

Mathis Robert, Jackson John. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba empat.

Marta, Jujung & Dewie Triwijayanti. 2016. Pengaruh Budaya Organisasi dan Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Karyawan PT. X. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol.8 No. 2 Februari 2016.

Marsono, 2006, Faktor-faktor Penentu Produktivitas Kerja Pegawai Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar, Surakarta :Program Pascasarjana

Martono, S. 2017. Persepsi Konflik dan Kinerja Organisasi. Semarang: UNNES PRESS.

Moeheriono. 2009. PengkuranKinerja BerbasisKompetensi. Bogor:Ghalia Indonesia.

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja. Grafindo Persada

Moeheriono. 2014. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Mubarak, Ahmad & Susetyo Darmanto. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening (Studi pada PNS di Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang). Jurnal Maksimum.Vol.5 No.1, September 2015 – Februari 2016.

Mulyasa, E.2003.MenjadiKepalaSekolahProfesional.Bandung:PT.RemajaRosdakarya.

Mulyasa, E.2004. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E.2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ndraha, Taliziduhu. 2007. Budaya Organisasi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Prawirosentono, Suyadi. 2007. Filosofi Baru Tentang Mutu Terpadu. Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri pendidikan nasional Republik indonesiaNomor 16 tahun 2007 tentangstandar kualifikasi akademik dan kompetensi guru.

Puspitasari., Idayanti &Wahda. 2018. Pengaruh Kompensasi, Kepemimpinan Transformasional, dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja. Journal of Applied Business and Entrepreneurship. Vol. 01 No.03 Juli 2018.

Reitner, Robert and Angelo Kinicki. 2005. Perilaku Organisasi (Orgaizational. Behavior). Jakarta: Salemba Empat

Rifansyah, Ogi. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Wilayah Pekanbaru. JOM FISIP. Vol. 3 No. 2, Oktober 2016.

Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Rosidah.2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sagala, Syaiful. 2007. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu. Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Schein, Edgar H, 2002, Organizational Culture and Leadership, Jossey –Bass Publishers, San Francisco.

Sedarmayanti.2010.SumberDayaManusiadanProduktivitasKerja. Bandung: Mandar Maju.

Sembiring, Masana. 2012. Budaya&KinerjaOrganisasi(PerspektifOrganisasi Pemerintah). Bandung: Fokusmedia.

Simamora. Henry. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia ed 3, cetakan ke 1, Yogyakarta: STIE YKPN.

Simanjuntak. 2005. Manajemen Dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Slamet.2007. Kiat Meningkatkan Kinerja, Cetakan Pertama. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto,2010. Belajar dan Faktor–Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta

Sudjana,Nana.2012. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudrajad, Ahmad. 2007. Kompetensi Guru dan Peran Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadianta, Nana Syaodih. 2005. Metodologi Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulistiyani, Ambar Teguh& Rosidah. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suprihanto John. 2003. PerilakuOrganisasional.Yogyakarta:SekolahTinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susanto A. B. 1997. Budaya Perusahaan: Manajemen dan Persaingan Bisnis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Taliziduhu Ndraha, 2007. Budaya organisasi, Jakarta : Rineka Cipta

Tampubolon, Manahan P. 2004. Perilaku KeorganisasianJakarta: Ghalia Indonesia.

Thoha, Miftah. 2012. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tucker, L. R., & Lewis, C.2004. The Influence of the Transformasional Leader.Journal of Leadership and Organizational Studies

Umar, Husein, 2010. Budaya Organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Usman, H. 2002. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Veithzal, Rivai. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Veithzal Rivai, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek.Bandung:Rajagrafindo persada.

Veithzal Rivai Zainal, dkk, 2014, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Jakarta:PT RajaGrafindo Persada

Widokarti, Joko Rizkie. 2013. Kepemimpinan Transformatif Menuju Masyarakat Madani. In: Seminar Nasional Fisip-UT

Wahjosumidjo. 2005. KepemimpinanKepalaSekolah,TinjauanTeoridan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yukl, Gary, 2009, Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta: PT. Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My StatCounter