PENINGKATAN KEMAMPUAN PASUKAN KHAS TENTARA NASIONAL INDONESIA ANGKATAN UDARA DALAM PENANGGULANGAN BENCANA ALAM (STUDI DI DETASEMEN MATRA 1 PASUKAN KHAS HALIM PERDANA KUSUMA)

Authors

  • Radik Yuda Kanigara Universitas Pertahanan Indonesia
  • Bastari Bastari Universitas Pertahanan Indonesia
  • Helda Risman Universitas Pertahanan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33172/jspu.v6i1.511

Abstract

Denmatra Paskhas 1 adalah sebuah satuan di bawah Wing 1 Korpaskhasau yang memiliki kemampuan parakomando dengan beberapa kemampuan khusus seperti pengendalian tempur, pengendalian pangkalan, SAR tempur dan jumping master. Sebagai bagian integral dari TNI dan di bawah TNI AU, Denmatra 1 Paskhasau memiliki tugas OMSP yang di dalamnya adalah misi SAR. Namun terdapat perbedaan dalam hal pengerahan Tim SAR Tempur dan SAR pada umumnya, dimana perbedaan antara kemampuan dasar Search And Rescue Denmatra Paskhas yang dikondisikan sebagai Combat SAR dapat digunakan dalam operasi Search And Rescue dalam penanggulangan Bencana yang kemudian menjadi langkah dalam mengisi gap perbedaan oleh karena itu, agar didapatkan efektifitas pengerahan SAR Tempur Denmatra 1 Korpaskhasau di dalam sebuah operasi SAR bencana atau operasi lainnya, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis peningkatan kemampuan Detasemen Matra 1 Paskhas dalam menanggulangi bencana alam. Guna mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif melalui teknik wawancara mendalam di berbagai instansi terkait dengan teknik purposive sampling, melakukan observasi pasif dan penelaahan dokumen. Hasil penelitian ditemukan bahwa peningkatan kemampuan Detasemen Matra 1 Paskhas dalam menanggulangi bencana alam yaitu melakukan pembinaan latihan para personil baik secara mandiri maupun bersinergi dengan satuan/instansi lain pada berbagai medan dan cara agar personil dapat menguasai segala medan; melakukan persiapan dan pengecekan terhadap alat-alat dan dukungan-dukungan alutsista untuk menunjang operasi SAR; melakukan sharing ilmu dengan lembaga-lembaga SAR dan lembaga kemanusiaan lainnya serta selalu up-date terhadap informasi dan perkembangan situasi terkini.

Kata kunci : SAR, Denmatra 1 Korpaskhasau, TNI AU, Manajemen Bencana, OMSP

References

Buku

Mangunhardjana. 1986. Pembinaan, Arti dan Metodenya. Yogyakarta: Kanimus

RM, Kanter. 1989. Beyond the Cowboy and the Corpocrat: A Call to Action, dari When Giants Learn to Dance, dalam Psychological Dimensions of Organizational Behavior, Staw, Barry M as Editor. New York: Macmillan.

Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A.. 2009. Organizational Behavior. Three Edition. USA: Pearson International Edition, Prentice – Hall.

Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras

Wormly, Michael, A. 2003. Combat Search and Rescue: Searching The History; Rescuing The Doctrine. Alabama: Air University.

Jurnal

Glenn, Voelz, 2014, “Is Military Science Scientific?”, JFQ75. No. 4.

U.S Join Staff. 1998. “Joint Tactics, Techinques, and Procedures for Combat Search and Rescue”. Join Publication

Perundang-Undangan

Kep KASAU Nomor Kep/57/1/IX/12 Tentang Doktrin TNI AU Swa Bhuwana Paksa

Peraturan Kepala BNPB No 10 tahun 2008

Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2008

Perkasau Nomor 15 Tahun 2013

Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana

Website

MetroNews.com, 2018, 123 Paskhas TNI AU Diterjunkan ke Palu, Diakses di http://video.metrotvnews.com/breaking-news/4KZ4yy0b-123-paskhas-tni-au-diterjunkan-ke-palu (diakses pada 24 Agustus 2019)

NATO, 2018, Nato’s Joint Air Power Strategy, diakses di: https://www.nato.int/nato_static_fl2014/assets/pdf/pdf_2018_06/20180626_20180626-joint-air-power-strategy.pdf (diakses pada 24 Agustus 2019)

Tirto.id. 2018. 100 Prajurit Paskhas Diterjunkan untuk Bantu Korban Gempa Lombok. Diakses di: https://tirto.id/100-prajurit-paskhas-diterjunkan-untuk-bantu-korban-gempa-lombok-cQzF (diakses pada 24 Agustus 2019)

Downloads

Published

2020-05-03