PEMODELAN SPASIAL PENDARATAN KAPAL LANDING SHIP TANK DALAM MENDUKUNG DISTRIBUSI LOGISTIK TANGGAP DARURAT BENCANA DI WILAYAH PESISIR SEMARANG

Authors

  • Abdurahman Abdurahman Universitas Pertahanan Indonesia
  • Gentio Harsono Universitas Pertahanan Indonesia
  • Yosef Prihanto Universitas Pertahanan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33172/tp.v2i1.570

Abstract

Indonesia berdasarkan letak geografis terletak pada posisi ring of fire. Kerentanan Indonesia terhadap bencana alam membuat Indonesia sangat membutuhkan pengembangan keilmuan di bidang kebencanaan. Indonesia merupakan negara yang memiliki garis pantai yang cukup panjang sehingga dampak kebencanaan Indonesia lebih tinggi. Kota Semarang merupakan suatu kota yang beririsan langsung dengan wilayah pesisir pantai. Pemanfaatan sistem informasi geografis (SIG) dalam membangun suatu model penentuan posisi awal pendaratan kapal Landing Ship Tank pada wilayah pesisir Semarang perlu untuk dikembangkan. Kapal LST merupakan kapal yang cenderung ideal jika dilihat dari bobot dan kemampuannya untuk aksi distribusi logistik bantuan bencana alam. Skema umum penentuan kesesuaian daerah pendaratan di klasifikasikan ke dalam dua kelompok variabel terlebih dahulu. Sampel data yang dianalisis merupakan pantai marina, pantai marina barat, pantai baruna dan pantai cipta. Variabel kesesuaian pendaratan pada aspek dimensi waktu dan variabel kesesuaian pendaratan aspek dimensi ruang. Variabel yang menjadi parameter pendaratan dari aspek dimensi waktu ialah kecepatan arus, jenis gelombang pecah, dan pasang surut air laut. Jenis gelombang pecah didapatkan dari memodelkan angin dengan menghitung fetch dan korelasinya terhadap tinggi gelombang. Variabel yang menjadi parameter pendaratan dari aspek dimensi ruang pantai ialah gradien pantai, sedimentasi pantai, jenis tanah, tata guna lahan, kemiringan. kedua variabel tersebut akan dianalisis dengan beberapa kriteria beaching seperti buffer zone dan panjang pantai. Kemudian variabel tersebut di tentukan nilai indeksnya kesesuaiannya menggunakan metode fuzzy takagi sugeno dan weighted overlay. fuzzy takagi sugeno digunakan untuk menganalisis gradien pantai dan kecepatan arus. gradien pantai dianalisis menggunakan interpolasi spline untuk dihitung slope kemiringannya. sedangkan parameter lain di analisis menggunakan weighted overlay dan desain program weighted analysis di C#. Hasil pemodelan lokasi pendaratan kapal LST akan di analisis dari aspek ancaman bencana untuk dianalisis kesesuaiannya di saat terjadi bencana alam.  

Kata Kunci: SIG, fetch, interpolasi spline, Buffer Zone, Fuzzy Takagi Sugeno

References

Buku

Bambang, Triatmodjo. 2016. Teknik Pantai. Beta. ISBN: 978-979-8531- 05-7

Hermon, Dedi. 2012 Mitigasi Bencana Hidrometerologi Banjir, Longsor, Ekologi, Degradasi Lahan, Puting Beliung, Kekeringan. ISBN 978-602-8819-52-17

Lillesand, Thomas M., et al. 2015. Remote Sensing and Image Interpretation. Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.

Mujahidin, A. M. (2014). Panduan Penelitian Praktis untuk Menyusun Skripsi, Tesis, & Disertasi. Bandung: Penerbit Alfabeta

Ramli, S. (2010). Pedoman Praktis Manajemen Bencana. Dian Rakyat

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ISBN: 979-8433-64-0

Jurnal

Chung chi-jing et al. 2019. Fuzzy Inference System for Modeling the Environmental Risk Map of Air Pollutan in Taiwan. Journal of Environmental Management

Kaliraj. S, N. Chandrasekar, K.K. Ramachandran, Y. Srinivas dan S.Saravanan. 2017. Coastal Landuse and Land Cover Change and Transformations of Kanyakumari Coast, India Using Remote Sensing and GIS. The Egyptian Journal of Remote Sensing and Space Sciences.

Pratiwi, Diyah Rosika, Arief Laila Nugraha, dan Hani’ah. 2016. Pemetaan Multi Bencana Kota Semarang. Jurnal Geodesi Undip

Prihanto, Yosef, Raldi H Koestoer dan Dwita Sutjiningsih. 2017. Re-assessing Rainwater Harvesting Volume by CHIRPS Satellite in Semarang Settlement Area. The 5th Journal Geoinformation Science Symposium.

Zhaw, Naing Thet, dan Seunghoo Lim. 2015. The military's role in disaster management and response during the 2015 Myanmar floods: A social network approach. International Journal of Disaster Risk Reduction

Peraturan dan Undang-undang

Undang-undang No. 34 Tahun 2004 tentang Tentara nasional Indonesia

Undang-undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana

Peraturan Kementerian Pertahanan No. 9 Tahun 2011 tentang Pokok-Pokok penyelenggaraan Tugas Bantuan TNI dalam Menanggulangi Bencana Alam, Pengungsian dan Bantuan Kemanusian.

Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana No. 8 Tahun 2008 tentang Prosedur Tetap Tim Reaksi Cepat Badan Nasional Penanggulangan Bencana

Downloads

Published

2020-06-23

How to Cite

Abdurahman, A., Harsono, G., & Prihanto, Y. (2020). PEMODELAN SPASIAL PENDARATAN KAPAL LANDING SHIP TANK DALAM MENDUKUNG DISTRIBUSI LOGISTIK TANGGAP DARURAT BENCANA DI WILAYAH PESISIR SEMARANG. Teknologi Penginderaan, 2(1). https://doi.org/10.33172/tp.v2i1.570