PENGARUH PERBEDAAN SUHU PADA HASIL SINTESIS SILIKON KARBIDA POLITIPE 6H-SiC DENGAN ANALISIS XRD (X-RAY DIFFRACTION) MENGGUNAKAN MATCH 3

Authors

  • Selly Pratiwi The Republic of Indonesia of Defense University
  • Musfirah Cahya The Republic of Indonesia of Defense University

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang di Dunia, dengan pertumbuhan jumlah penduduk yang terus mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut menimbulkan berbagai dampak terhadap aspek kehidupan manusia. Salah satu aspek yang cukup terpengaruh dengan adanya peningkatan jumlah penduduk adalah penggunaan energi untuk menunjang kebutuhan hidup. Semakin banyaknya permintaan mengenai bahan bakar minyak sebagai energi yang paling banyak digunakan menyebabkan terjadinya kelangkaan minyak bumi. Kondisi tersebut akan terus menjadi ancaman bagi Negara baik dari dalam Negeri maupun dari luar Negeri. Salah satu alternative untuk mencegah terjadinya kelangkaan minyak bumi adalah dengan mengubah gaya hidup untuk menggunakan bahan bakar gas. Karbon dengan pori yang ditandai dengan spesifik surface area (SSA) yang sangat tinggi dapat menyimpan sejumlah besar cairan atau gas, menjadikan karbon sebagai salah satu material yang dengan intensif diteliti sebagai material penyimpanan bahan bakar gas. Secara eksperimen, kerbon dengan pori yang sangat tinggi dapat dihasilkan melalui thermo chemical etching yang selektif dari silikon yang berasal dari silikon karbida. Dengan menganalisis hasil  karakterisasi X-Ray Diffraction material hasil sintesis silikon karbida menggunakan ultrasonik 10 jam dengan variasi suhu menggunakan perangkat lunak Match 3, akan diketahui pengaruh perubahan suhu pada variasi suhu 900oC , 1000oC dan 1200oC  terhadap pori karbon yang terbentuk dari hasil sintesis Silikon Karbida Politipe 6H-SiC menggunakan HCl dan ultrasonic 10 jam terhadap parameter-parameter pembentukan struktur Kristal yang meliputi sistem Kristal, Paramater Kisi, Grup Ruang dan Bidang-Bidang Kristal yang terbentuk. Diketahui bahwa, karbon terbentuk pada suhu 1000oC sebanyak 56,3% dimana karbon yang terbentuk mineral Diamon dengan grup ruang C m m a dengan sistem kristal orthorhombic, serta memiliki parameter sel a = 4,9640 Å, b = 5,1630 Å, c = 4,3870 Å.

References

Buku

Cahya, Musfirah, (2010). Sintesa Karbon Nanopori Dari Bahan Silikon Karbida Politipe 6h-SiC.

K,Suslick (1988). Ultrasound Chemicals, Physicals and Biological Effect, VCH Publishers, Inc

Lovell, Arthur (2007), Tuneable Graphite Intercalates For Hydrogen Storage, Department of Physics and Astronomy, University College London, 3326.

Jurnal

Asyrik,Muhammad (2016) “Studi Komputasi Metode Ab Initio Dft Dalam Kajian Struktural Dan Sifat Elektronik Senyawa Kalsium Borohidrid-Diamonia Sebagai Penyimpan Hidrogen” 2503-2364

Deal, D. (1994). Coming Clean What’s Ahead in Silicon Wafer Cleaning Technology, Precision Cleaning, II (6) (pp 24).

Huang, P.-H., Cheng, H.-H., & Lin, S.-H. (2015). Adsorption of Carbon Dioxide onto Activated Carbon Prepared from Coconut Shells. Journal of Chemistry

Irawan, Henry., Sukendro Broto S., Anzhaldy (2017). Studi Eksperimental Deformasi Kristal Pada Daerah Haz Dengan Menggunakn XRD Dan Metode Scherrer. Vol. 02 No.01 (pp 10-16)

Nur,Kotarumalos (2016) “Menuju Ketahanan Energi Indonesia: Belahar dari Negara Lain” Peneliti Pusat Penelitian Sumber Daya Regional., Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Rahmah,Sitti., M. Zakir, Musa Ramang, (2014) . Sintesis dan Karakterisasi Karbon Nanopori Sekam Padi Melalui Iradiasi Ultrasonik dengan Aktivator H3PO4 sebagai Bahan Penyimpan Energi Elektrokimia

Ramadhani, I., Handayani I.P., Rosi M (2018) Effects of Coconut Shell’s Contents to the Specific Surface Area of Nanoporous Carbon., e-Proceeding of Engineering: Vol.5 ISSN: 2355-9365,5777

Rosi, M., Abdullah, M., & Khairurrijal. (2009). Sintesis Nanopori Karbon dari Tempurung Kelapa sebagai Elektroda pada Superkapasitor. Jurnal Nanosains dan Nanoteknologi, 26.

Sethia, G., & Sayari, A. (2015). Activated carbon with optimum pore size distribution for hydrogen storage. Carbon 99, 289.

Setyawan, Dwi., Yeyet C Sumirtapura, Sundani N Soewandh dan Daryono Hadi Tj (2011) Characterization Of Physical Properties Of Binary System Of Erythromycin Stearate-Sodium Starch Glycolate By Compression Force Effect. Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung.

Thommes, M., Kaneko, K., Neimark, A. V., Olivier, J. P., Rodriguez-Reinoso, F., Rouquerol, J., et al. (2015). Physisorption of gases, with special reference to the evaluation of the surface area and pore size distribution (IUPAC Technical Report). Pure Appl. Chem., 1054.

Downloads

Published

2020-12-29