PERANCANGAN APLIKASI SISTEM OLAH YUDHA GUNA MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN SEKOLAH KOMANDO KESATUAN ANGKATAN UDARA (SEKKAU)

Authors

  • Dedy Permana Universitas Pertahanan
  • Supriabu Supriabu Universitas Pertahanan
  • H.M. Kemalsyah Universitas Pertahanan

DOI:

https://doi.org/10.33172/jspu.v6i2.1010

Abstract

Abstrak – Latihan Olah Yudha Sekkau merupakan materi praktek dalam proses pembelajaran Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (Sekkau). Latihan Olah Yudha tersebut menggunakan sistem tactical floor game (TFG) untuk menganalisa cara bertindak dan pengujian konsep rencana operasi secara manual sehingga hasilnya tidak optimal, serta sistem Aplikasi Telegram untuk pendistribusian Rencana Informasi Latihan dari pengawas dan pengendali yang diperankan oleh Lembaga Sekkau ke para pelaku yang diperankan oleh para perwira siswa Sekkau. Tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi sistem Olah Yudha Sekkau, menganalisanya dan membuat rancangan aplikasi sistem Olah Yudha Sekkau yang dapat mendukung proses pembelajaran Sekkau. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem TFG belum dapat mendukung kegiatan Latihan Olah Yudha Sekkau dengan optimal namun untuk sistem Aplikasi Telegram sudah dapat optimal mendukung Latihan Olah Yudha Sekkau. Hal ini berarti bahwa perlu adanya rancangan aplikasi sistem Olah Yudha yang dapat mendukung proses pembelajaran Sekkau. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti telah membuat rancangan aplikasi sistem Olah Yudha Sekkau yang disampaikan secara naratif. Rancangan ini meliputi data development dan scenario processing yang ditampilkan pada sebuah display, kemudian hasil dari pemrosesan skenario dapat dianalisa dengan analysis tools dan semua bagian tersebut dihubungkan atau dikendalikan menggunakan user interface. Kesimpulan bahwa sistem TFG tidak dapat mendukung Latihan Olah Yudha Sekkau sehingga diperlukan sistem Olah Yudha yang baru sesuai dengan rancangan yang telah disampaikan oleh peneliti guna mendukung proses pembelajaran Sekkau.

Kata Kunci: perancangan, aplikasi, sistem, olah yudha, dan proses pembelajaraan.

References

Nasifah, Syifatun. (2003). Komputer Grafik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Febrian, Jack. (2007). Kamus Komputer dan Teknologi Informasi. Bandung: BI-OBSES.

Sutarman. (2009). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendrayudi. (2009). Berbagai Keperluan Pemrograman. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Jogiyanto. (2005). Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: CV Alfabeta.

Supriyatno, Makmur. (2014). Tentang Ilmu Pertahanan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mabes TNI. (2013). Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/266/IV/2013 tanggal 5 April 2013 tentang Bujuklak Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) pada Perencanaan Operasi Gabungan dan Kampanye Militer. Jakarta: Mabes TNI.

Mabes TNI. (2014). Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/439/VI/2014 Tanggal 30 Juni 2014 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Tactical Floor Game. Jakarta: Mabes TNI.

Mabes TNI. (2019). Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/545/V/2019 tanggal 22 Mei 2019 tentang Doktrin TNI AU Swa Bhuana Paksa. Jakarta: Mabes TNI.

Mabesau. (2020). Keputusan Kasau nomor Kep/71/IV/2020 tanggal 16 April 2020 tentang Kurikulum Pendidikan Sekkau. Jakarta: Mabesau.

Downloads

Published

2020-12-30