ANALISIS PERANCANGAN LAMBUNG (HULL) KAPAL PERANG FRIGATE 4000 TON

Authors

  • Hanung Bayu Setiawan Universitas Pertahanan
  • Suyono Thamrin Universitas Pertahanan

Abstract

Abstrak-Perancangan lambung kapal dan analisis kapal perang frigate 4000 ton dilakukan dengan melakukan benchmarking terhadap data lambung kapal yang tersedia dan telah dikembangkan, penelitian ini difokuskan pada penentuan parameter geometri lambung yang menekankan pada karakteristik hidrostatik, stabilitas dan seakeeping frigate itu sendiri. Analisis perhitungan dalam penelitian ini menggunakan asumsi empat kondisi muatan dengan tiga variasi kecepatan kapal yang berbeda, Hasil analisis Stabilitas nilai GZ terbesar pada kondisi 4 = 6,825 m. periode keolengan tercepat terjadi pada kondisi 4 dengan nilai T = 5,822 detik. Hasil analisis olah gerak (Seakeeping) Nilai Heaving nilai terkecil terjadi dengan nilai motion = 0,153 m2, velocity 0,015 m2/s2, acceleration 0,011 m2/s4. Nilai Rolling terkecil terjadi dengan nilai motion = 0 deg², velocity 0 (rad/s)², acceleration 0 (rad/s/s)². Nilai Pitching terkecil terjadi dengan nilai motion = 0,200 deg², velocity 0 (rad/s)², acceleration 2x10-5 (rad/s/s)². Kapal ini memiliki karakteristik yang sesuai dengan kondisi laut diindonesia dengan nilai stabilitas sesuai dengan peraturan IMO Section A.749.

References

Daftar Pustaka

Jurnal

Asana, R., Suwartiningsih, S. and Nugroho, A.B.H., 2017. “Kebijakan Pertahanan Indonesia Terhadap Pulau-Pulau Kecil Terluar Pada Masa Pemerintahan Jokowi”. Cakrawala,6(1), pp.35-58.

Bahri, M. 2016. “Kebijakan Freedom Of Navigation Amerika Serikat Di Laut China Selatan”.Jurnal Skripsi. FISIP.UNHAS MAKASAR.

Samuel; Windyandari, Aulia. 2013, “Perancangan Kapal Perang Multipurpose Tipe Katamaran Untuk Kondisi Perairan Ambalat.”. ISSN 2301-9069.

Soegiono,1994,”Perkembangan Teknologi Perkapalan Di Indonesia”, dikutip pada Pidato di departemen Naval Architecture and Ship Building Engineering, ITS 623.83 Soe

Downloads

Published

2019-12-22