REDESAIN LAMBUNG KAPAL TNI AL JENIS PATROLI CEPAT 40 METER BAHAN ALUMINIUM MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD)
Abstract
Kapal TNI AL Jenis Patroli Cepat 40 Meter bahan Aluminium yang ada saat ini kecepatan belum optimal sehingga pemenuhan operational requirements tidak tercapai, untuk itu dilakukan redesain lambung kapal dengan menggunakan metode simulasi model dengan bantuan software maxsurf dan CFD ANSYS. Dimana software maxsurf digunakan dalam menganalisa performa hidrodinamis yang salah satunya adalah tahanan kapal redesain menunjukkan hasil bahwa terjadi pengurangan sehingga kecepatan kapal 100%MCR = 23,5 knot menjadi 27,5 knot terjadi kenaikan sekitar 13,5% dengan menggunakan besaran daya kapal yang sama dengan kapal desain yang lama sesuai spesifikasi teknik sebanyak 2 Unit Marine Diesel @ 2480 Hp @ 2000 Rpm sedangkan CFD ANSYS digunakan untuk mengetahui pola distribusi tekanan pada model kapal dimana tekanan maksimun terjadi pada linggi haluan dan daerah sistem pendorongan serta pola aliran gelombang fluida pada lambung model kapal dengan intensitas batas normal dan uniform melalui visualisasi fitur stream lineReferences
Buku
ANSYS R17.1, (2016), CFD ANSYS Fluent Introduction & Tutorials SAS IP, Inc.
Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, (2015). Strategi Pertahanan Negara, Jakarta.
Lewis, Edward V., Principle Naval Architect Vol. II (edisi revisi), (Jersey City: The Society of Naval and Marine Engineers, (1988), hlm. 90–92.
Sv.Aa, Harvald., (1983). Tahanan dan Propulsi Kapal. Terjemahan oleh Jusuf Sutomo, 1992, Airlangga University Press, Surabaya.
Jurnal
Alamsyah, Muhammad Auliya., (2017). “Analisis computational fluid dynamic terhadap hambatan crew boat dengan penambahan integrated wedges-flap”,repository.its.ac.ad, dalam http://repository.its.ac.id, diakes pada tanggal tgl 27 Juni 2019.
Chakraborty, Soumya., (2018), “Ship Stability – Introduction to Hydrostatics and Stability of Surface Ships” dalam https://www.marineinsight.com/naval-architecture/ship-stability-introduction-hydrostatics-stability-surface-ships, diakses tanggal 24 Agustus 2019
Chrismianto, Deddy., Trimulyono, Andi., Hidayat, M. Nurul., (2014). “Analisa pengaruh modifikasi bentuk haluan kapal terhadap hambatan total dengan menggunakan CFD”. Jurnal Jurusan Teknik Perkapalan, Universitas Diponegoro, KAPAL- Vol. 11. diakses pada tanggal 3 Agustus 2019.
Gibson, Andrew., dan Utama, I Ketut Aria Pria., (2016),”Analisis CFD Hambatan Lambung Kapal Trimaran Asimetris Flat Side Inside dengan Variasi Jarak Antar Lambung Secara Membujur”, Jurnal Teknik ITS vol. 5, no. 1, pp.31-36, dalam http://ejounal.its.ac.id/index.php, diakses pada tanggal 3 Agustus 2019.
Kementerian Pertahanan, Kebijakan Penyelarasan Minimum Essesntial Force Komponen Utama, (2016), dalam https://www.kemhan.go.id/ppid, diakses pada tanggal 5 Agustus 2019
Kukner, Abdi., Yasa, A. Mertean., (2014), “High-speed planning hulls resistance prediction methods and comparison”, Journal Technical University, Istambul Turkey, https://www.researchgate.net, diakses pada tanggal 14 Juni 2019.
Oni, Romadhoni., dan Utama, IK.A.P., (2015) “Analisa numerik dan CFD pengaruh bentuk hull paning chine dan axe bow pada kapal high speed craft terhadap hambatan total”. Jurnal seminar nasional kelautan X, dalam E-mail:onie.bks@gmail.com,kutama_na.its.ac.id, diakses pada tanggal 28 Juni 2019.
Purwanto, Ajib Wahab., Chrismianto, Deddy., dan Hadi, Eko Sasmito., (2014), “Analisa pengaruh variasi hullform terhadap hambatan total Kapal Selam dengan metode computational fluid dynamic (CFD)”, Jurnal Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro Vol. 02, No. 04, hlm.28-37. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/711, diakses pada tanggal 27 Juli 2019.
Sidabalok Andreas Parulian., Chrismianto Deddy., dan Iqbal Muhammad., (2016), “Analisa perbandingan ulstein x-bow dengan bulbous bow konvensional terhadap nilai hambatan total dan seakeeping kapal menggunakan metode CFD”, Jurnal Teknik Perkapalan - Vol. 4, No,1, pp.141–151. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval, diakses pada tanggal 27 Juli 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Proposed Policy for Journals That Offer Open Access. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Proposed Policy for Journals That Offer Delayed Open Access. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.