PERAN KORPS KEPOLISIAN PERAIRAN DAN UDARA (KORPOLAIRUD) DALAM MENJAGA KEAMANAN DI WILAYAH SELAT SUNDA

Authors

  • Sukoco Sukoco Universitas Pertahanan RI

DOI:

https://doi.org/10.33172/jspu.v8i2.1542

Abstract

Selat Sunda merupakan jalur pelayaran yang merupakan bagian dari Alur Laut Kepulauan Indonesia I (ALKI) yang dilalui oleh kapal barang, kapal tanker, kapal tunda, kapal penangkap ikan serta kapal dan kapal militer. Untuk mencegah dan menindak kejahatan atau tindak pidana yang terjadi di wilayah perairan tersebut, maka peran dan keberadaan kapal polisi dan pesawat polisi sangat diperlukan. Oleh karena itu, Korpolairud yang bertugas mengamankan perairan laut dan udara juga merupakan bagian penting dari kepolisian dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat atau disingkat kamtibmas yang berkaitan atau berkaitan dengan perairan laut dan udara. Kemudian penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif didukung dengan studi literatur sebagai metode dalam penelusuran data dan fakta, dimana berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Strategi Ditpolairud dalam meningkatkan perannya dalam mengamankan Selat Sunda Daerah melalui pemanfaatan teknologi untuk lebih memudahkan pelaksanaan patroli udara Polri. Strategi ini diimplementasikan melalui penggunaan kamera pengawas pada pesawat yang sudah dilengkapi dengan sensor termal. Kendala yang dihadapi adalah terbatasnya pesawat berteknologi tinggi untuk pelaksanaan patroli udara polisi dalam rangka pengamanan kawasan Selat Sunda.

References

Buzan, B. (2007). What is national security in the age of globalisation? London: School of Economict and Politik Science.

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

Danial. (2020). Keamanan dan Pertahanan di Selat Sunda, studi alur laut kepulauan Indonesia. Idea Hukum. Vol. 6. No.1.

Danial. (2020). Keamanan dan pertahanan di Selat Sunda, Studi Alur laut Kepulauan. Idea Hukum. Vol.6.No.1.

David, F. R. (2013). Strategic management Concepts (14th edition). London: Pearson Education Limited essex.

Douhet Guilio. (1999). Military Times Classic, the command of the air. UK: Millitarytimes. co. uk.

Elvis. (2020). Implementasi Pengamanan Selat Sunda dalam rangka pengendalian Alur Laut Kepulauan Indonesia . Strategi Pertahanan Laut. Vol.6. No.1.

Elvis, M. F. (2020). Implementasi pengamanan selat sunda dalam rangka pengendalian alur laut kepulauan Indonesia. Strategi Pertahanan Laut. Vol. 6. No.1.

Evi Rinawati, M. (2018). Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (KAMTIBMAS) di Kelurahan Pangkalan Kerinci Barat. JOM FISIP, Vol.5, Edisi II, juli - Desember , 2.

I Nengah Putra A., A. H. (2016). Analisa peluang dan ancaman keamanan maritime Indonesia sebagai dampak perkembangan lingkungan Strategis. ASRO - STTAL, Vol.6, Juli - Desember.

Kapolri. (2017). Peraturan Kapolri No.6 Tahun 2017. Jakarta: Mabes Polri.

Kardi, K. (2013). Strategi Pertahanan Udara : karakterisstik air power dan strategi pertahanan Udara. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2023-04-01