PERANCANGAN SISTEM KENDALI GUN TURRET PADA MEDIUM TANK

Authors

  • Putri Herdiyana Wulanuari Universitas Pertahanan

Abstract

Perkembangan lingkungan strategis Indonesia yang dinamis ini akan mempengaruhi berbagai sistem penyelenggaraan pertahanan negara. Salah satu bidang pertahanan yang dapat mengoptimalkan pertahanan Indonesia adalah Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista). Bentuk pengembangan modernisasi dari kecanggihan pada kendaraan tank yang sedang dikembangkan adalah Gun Turret. Masalah sistem kendali pada kendaraan tempur khususnya Gun Turret merupakan salah satu bentuk kritis teknologi terhadap perkembangan startegis yang semakin berubah di Indonesia. Pemodelan dan analisis sistem kendali dari Gun Turret merupakan komponen vital dalam merancang sistem kendali gerak dari Gun Turret terhadap sasaran (Locking target), agar Gun Turret tetap pada orientasi sudut yang diinginkan tanpa terpengaruh oleh medan pertempuran. Peneliti lebih fokus dalam sudut elevasinya, sedangkan sudut azimuth dapat dikembangan pada penelitian selanjutnya dengan menggunakan prinsip yang sama digunakan pada saat menentukan sudut elevasi atau sedang dikembangkan pada tesis ini. Teknik sistem kontrol yang digunakan untuk menentukan sudut elevasi pada Gun Turret yaitu menggunakan Linier Quadratic Regulator (LQR). Tujuan penelitian ini adalah memodelkan dan menganalisis matematis sistem dinamika gerak dari Gun Turret. Mendesain sistem kontrol Locking target pada Gun Turret Medium Tank ketika tank bergerak pada bidang datar. Menerapkan Linier Quadratic, Regulator (LQR) sebagai sistem kontrol dalam menentukan sudut elevasi Gun Turret. Metode penelitian ini adalah metode komputasi berbasis simulasi yaitu dengan memodelkan secara matematika dinamika gerak Gun Turret, perancangan kontrol untuk locking target, pengujian simulasi, dan analisa. Kesimpulan penelitian ini adalah diperoleh pemodelan dan analisis matematis sistem dinamika gerak Gun Turret MediumTank FNSS-Pindad yaituM[??] + C[??] + K[?] = [Id][u]. Kedua, sistem dinamik gerak dari Gun Turret yang telah menggunakan sistem kontrol Liniear Quadratic Regulator (LQR) menunjukan sistem stabil asimtotik dan konvergen untuk menuju titik setimbangnya. Ketiga, metode sistem kontrol optimal menggunakan LQR dapat mempercepat kestabilan suatu sistem gerak dinamik dan meminimalisasi gangguan yang terjadi pada suatu sistem.

References

Daftar Pustaka

Astrom, Karl Johan & Murray, Ricard M,. 2008. Feedback System: An Introduction for Scientists and Engineers. ISBN-13: 978-0-691-13576-2. New Jersey: Princeton University Press.

Fernaza. Olivia. 2016. Studi Metoda Kendali Linear Quadratic Regulator (LQR) dan Aplikasinya pada Sistem Automatic Voltage Regulator (AVR). Terdapat pada http://repo.unand.ac.id/3127/. Diakses pada tanggal 17 Juni 2019.

Gomes Marcio D.S & Ferreira Armando Morado. 2005. Gun-Turret Modelling and Control. ABCM Sysmposium Series In Mechatronics- Vol.2-pp.60-67. Tersedia di http://abcm.org.br/symposium-series/SSM_Vol2/Section_I_Advanced_Control_Systems/SSM2_I_08.pdf. Diakses pada tanggal 17 Juli 2018Ru.

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Mentri Pertahanan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2014 tentang Pembinaan MAteriil Peetahanan Negara di Lingkungan Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia. Tersedia di https://www.kemhan.go.id/kuathan/wp-content/uploads/2017/02/Peraturan-Menteri-Pertahanan-Nomor-12-Tahun-2014-tentang-Pokok-Pokok-Pembinaan-Materiil-Pertahanan-Negara-di-lingkungan-Kementerian-Pertahanan-dan-Tentara-Nasional-Indonesia.pdf. Diakses pada tanggal 23 Juli 2018.

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. 2015. Postur Pertahanan Negara. ISBN 978-979-8878-03-9. Jakarta: Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. 2015. Buku Putih Pertahanan Indonesia. ISBN 978-979-8878-04-6. Jakarta: Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. 2015. Doktrin Pertahanan Negara. Jakarta: Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Yuliyanto. Toni et al. 2012. Aplikasi Metode LQR Pada Kendali Attitude Rotor Spacecraft Yang Berada di Sumbu Tetap. Terdapat di http://digilib.its.ac.id/public/ITS-paper-26608-1208100070-Paper.pdf. Diakses pada tanggal 1 Mei 2019.

Downloads

Published

2019-12-22