https://jurnalprodi.idu.ac.id/index.php/TDK/issue/feed Jurnal Teknologi Daya Gerak 2022-07-05T13:27:03+00:00 Dr. Sovian Aritonang, S.Si., M.Si sovian.aritonang@idu.ac.id Open Journal Systems <p align="justify">Teknologi Daya Gerak is one of the study programs from the Faculty of Defense Technology, Defense University, which has the task of carrying out educational, research, and community service activities that have certain curricula and learning methods in 1 (one) type of academic education, vocational education, and/or professional education in the field of state defense and state defense according to the field of Motion Power Technology study program. The Mobility Technology study program has a journal that aims to disseminate the results of studies in the field of Mobility Technology, support the country's defense faced with threat dynamics and global technological developments, and produce the latest discoveries and developments in the field of defense technology, formulate defense policies and be able to apply the concept of the Defense Industry with national and international insights based on specific knowledge of Indonesia with the foundation of Praditya, Wiratama, and Nagara Bhakti.</p><p> </p><table class="data" width="665" bgcolor="#f0f0f0"><tbody><tr valign="top"><td width="130">Journal title</td><td width="525"><strong>Teknologi Daya Gerak<br /></strong></td></tr><tr valign="top"><td width="130">Other variant titles</td><td width="525"><strong>Power-Motion Technology<br /></strong></td></tr><tr valign="top"><td width="130">Accreditation</td><td width="525"><strong>-</strong></td></tr><tr valign="top"><td width="130">Frequency</td><td width="525"><strong>2 issues per year (June and December)</strong></td></tr><tr valign="top"><td width="130">DOI</td><td width="525">-</td></tr><tr valign="top"><td width="130">Online ISSN</td><td width="525"><a title="ISSN PDDIKTI" href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20220706370819504" target="_self">2963-6523</a></td></tr><tr valign="top"><td width="130">Editor-in-chief</td><td width="525"><strong><a>Dr. Maykel Manawan, S.Si., M.Si</a></strong></td></tr><tr valign="top"><td width="130">Publisher</td><td width="525"><strong>Universitas Pertahanan RI, Pusat Studi Prodi Teknologi Daya Gerak<br /></strong></td></tr><tr valign="top"><td width="130">Citation Analysis</td><td width="525"><a title="Google Scholar" href="https://scholar.google.com/citations?view_op=list_works&amp;hl=id&amp;user=sEoIkYgAAAAJ" target="_blank"><strong>Google Scholar </strong></a></td></tr><tr valign="top"><td width="130">Acceptance Ratio</td><td width="525"><strong> </strong></td></tr></tbody></table> https://jurnalprodi.idu.ac.id/index.php/TDK/article/view/1171 STUDI ERGONOMI DESAIN KURSI PENUMPANG KENDARAAN TAKTIS MAUNG 4X4 PT. PINDAD BERDASARKAN ANTROPOMETRI PENGGUNA BERBASIS VIRTUAL ENVIRONMENT MODELLING MENGGUNAKAN METODE POSTURE EVALUATION INDEX (PEI) 2022-07-05T13:26:59+00:00 Alran Rony Rinaldho Alranrony.rinaldho@gmail.com Erzi Agson Gani erzi.agsongani@gmail.com Ade Bagdja ade.bagdja@gmail.com <p align="justify">Pertahanan negara menjadi salah satu faktor penting dalam menjamin eksistensi dan kelangsungan hidup suatu bangsa dan negara. Dalam rangka membangun suatu sistem pertahanan negara yang kuat tersebut salah satu syarat utamanya adalah terpenuhinya kebutuhan akan alat peralatan pertahanan dan keamanan (Alpalhankam) yang modern, handal dan berdaya saing tinggi secara mandiri. Salah satu Alpalhankam yang mendukung terwujudnya sistem pertahanan negara yang kuat tersebut adalah kendaraan taktis (rantis). Saat ini, paralel dengan proses produksi, PT. Pindad terus melakukan penelitian dan pengembangan untuk menyempurnakan rantis maung 4x4 agar memenuhi terhadap perkembangan teknologi dan tuntutan peningkatan yang ditetapkan oleh TNI dan Kementerian Pertahanan. Namun, selama ini proses desain dan rekayasa rantis maung masih belum secara komprehensif dan optimal memanfaatkan studi ergonomi, baik pada keseluruhan desain dan komponen, termasuk kursi penumpang. Oleh karena itu, perlu untuk dianalisa dan dilakukan penelitian lebih lanjut terkait studi ergonomi dalam mengevaluasi desain kursi penumpang pada kendaraan taktis maung di atas melalui analisis evaluasi postur tubuh dan gerakan tubuh seseorang saat duduk dan berada pada kursi kendaraan tersebut dengan menggunakan bantuan dari software digital human modeling and simulation yang dikenal dengan Jack 8.2 dan dibantu menggunakan analisis metode penilaian posture evaluation index (PEI). Dari hasil simulasi, maka diperoleh bahwa desain aktual saat ini masih belum ergonomis dan setelah dilakukan perubahan konfigurasi desain maka diperoleh desain ergonomis berdasarkan perhitungan nilai menggunakan metode posture evaluation index (PEI) adalah konfigurasi 3 dimana memiliki nilai PEI paling kecil yaitu sebesar 1,1531 untuk persentil 5 dibandingkan dengan perhitungan nilai posture evaluation index (PEI) pada konfigurasi 1 (aktual) dan konfigurasi 2.</p> 2022-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Teknologi Daya Gerak https://jurnalprodi.idu.ac.id/index.php/TDK/article/view/1172 KAJIAN TERAMEKANIKA PENDARATAN KENDARAAN AMPHIBIOUS RIG M3 PADA TEPIAN SUNGAI TERJAL DAN JENIS LEMPUNG MELALUI STUDI KASUS LATIHAN DI GEDEBAGE BANDUNG 2022-07-05T13:27:00+00:00 Akil Suwandi akilnangsuwandi1799@gmail.com Susilo Adi Purwantoro susiloap89@yahoo.com Gita Amperiawan gitaamperiawan@yahoo.com Sovian Aritonang sovian.aritonang@idu.ac.id <p align="justify">Kendaraan Amphibious RIG M3 merupakan salah satu alutsista TNI AD yang digunakan dalam misi penyeberangan sungai pada Operasi Militer Perang (OMP) maupun mitigasi kebencanaan pada Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Titik kritis pertama penggunaan kendaraan amfibi adalah ketersediaan landasan agar proses pendaratan dapat berjalan dengan aman. Aspek topografis berupa lereng terjal dan geologis berupa daya dukung tanah yang buruk akan menjadi masalah bagi kendaraan amfibi untuk melakukan pendaratan. Pembahasan pada penelitian ini untuk mengetahui proses teramekanika kendaraan amfibi pada saat melakukan pendaratan di landasan berupa tanah berjenis lempung sehingga dapat memberikan gambaran seberapa besar kemiringan landasan yang akan menyebabkan No Go bagi kendaraan amfibi untuk mendarat. Karakteristik sungai bertepian terjal dan berjenis tanah lempung sebagai tinjauan masalah dalam pendaratan amfibi mengambil contoh pada studi kasus latihan simulasi penyeberangan sungai dengan menggunakan kendaraan Amphibious RIG M3 oleh Batalyon Zeni Tempur 9 Lang Lang Bhuwana Kostrad di Gedebage Bandung. Pembahasan mempergunakan bidang ilmu teramekanika yaitu menitikberatkan pada interaksi muka ban dan tanah dengan menggunakan metode Wong melalui benchmark pada hasil penelitian Tison (2019). Hasil perhitungan menunjukkan jenis tanah lempung (clay) merupakan faktor penghambat dalam proses pendaratan, kemiringan landasan pendaratan sebesar 13,75% pada jenis tanah tersebut mengakibatkan kendaraan Amphibious RIG M3 tidak dapat melakukan pendaratan (No Go), sehingga diperlukan sebuah alat, metode dan material bantu. Proses ketidakmampuan kendaraan amfibi dalam melakukan pendaratan disebabkan oleh terjadinya sinkage (roda terbenam) pada interaksi antar muka roda dan tanah.</p> 2022-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Teknologi Daya Gerak https://jurnalprodi.idu.ac.id/index.php/TDK/article/view/1173 PEMODELAN SISTEM PEMELIHARAAN ELECTRIC MOTOR PROPULSION GUNA MENINGKATKAN AVAILABILITY MESIN HIBRID DI KAPAL PERANG REPUBLIK INDONESIA 2022-07-05T13:27:01+00:00 Chardes Marihot Tampubolon chardsbolon@gmail.com <p align="justify">Tantangan tugas yang cukup berat dan kompleks menuntut TNI AL harus dapat memelihara dan meningkatkan performa alutsistanya secara berkesinambungan. Performa alutsista dalam hal ini kapal perang tidak dapat dilepaskan dari sistem propulsi. Saat ini teknologi di dunia perkapalan terus berkembang khususnya pada teknologi propulsi kapal. Perkembangan teknologi propulsi kedepannya akan mengarah kepada teknologi hybrid. Saat ini TNI AL memiliki teknologi mesin hybrid pada Kapal perang berjenis sigma freegate yang menggunakan dua jenis propulsi yaitu propulsion diesel engine (PDE) dan propulsion electric motor (PEM). Namun dengan kondisi dua propulsi tersebut, terdapat perbandingan frekwensi penggunaan yang berbeda, dimana PDE memiliki jam operasi lebih tinggi. kemudian pada penggunaan PEM pada daya besar perlu diperhatikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemodelan sistem pemeliharaan yang paling efektif untuk meningkatkan availability mesin hibryd. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan konsep metode overall equipment effectiveness (OEE) dan metode Markov decision process (MDP). Pada hasil penelitian, data diperoleh dari data operasional kapal dan kegiatan pemeliharaan mesin di kapal. Kemudian data diolah dengan metode OEE dengan hasil rasio PDE 63,33% dan PEM 69,06%, nilai tersebut masih dibawah standar OEE dengan rasio 85%. Selanjutnya nilai rasio OEE dijadikan sebagai input analisis MDP. Pada analisis MDP tersebut dibuat empat pemodelan sistem pemeliharaan yaitu M1, M2, M3 dan M4. Output dari pemodelan tersebut adalah probabilitas jangka panjang mesin dalam keadaan baik. Berdasarkan proses penelitian, pemodelan M1 merupakan model yang paling berpengaruh terhadap availability mesin hybrid dengan melakukan penjadwalan, ketersediaan suku cadang sesuai jadwal pemeliharaan, keahlian personel dan pemeriksaan rutin. Pemodelan M1 juga merupakan model paling efektif guna meningkatkan availability mesin hibryd karena mengutamakan deteksi dini terhadap gejala kerusakan sehingga dapat dicegah.</p> 2022-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Teknologi Daya Gerak https://jurnalprodi.idu.ac.id/index.php/TDK/article/view/1174 PEMILIHAN MATERIAL PELAPISAN UNTUK PENINGKATAN DAYA TAHAN BILAH TURBIN PESAWAT 2022-07-05T13:27:02+00:00 Ni Made Kesuma Astuti Indrianingsih Putri nkesumaputri@gmail.com Sovian Aritonang sovian.aritonang@idu.ac.id Toto Sudiro to2sudiro@gmail.com <p align="justify">Pendekatan material baru yang canggih adalah mutlak untuk menjawab tantangan wahana udara pada masa kini. Adanya beban struktural dan keadaan ekstrim pada saat beroperasi meliputi temperatur dan tekanan tinggi menjadi parameter utama dalam pemilihan material baru yang akan digunakan. Penelitian ini menyajikan pemilihan kandidat material yang cocok untuk penghalang termal pada bilah turbin pesawat. Berbagai kegagalan bilah turbin yang selama ini dialami diantaranya ketahanan termal, oksidasi suhu tinggi, dan kelelahan siklus tinggi yang kemudian dijadikan acuan dalam melakukan pemilihan material baru. Didapati paduan superalloy berbasis nikel memiliki batasan dalam kinerja temperatur tinggi dan ketahanan fisik yang tinggi dari komposit menjadi perhatian khusus, karena merupakan properti utama yang fokus untuk aplikasi bilah pada mesin turbin gas pesawat terbang. Sehingga dilakukan komposit dengan material baru yang kuat pada kondisi operasi pada 12000C, yakni material dengan struktur keramik seperti SiC dan Si3N4 serta material dengan sturktur silisida seperti MoSi2.</p> 2022-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Teknologi Daya Gerak https://jurnalprodi.idu.ac.id/index.php/TDK/article/view/1175 REDESAIN LAMBUNG KAPAL UNMANNED SURFACE VESSEL (USV) DENGAN SENJATA PADA KAPAL NIRAWAK DINAS PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN TNI ANGKATAN LAUT MENGGUNAKAN PROGRAM KOMPUTASIONAL UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA GUNA MENDUKUNG OPERASI TNI ANGKATAN LAUT 2022-07-05T13:27:02+00:00 Hendri Priyono priyonohendri74@gmail.com Mahesa Akbar mahesa_akbar@yahoo.com <p align="justify">Kapal Nirawak TNI AL yang ada saat ini adalah kapal tanpa awak yang pertama di buat oleh Dinas penelitian dan pengembangan TNI Angkatan Laut. Kapal ini kurang optimal maka perlu adanya redesain lambung kapal dengan menggunakan metode simulasi model dengan bantuan software maxsurf. Dengan menggunaan software maxsurf ini akan mempermudah dalam menganalisa performa hidrodinamis yang salah satu parameternya adalah tahanan kapal, dengan redesain menunjukkan hasil bahwa terjadi pengurangan tahanan kapal. Dengan redesain lambung Kapal Kapal Nirawak TNI AL dengan menggunakan metode simulasi model dengan bantuan software maxsurf dalam menganalisa performa hidrodinamis,maka mendapatkan nilai hambatan pada kecepatan maksimal. Sedangkan daya yang dibutuhkan kapal pada kecepatan maksimal sehingga kecepatan menunjukkan peningkatan kecepatan kapal maksimun, dengan demikian memenuhi ketentuan operational requirement dan menghasilkan olah gerak yang baik. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa kapal tersebut setelah di redesain dapat lebih baik.</p> 2022-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Teknologi Daya Gerak https://jurnalprodi.idu.ac.id/index.php/TDK/article/view/1176 KAJIAN POTENSI PENGEMBANGAN MATERIAL KOMPOSIT BERPENGUAT BAHAN ALAM UNTUK DIAPLIKASIKAN SEBAGAI BODY ARMOR 2022-07-05T13:27:03+00:00 Luk Lu Atun Nisa ulunisa018@gmail.com Maykel TE Manawan maykel.manawan@idu.ac.id <p align="justify">Salah satu jenis komposit yang saat ini mengalami perkembangan yaitu pemanfaatan serat alam sebagai salah satu jenis bahan penyusun komposit. Di indonesia tumbuh berbagai macam tanaman, yang dapat dimanfaatkan seratnya sebagai penguat komposit. Pemanfaatan serat alam ini salah satunya dikarenakan, serat alam merupakan bahan yang bersifat biodegredable/bisa didaur ulang. Dengan mampu mengetahui komposisi, dan karakteristik dasar pada material komposit berbahan dasar serat alam, maka dapat dijadikan sebagai dasar penelitian untuk kedepannya. Metode yang digunakan dalam beberapa penelitian pemanfaatan serat alam merupakan metode eksperimen dengan beberapa tahapan meliputi pembuatan specimen, dilanjutkan dengan pengujian seperti uji impak, uji tarik maupun uji balistik. Paper ini disusun untuk mereview tentang pengembangan serat alam sebagai bahan body armor sehingga dapat dijadikan sebagai panduan dalam penelitian lebih lanjut.</p> 2022-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 Teknologi Daya Gerak