Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Militer di Pusat Pendidikan Infanteri
DOI:
https://doi.org/10.33172/jspd.v3i1.35Abstract
Abstrak - Lembaga Pendidikan TNI AD merupakan pilar utama dalam menunjang pencapaian tugas pokok TNI AD. Lembaga pendidikan membentuk dan mengembangkan kualitas Sumber Daya Prajurit yang memiliki sikap perilaku, ilmu pengetahuan dan keterampilan serta jasmani yang samapta. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan merupakan faktor esensial dalam menciptakan profesionalisme prajurit TNI AD. Pusat Pendidikan Infanteri merupakan lembaga pendidikan dibawah Kodiklat TNI AD yang berkedudukan langsung dibawah Pussenif. Keberhasilan dalam penyelenggaraan pendidikan di Pusat Pendidikan Infanteri sangat ditentukan oleh komponen pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan.
Tenaga Kependidikan (Gadik) atau Guru Militer (Gumil) adalah unsur pelaksana pendidikan yang berperan penting sebagai edukator, fasilitator dan motivator. Untuk melaksanakan peran tersebut, Gumil harus memiliki kinerja yang baik. Tentunya kinerja yang baik akan di pengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya lingkungan kerja dan motivasi kerja. Dengan lingkungan kerja yang baik serta motivasi kerja yang tinggi, maka Gumil akan terdorong untuk bekerja semaksimal mungkin sehingga memiliki kinerja yang baik pula.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja Gumil, pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja Gumil serta menganalisis apakah lingkungan kerja dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja Gumil di Pusdikif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan kerja terhadap kinerja guru dengan kontribusi yang diberikan sebesar 19,1%, Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan kontribusi yang diberikan sebesar 41,9% serta terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan kontribusi yang diberikan sebesar 61%.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan tehnik pengumpulan data melalui survei. Sebagai populasi adalah seluruh Gumil di Pusdikif sejumlah 62, yang selanjutnya di ambil sampel secara acak sejumlah 54 orang. Data yang sudah didapat dari responden kemudian diolah dan dianalisa dengan menggunakan SPSS 21.
Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja
Abstract - An Indonesian Army Education Center is a vital pillar in supporting the achievement of the Army’s main task. The Center creates and develops the quality of soldiers in behavioral, scientific, skills, and physical fitness aspects. This shows that education is an essential factor in achieving the Indonesia Army professionalism. The Indonesian Army Infantry Education Center (Pusdikif) is an education institution and part of the Indonesian Army Doctrine, Training and Education Command (Kodiklat TNI AD). Pusdikif is positioned under direct supervision of the Indonesian Army Infantry Center. The success of Pusdikif depends on educational management and its components.
Educational apparatus and military teachers are educational implementers who have multiple roles, such as educators, facilitators, and motivators. To carry out this role, Gumil must have a good performance. Of course, a good performance will be influenced by various factors, including the work environment and work motivation. With a good working environment and high motivation to work, then Gumil will be compelled to work as closely as possible so have a good performance.
This study aimed to analyze influence of work environment on the military teacher performance, influence of work motivation on the military teacher performance and analyze whether influence the work environment and motivation work on the performance military teacher in infantry education center. The results of this study indicate that there is significant influence on the performance of teachers' from work environment with the contribution given by 19.1%, There is a significant influence on the performance of teachers' from motivation to work with the contribution of 41.9%, a significant influence from the work environment and motivation to work on teacher performance with the contributions made by 61%
This study uses quantitative methods and techniques of data collection through surveys. As the population is a whole of military teacher in Infantry education center as many as 62 people, which was subsequently taken randomly sampled a number of 54 people. The data has been obtained from the respondents were then processed and analyzed using SPSS 21.
Keywords: Working Environment, Working Motivation, Performance.References
Daftar Pustaka
A.H. Maslow. 2007. Motivasi & Perilaku. Semarang, Dahara Prize.
Arikunto, Suharsimi. 2006 Prosedur Penelitian : suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Ketigabelas. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djam'an Satori. 2001. Administrasi Pendidikan. Bandung, PIP IMP.
Gomes, F. Cardosa. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. Andi Offset.
Grifin, R.W. 2003. Manajemen. Jakarta. Erlangga.
Hamid Darmadi. 2013. Dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung, Alfabeta.
Handoko, T.H. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE Press.
Hasibuan, M. 2003. Organisasi dan Motivasi. Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.
Kertonegoro Sentanoe. 1994. Manajemen Organisasi. Jakarta, Widia Press
L. R. Bittle & J. Newstrom. 2006 Pedoman Bagi Penyelia. Penerjemah Bambang Hartono. Jakarta, Pustaka Binaman Pessindo dan LPPM.
Malayu S.P. Hasibuan, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta, Bumi Aksara.
Mangkunegara, Anwar P. 2006. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mathis, Robert L. dan Jackson. John H. 2006. Human Resource Management (Manajemen Sumber Daya Manusia). Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.
Muhibbin Syah. 1997. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung, Jernmars.
Nanang Fattah. 2000. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta.
Nitisemito, Alex S. 1992. Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Panji Anoraga. 2007. Psikologi Kerja. Jakarta, Rineka Cipta.
Robbins, Stephen, P. 2003. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Sedarmayanti. 2009. Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.
Siagian, Sondang P. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Simamora, Henry. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.
Sofyandi dan Garniwa. 2007. Perilaku Organisasional. Edisi Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Sudarmanto. 2009. Kinerja Dan Pengembangan Kompetensi SDM. Cetakan Pertama. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.
S. Nasution. 2004. Sosiologi Pendidikan. Bandung, Burni Aksara.
Sondang P Siagian. 2005. Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta, Rineka Cipta.
Stephen P Robbins. 2006. Perilaku Organisasi. Penerjemah Benyamin Molan. Jakarta, PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Wahjosumidjo. 2007. Kepemirnpinan dan Motivasi. Jakarta, Ghalia Indonesia.
Winarno Surakhmad. 1989. Metodologi Pengajaran Nasional. Bandung, Jernmars.
Tesis/Jurnal
Nugroho Agung Dwi. 2013. Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Tenaga Pengajar.
Sofyan Khairani Diana. 2013. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Kerja Pegawai Bappeda.
Halim Hayulinanda Sartika. 2012. Analisis Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Sinar Galesong Pratama Makassar.
Perundang-undangan
Doktrin Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor KEP / 23 / IV / 2007 Tgl 24 April 2007 tentang Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi
Peraturan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Perkasad 255/XII/2007 tgl 28 Desember 2007 tentang Bujuknik Penyelenggaraan Pendidikan di Lingkungan Lemdik TNI AD
Peraturan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Perkasad/3-2/IV/2011 tgl 20 April 2011 tentang Bujukin Pendidikan
Peraturan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Perkasad /8-2/IV/2011 tgl 20 April 2011 tentang Bujuknik Pembinaan Tenaga Pendidik
Peraturan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Perkasad /9-2/IV/2011 tgl 20 April 2011 tentang Bujuknik Pembinaan Tenaga Kependidikan
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Undang-Undang RI No. 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia
Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen