PENGARUH KOMPETENSI DARI PENGGUNAAN AIR COMBAT MANEUVERING INSTRUMENTATION DAN LATIHAN SIMULATOR TERHADAP KEMAMPUAN PENERBANG TEMPUR DI WING 3 PANGKALAN TNI AU ISWAHJUDI

Authors

  • Petrus P.S Universitas Pertahanan RI
  • Pujo Widodo Universitas Pertahanan RI
  • Wibisono Poespitohadi Universitas Pertahanan RI

DOI:

https://doi.org/10.33172/jspu.v7i1.1011

Abstract

Abstrak- Kemampuan penerbang tempur TNI AU sebagai ujung tombak penjaga kedaulatan wilayah udara NKRI tidak lepas dari faktor kesiapan satuan tempur yang dimiliki TNI, Target kemampuan penerbang tempur TNI AU hasil dari kegiatan latihan yang dapat dilaksanakan berdasarkan kesiapan satuan belum optimal. Kondisi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain kesiapan fasilitas Air Combat Maneuvering Instrumentation (ACMI) dan simulator yang dipunyai TNI AU. Kurangnya kekuatan dan kemampuan fasilitas ACMI serta kurang meratanya kesempatan mendapatkan latihan simulator mempengaruhi kompetensi maupun kualitas kemampuan penerbang tempur TNI AU. Penelitian ini diharapkan mampu mendukung peningkatan kemampuan penerbang tempur TNI AU yang optimal, sehingga peneliti bermaksud untuk menguji dan menganalisis pengaruh kompetensi dari penggunaan ACMI serta latihan simulator terhadap kemampuan penerbang tempur TNI AU. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisa regresi linear berganda. Data dikumpulkan dari 30 penerbang tempur Lanud Iswahjudi sebagai sampelnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi dari penggunaan ACMI berpengaruh langsung positif terhadap kemampuan penerbang tempur TNI AU. (2) Latihan simulator berpengaruh langsung positif terhadap kemampuan penerbang tempur TNI AU. (3) Kompetensi dari penggunaan ACMI dan latihan simulator secara bersama sama berpengaruh langsung positif terhadap kemampuan penerbang tempur TNI AU. Kesimpulan yang dapat diambil adalah kompetensi dari penggunaan ACMI dan latihan simulator berpengaruh langsung positif terhadap kemampuan penerbang tempur TNI AU, sehingga kompetensi dari penggunaan ACMI dan latihan simulator perlu untuk ditingkatkan.

Kata Kunci: Air Combat Maneuvering Instrumentation (ACMI), Latihan Simulator Dan Kemampuan Penerbang Tempur, Wing 3Pangkalan Tni Au Iswahjudi, Kesiapan Satuan Tempur TNI, Kedaulatan Wilayah Udara NKRI.

References

Buku

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Carton, Robert B. dan Charles W. Hofer. 2006. Measuring Organizational Performance. USA: Edward Elgar Publishing Limited.

Hall, Jay. 2006. The Competence Connection: A Blue Print for Exellent. Texas, USA: Woodstead Press.

Komando Pemeliharaan Material TNI AU,2003. tentang Terminologi Logistik, edisi ketiga, Desember.

Peraturan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor Perkasau/111/XII/2009 tentang Pokok-pokok Organisasi dan Prosedur (POP) Koopsau 2 beserta satuan di bawah jajarannya.

SMART Institute, 2011, Vademicum Operasi, Pendidikan dan Latihan, Cetakan ke-5, Jakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widodo, Eko. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-Undang

UUD 1945.

Jurnal

Chrisna Ayu Dwiharpini, Diachirta, Michael F.J. Saputra, Muhammad Daffa Aly, 2017, Transformasi Dalam Performa Pesawat Terbang Di Generasi Berbeda, Program Studi Teknik Mesin, BINA TEKNIKA, Volume 13 Nomor 1, Edisi Juni 2017, 131-138. ejournal.upnvj.ac.id, BinaTeknika, 4 Agustus 2019.

Harsa K Awang, Addy Suyatno, Juwita Rahayu, 2011, Simulasi Pendaratan Pesawat Terbang Jenis Cassa 212 Menggunakan Logika Fuzzy, Jurnal EKSPONENSIAL Volume2, Nomor1, Mei 2011.

Downloads

Published

2021-06-29