STRATEGI SISTEM DISTRIBUSI PADA PENGIRIMAN LOGISTIK BEKAL KELAS V TNI ANGKATAN LAUT KE WILAYAH KERJA KOMANDO ARMADA I

Authors

  • Hery Sudaryanto Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • Suhirwan Suhirwan Universitas Pertahanan Republik Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56555/sps.v6i2.840

Abstract

Amunisi merupakan salah satu bagian dari bekal kelas V sistem persenjataan TNI Angkatan Laut, sehingga perlu dipersiapkan seoptimal mungkin guna pencapaian tingkat kecepatan yang tepat waktu dalam penyediaan bekal  kelas V dan efektifitas operasional. Kendala yang  dihadapi  dalam  pengelolaan bekal  kelas V antara lain adalah pelaksanaan penyediaan dan dukungan bekal  kelas V kepada unsur atau satuan-satuan pemakai TNI Angkatan laut, dihadapkan pada  menyebarnya dislokasi satuan-satuan pemakai TNI Angkatan Laut di  seluruh wilayah Indonesia, khususnya di wilayah kerja Koarmada I. Desain penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data berbentuk informasi dari narasumber yang didapat dari wawancara atau telaahan dokumen dengan pertimbangan bahwa metode ini dapat menjelaskan fenomena dengan lebih mendalam. Analisis data penelitian menunjukkan bahwa keterlambatan pendistribusian logistik Bekal  Kelas V untuk pemenuhan bekal  ulang bekal  kelas V di wilayah kerja Koarmada I, diakibatkan tidak adanya kapal/KRI dan terlalu jauhnya jarak gudang pusat Arsenal batuporon Madura di Surabaya dengan gudang satuan pemakai yang ada di wilayah kerja Koarmada I. Untuk mengatasi kendala tersebut perlu dilaksanakan strategi dan upaya-upaya untuk memenangkan atau kejayaan sebuah perang (winning atau victory of war), yaitu terdiri dari tujuan (ends), sarana atau sumber daya (means), dan cara untuk mencapainya (ways).

References

Bungin, M. Burhan. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

B, Matthew Miles dan A. Michael Huberman. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Creswell, John W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djoko, Adi Guritno dan Meirani Harsasi. (2016). Supply Chain Management. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Hakim, Chappy. (2011). Pertahanan Indonesia, Angkatan Perang Negara Kepulauan. Jakarta: Red & White Publishing.

Martono, Ricky. (2015). Manajemen Logistik terintegrasi. Jakarta: Penerbit PPM Manajemen.

Nasution, M.N. (2015). Manajemen Transortasi. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Nyoman, I Pujawan dan Mahendrawathi ER. (2016). Manajemen Rantai Pasok. Surabaya: Guna Widya.

Salim. (2016). Ketahanan Pangan Dari Laut: Sea Power Perspective, My Fish My Life. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia.

Suryohadiprojo, Sayidiman. (2008). Pengantar Ilmu Perang. Jakarta: Pustaka Intermasa.

Suryohadiprojo, Sayidiman. (2010). Si Vis Pacem Para Bellum. Jakarta: Pustaka Intermasa.

Supriyatno, Makmur (2017). Tentang Perang, terjemahan “On War” Carl Von Clauswitz. Jakarta: CV. Makmur Cahaya Ilmu.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian, Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta

Tippe, Syarifudin (2017). Ilmu Pertahanan: sejarah, Konsep, Teori, dan Implementasi. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Virona, Ricky Martono. (2018). Manajemen Rantai Pasok. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Virona, Ricky Martono. (2018). Manajemen Logistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Zaroni. (2017). Logistics & Supply Chain. Jakarta Selatan: Prasetiya Mulya Publishing. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas.

Hartanto, Y. A. (2016). “Manajemen Logistik Dalam Meningkatkan Kesiapan Tempur Alutsista TNI Angkatan Laut”. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 6(1)

Nuary, F. (2013). “Analisis Distribusi Outbound Logistik BBM Pertamina ke

SPBU Bontang (dari persepsi pihak SPBU kota Bontang)”. Jurnal

Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(2).

Ferdinal, Ocktave. (2014). “Peran Intelijen Logistik TNI Dalam Perencanaan Logistik Operasi Militer Untuk Perang” Tesis Universitas Pertahanan Indonesia”.

Ruzikna, R., & Fatimah, S. (2014). “Analisis Pelaksanaan Strategi Distribusi Pupuk (Studi Evaluasi Penjualan Pupuk Urea Bersubsidi PT. Pupuk Iskandar Muda Perwakilan Riau dan Kepri, Kasus Wilayah Kampar)”. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 1(1).

Setyawan, Yudi. (2017). “Analisis Sistem Pergudangan Dan Sistem Distribusi Di Bekmatpus Dalam Rangka Mendukung Kesiapan Logistik TNI Angkatan Udara” Tesis Universitas Pertahanan Indonesia.

Siboro, B., Jushermi, J., & Noviasari, H. (2014). “Analisis Strategi Saluran Distribusi Minyak Pelumas Enduro pada PT. Arjuna Lumas Dwiguna Pekanbaru”. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 1(2).

Sodikin, Imam. (2014). “Penentuan Rute Distribusi Produk Yang Optimal Dengan Memperhatikan Faktor Kecepatan Kendaraan Guna Meningkatkan Efisiensi Penggunaan BBM”.Jurnal Manajemen Transportasi & logistik. Volume 01 Nomor 01, Maret 2014.

Downloads

Published

2022-01-20