Peran Pengawasan di Lingkungan Institusi Pertahanan Dalam Rangka Mendukung Sistem Pertahanan Negara (Studi di Mabes TNI Angkatan Udara Tahun 2018)

Authors

  • Eka Soni Astaryadi Program Studi Strategi Perang Semesta, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan.
  • Tri Legionosuko Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan
  • Haposan Simatupang Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan

DOI:

https://doi.org/10.56555/sps.v4i2.287

Abstract

Abstrak -- Latar belakang dari penelitian ini disebabkan oleh kurangnya SDM yang berkompeten di dalam pengawasan dan pemeriksaan di lingkungan Itjenau. Monitoring, panduan, dan standar pendidikan diperlukan agar auditor Itjenau dapat bekerja dengan baik. Selain itu, perlu ada evaluasi untuk meningkatkan kinerja auditor untuk mewujudkan Itjenau yang mandiri dan profesional. Jadi, untuk dapat mempertahankan sistem pertahanan Keamanan Udara Indonesia yang kuat dengan dasar hukum dan bebas dari korupsi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penelitian ini bertujuan agar suatu kegiatan mempunyai arah tertentu  dengan apa yang diharapkan terkait dengan peran pengawasan di Itjenau dengan Menganalisis standar pengawasan yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Udara dalam rangka mendukung sistem pertahanan negara.   Metode ini dianggap paling cocok untuk menguji kompetensi peran Inspektorat Jenderal Angkatan Udara Nasional untuk mendukung penciptaan sistem pertahanan nasional. Hasil penelitian ini bahwa peran pengawasan di Inspektorat Jenderal Angkatan Udara Indonesia baik. Namun, di lain pihak lembaga pengawas ini adalah untuk lebih meningkatkan kemampuannya, masih ada pelatihan yang diperlukan terkait dengan tingkat formal dan informal, untuk membentuk sumber daya manusia yang profesional di bidangnya. Kemudian, dalam pelaksanaan standar pengawasan di Itjenau sudah sesuai dan sudah dalam kategori standar pengawasan sumber daya manusia.

Kata kunci: Peran, Pengawasan, Auditor, Itjenau

 

Abstract -- This study is caused by a lack of competent human resources in supervision and inspection in Inspektorat Jenderal AU (Itjenau). A standard monitors, guidance and education is needed for Itjenau auditor to be able to perform well. In addition, there are needs to be an evaluation to improve the performance of auditors to realize Itjenau which is independent and professional. So, as to be able to maintain a strong Indonesian Air Security defense system with a law based and free of corruption. This method is considered the most suitable for testing the competencies of the role Indonesian National Air Force Inspectorate General in order to support the creation of a national defense system. The result of this research that role of supervision in the Indonesian Air Force Inspectorate General was good. However, on the other hand this supervisory institution is to further improve its capabilities, there are still required trainings related to formal and informal levels, in order to form professional human resources in their fields. Then, in the implementation of the supervision standards in Itjenau it is appropriate and already in the category of supervision standards for human resources.

Keywords: The Role, Supervision, Auditors, Itjenau

Author Biographies

Eka Soni Astaryadi, Program Studi Strategi Perang Semesta, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan.

Program Studi Strategi Perang Semesta, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan.

Tri Legionosuko, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan

Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan

Haposan Simatupang, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan

Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan.

References

Daftar Pustaka

Arens, Alvin A, Rendal J. Elder dan Mrk S. Beasley. 2012. Jasa Audit dan Assurance: Pendekatan Terpadu (Adaptasi Indonesia), Buku 1, Alih Bahasa: Amir Abadi Jusup, Jakarta: Salemba Empat

Hakim, Chappy. 2016. Menjaga Ibu pertiwi & Bapak Angkasa, Membangun Pertahanan Keamanan Negara. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Koiman. 2012. Governance and Quality Guidelines in Higher Education, IMHE, Paris Cedex

Miles and Huberman, 2014, Qualitative Data Analysis, SAGE, California,

Mulyadi. 2013. Auditing Buku 1 Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat

Siswadi, Edi, 2012, Birokrasi Masa depan, Mutiara Press, Bandung

Sedarmayanti, 2012. Good Governance Kepemerintahan Yang baik Bagian Pertama edisi revisi, Mandar Maju, Bandung

Sunarsip. 2001. Pengaruh Good Governance dan Independensi Auditor Terhadap Kinerja Auditor Dan Komitmen Organisasi. Jakarta

Supriatna Agus. 2017. Air Defense: Antara kebutuhan dan tuntutan. Bogor: Universitas Pertahanan Indonesia.

Sutedi, Adrian, 2012, Good Corporate Governance. Jakarta: Sinar Grafika.

Tunggal, Amin Widjaja, (2013), Pokok-pokok Auditing dan Jasa Asuransi, Harvind, Jakarta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2004 Tentang Perbendaharaan Negara

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2004 Tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara

Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 Tentang TNI dan UU Nomor 25 tahun 2014 Tentang Hukum Disiplin Militer, penerbit Pustaka Mahardika, Yogyakarta, cetakan 2015

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2008 Tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

BPKP. 2010. Peraturan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan pembangunan Nomor: PER-211/K/JF/2010 Tentang Standar Kompetensi Auditor. Jakarta.

Doktrin TNI Tridarma Ekakarma (Tridek), PERPANG TNI/45/VI/2010, Hal 10

Downloads

Published

2018-08-07