PENGARUH PROFESIONALISME PRAJURIT DAN FASILITAS PEMELIHARAAN TERHADAP KESIAPAN OPERASIONAL RUDAL PESAWAT TEMPUR DI SATUAN PEMELIHARAAN 65 DEPO PEMELIHARAAN 60

Authors

  • Suherman Suherman Universitas Pertahanan Indonesia
  • M. Kemalsyah Universitas Pertahanan Indonesia
  • Deni Dadang A.R Universitas Pertahanan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33172/jspu.v6i1.507

Abstract

Satuan Pemeliharaan 65 merupakan salah satu satuan pelaksana Depo Pemeliharaan 60 yang mempunyai tugas melaksanakan pemeliharaan rudal pesawat tempur terdiri dari rudal udara ke udara, udara ke darat dan rudal dari darat ke udara.   Rudal merupakan salah satu alutsista yang harus dipertahankan kesiapannya.   Upaya untuk mempertahankan rudal yaitu dengan malaksanakan pemeliharaan secara terencana dan berkesinambungan dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya.  Pemeliharaan merupakan salah satu fungsi utama logistik TNI AU yang berperan mendukung kesiapan unsur-unsur kekuatan TNI AU serta berpengaruh langsung terhadap kesiapan Alutsista dalam mendukung tugas TNI AU sebagai penegak kedaulatan negara di udara.  Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh profesionalisme prajurit dan fasilitas pemeliharaan secara parsial dan simultan terhadap kesiapan operasional rudal pesawat tempur di Sathar 65 Depohar 60 Madiun.   Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling karena populasi memiliki anggota homogen.   Teknik analisis data dengan regresi linier berganda.   Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) profesionalisme prajurit berpengaruh langsung dan positip sebesar 22,3 % terhadap kesiapan operasional rudal pesawat tempur, hal ini berarti bahwa profesionalisme prajurit merupakan variabel penting dalam upaya meningkatkan kesiapan operasional rudal, (2) fasilitas pemeliharaan berpengaruh langsung dan positip sebesar 80,4 % terhadap kesiapan operasional rudal pesawat tempur, hal ini berarti bahwa fasilitas pemeliharaan merupakan variabel penting dalam upaya meningkatkan kesiapan operasional rudal pesawat tempur, (3) profesionalisme prajurit dan fasilitas pemeliharaan secara simultan berpengaruh positip terhadap kesiapan operasional rudal pesawat tempur di Sathar 65 Deophar 60.   Kesimpulan bahwa profesionalisme prajurit dan fasilitas pemeliharaan berpengaruh secara parsial maupun secara simultan terhadap kesiapan rudal pesawat tempur di Sathar 65 Depohar 60 Madiun.

Kata Kunci: Profesionalisme Prajurit, Fasilitas Pemeliharaan, Rudal Pesawat Tempur

References

Buku

Sedarmayanti. (2018). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kompetensi Kinerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: PT. Refika Aditama.

Badriyah, Mila. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif . Bandung: Alfabeta.

Kementerian Pertahanan. (2015). Buku Putih Pertahanan Negara. Jakarta: Kemenhan RI.

Mako Koharmatau. (2003). Terminologi Logistik Koharmatau Edisi Ketiga. Bandung:Mako Koharmatau.

Jurnal

Elly Sebastian. (2015). Peningkatan Peranan SDM Pertahanan Nasional Guna Menghadapi Perang Generasi Keempat. Jurnal Pertahanan, Volume 5, Nomor 1, 109.

Syamsul Ma’arif. (2014). Prajurit Profesional Patriot: Menuju TNI Profesional pada Era Reformas. Jurnal Sosiologi Masyarakat, Volume 19, Nomor 2, 271.

Imandaru Priambudi, Hadi Purnama, Arie Prasetio. (2015). Konsep Diri Atas Profesionalisme Anggota Tentara Nasional Indonesia. Jurnal Telekomunikasi, Volume 2, Nomor 2, 2188 - 2196.

Undang-Undang

Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.

Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Peraturan

Peraturan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor 86 Tahun 2010 tentang Buku Petunjuk Induk TNI AU tentang Logistik.

Peraturan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor 118 Tahun 2011 tentang Terminologi Logistik.

Peraturan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor 118 Tahun 2011 tentang Terminologi Operasi.

Peraturan Kepala Staf Angkatan Udara Nomor 123 Tahun 2010 tentang Pokok-pokok Organisasi dan prosedur Jajaran Koharmatau.

Peraturan Teknik Udara Nomor 132 Tahun 2014 tentang Buku Pedoman Perencanaan Pemeliharaan Alat Utama Sistem Pemeliharaan.

Laporan

Laporan Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran Depo Pemeliharaan 60 TA 2018.

Sumber Elektronik

Pengertian Fasilitas, Retrivied From https://www.pengertianmenurutparaahli.net/pengertian-fasilitas, diakses 19 Agustus 2019.

Downloads

Published

2020-05-03