STRATEGI PEMBINAAN SATUAN YONARMED 13/2/1 KOSTRAD UNTUK MEWUJUDKAN PRAJURIT YANG PROFESIONAL GUNA MENDUKUNG TUGAS POKOK SATUAN

Authors

  • Heri Pujiyanto Universitas Pertahanan RI
  • Guntur Eko Saputro Universitas Pertahanan RI
  • Agus Mansyah Universitas Pertahanan RI

DOI:

https://doi.org/10.33172/jspd.v7i2.994

Abstract

Abstrak–TNI AD sebagai bagian integral dari TNI melaksanakan tugas TNI dalam menjaga keamanan wilayah darat, melaksanakan tugas pembangunan dan pengembangan kekuatan matra darat, serta melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat. Yonarmed 13/2/1 Kostrad sebagai Satuan Banpur TNI AD memiliki tugas pokok memberikan bantuan tembakan secara kontinyu dan tepat pada waktunya kepada Satuan yang dibantu dengan cara menghancurkan atau menetralisir sasaran yang mengganggu tercapainya tugas satuan yang dibantu tersebut. Namun dalam melaksanakan pembinaan satuan masih ditemukan permasalahan personel, TOP/DSPP, latihan belum mantap II, peranti lunak belum tertata, kekurangan kendaraan, kekurangan rumah dinas dan pagar satuan. Sehingga perlu dianalisis strategi pembinaan satuan Yonarmed 13/2/1 Kostad dan kendala. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenologis dengan pendekatan deskriptif di Yonarmed 13/2/1 Kostrad. Dari hasil penelitian dan pembahasan bahwa Yonarmed 13/2/1 Kostrad melaksanakan pembinaan organisasi agar mantap II, melaksanakan pembinaan personel dan pengembangan karier, melaksanakan pemeliharaan tingkat 3, melaksanakan latihan bertahap, bertingkat dan berlanjut, melaksanakan pengamanan aset pangkalan, dan penataan peranti lunak. Namun ditemukan kendala dalam pembinaan satuan yaitu adanya personel rangkap jabatan, kekurangan kendaraan angkut personel, penarik meriam, alat optik dan alat komunikasi, pembinaan jasmani militer dan latihan bela diri militer belum mancapai nilai baik, adanya personel tinggal diluar akibat kekurangan rumah dinas serta pagar satuan belum ada. Sehingga disimpulkan pembinaan organisasi dengan melakukan kaderisasi jabatan dan pelaksanaan pemeliharaan materiil belum maksimal, latihan program belum baik dan berkesinambungan, pengamanan pangkalan dengan penanaman pohon dan pelaksanaan patroli belum menjamin pengamanan aset dan penataan peranti lunak yang dilaksanakan belum mencapai kemantapan yang standar.

Kata Kunci: Strategi, pembinaan satuan, profesionalisme.

References

Budiman, A. A. (2018). Jurnal Strategi Pertahanan Darat. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembinaan Latihan Prajurit Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha guna mendukung Tugas Pokok, 22.

Buku Petunjuk Pelaksanaan (Bujuklak) tentang Pembinaan Satuan TNI AD. Surat Keputusan Kasad Nomor Skep/542/XII/2006. Tanggal 29 Desember 2006. Jakarta: Mabesad.

Buku Petunjuk Teknis (Bujuknis) tentang Prosedur Penilaian Evaluasi Kemantapan dan Kesiapsiagaan Operasional (EKKO). Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Kep/434/VIII/2014. Tanggal 25 Agustus 2014. Jakarta: Mabesad.

Gray, Colin S. (2002). Defining and Achieving Decisive Victory. Carlisle, Pensylvania: Strategic Studies Institute.

Howard, M. a. (1984). On War. United States: Princeton University Press.

Imawan. (1997). Membedah politik Orde Baru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maister, D. H. (1998). True Profesionalisme. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Maskun, S. (1997). Profesi Aparatur Negara dalam Birokrasi Indonesia. Medan: Makalahdisajikan pada Seminar Nasional Ilmu-Ilmu sosial.

Merril. (1981). Instructional Components and Strategies. Los Angeles: University of Southern California.

Novriadi, L. (2019). Jurnal Strategi dan Kampanye Militer. Strategi Pembinaan Latihan dalam Satuan (LDS) untuk menyiapkan prajurit Yonarhanud 2/2 Kostrad guna mengawaki Alutsista Baru, 15.

Poerwadarminta. (1996). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rangkuti, F. (2013). Analisis SWOT. Teknik membedah kasus. Jakarta: Gramedia.

Saptono, E. (2018). Jurnal Prodi Strategi Pertahanan darat. Peran Pembinaan Satuan di Bidang Latihan dalam Mendukung Kesiapan Operasional Satuan (Studi di Yonzikon 14/SWS), 45.

Sedarmayanti. (2010). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja , cetakan kedua. Bandung: Mandar Maju.

Siagian. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Thoha, M. (2001). Pembinaan Organisasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Undang Undang Republik Indonesia nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Widjaja. (1998). Administrasi Kepegawaian: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Yonarmed 13. (2020). laporan evaluasi kemantapan dan kesiapsiagaan operasional (EKKO) Yonarmed 13/2/1 Kostrad triwulan IV Tahun Anggaran 2020. Cikembang: Yonarmed 13.

Yonarmed 13. (2020). Sejarah Satuan Yonarmed 13/2/1 Kostrad. Cikembang: Yonarmed 13.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Pujiyanto, H., Saputro, G. E., & Mansyah, A. (2021). STRATEGI PEMBINAAN SATUAN YONARMED 13/2/1 KOSTRAD UNTUK MEWUJUDKAN PRAJURIT YANG PROFESIONAL GUNA MENDUKUNG TUGAS POKOK SATUAN. Strategi Pertahanan Darat (JSPD), 7(2). https://doi.org/10.33172/jspd.v7i2.994